Silabus Matematika Kelas 8 SMP Revisi 2017
Pada Kurikulum 2013 saat ini para terjadi banyak sekali perubahan atau revisi-revisi bahkan hampir dissetiap bulan sehingga tidak heran para guru rada sedikit kebingungan baik untuk menyusun perangkat atau administrasu guru lainnya salah satunya adalah silabus.
Memang banyak sekali di internet berbagai model dan bentuk silabus, tapi hanay sedikti yang bisa menyesuaikan dengan kurikulum 2013 revisi 2017 sekarang apalagi dalam K13 saat ini harus tercantum pula beberapa komponen pokok dalam menyusunnya yang lebih menonjol adalah perangkat pembelajaran sekarang harus terintegrasi dengan PPK, Literasi, 4C dan HOTS, lalu bagaimana cara menimbulkan komponen tersebut ? mungkin itu yang jadi pertanyaan ?
Untuk membantu para rekan guru khususnya guru mata pelajaran maematika kelas 8 SMP/MTs berikut saya bagikan Silabus Matematik kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013 revisi 2017
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Indikator
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Penilaian
|
3.7 Menjelaskan
sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta
hubungannya
4.7 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta
hubungannya
3.8 Menjelaskan garis singgung persekutuan luar dan persekutuan
dalam dua lingkaran dan cara melukisnya
4.8 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis singgung
persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran
|
Lingkaran
·
Lingkaran
·
Unsur-unsur lingkaran
·
Hubungan sudut pusat dengan
sudut keliling
·
Panjang busur
·
Luas juring
·
Garis singgung persekutuan
dalam dua lingkaran
·
Garis singgung persekutuan luar
dua lingkaran
|
3.7.1 Mengidentifikasi
sudut pusat, sudut keliling, luas juring dan panjang busur lingkaran.
3.7.2 Menjelaskan
hubungan antara sudut pusat, sudut keliling, luas juring dan panjang busur
lingkaran
3.8.1 Mengidentifikasi
garis singgung persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran.
3.8.2 Menjelaskan cara
melukis garis singgung persekutuan luar
dan persekutuan dalam dua lingkaran
4.7.1 Menentukan
hubungan sudut pusat dengan panjang busur.
4.7.2 Menentukan
hubungan sudut pusat dengan luas juring.
4.7.3 Menentukan
hubungan sudut pusat dengan sudut keliling.
4.7.4 Menyelesaikan
permasalahan nyata yang terkait penerapan hubungan sudut pusat, panjang
busur, dan luas juring
4.8.1 Menyelesaikan
masalah nyata yang berkaitan dengan garis
singgung persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran
4.8.2 Menyajikan hasil penyelesaian masalah yang berkaitan dengan garis singgung persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran
|
·
Mencermati peragaan atau pemodelan yang berkaitan
lingkaran serta
unsur-unsur lingkaran
·
Mencermati masalah atau
bentuk benda-beda di sekitar yang berkaitan dengan lingkaran
·
Melakukan percobaan untuk
menemukan rumus keliling lingkaran, panjang busur, luas juring,
dan garis singgung persekutuan (dalam dan luar) antara dua lingkaran
·
Mencermati cara melukis garis singgung lingkaran dan garis singgung persekutuan antara dua lingkaran menggunakan jangka dan penggaris
·
Menyajikan hasil pembelajaran tentang lingkaran dan garis singgung lingkaran
·
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan lingkaran dan garis singgung lingkaran
|
30 JP
|
·
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku
Siswa Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
·
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku
Guru Mata Pelajaran matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan
·
Internet.
|
·
Lisan
·
Tertulis
·
Unjuk kerja
·
Penugasan
·
Produk
·
Portofolio
|
3.9
Membedakan dan menentukan luas permukaan dan
volume bangun ruang sisi datar (kubuss, balok, prisma, dan prisma)
4.9
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas
permukaan dan volume bangun ruang sisi datar (kubuss, balok, prima dan limas), serta gabungannya
|
Bangun Ruang Sisi Datar
·
Jaring-jaring:
Kubus, balok, prisma, dan limas
·
Luas permukaan: kubus, balok,
prisma, dan limas
·
Volume: kubus, balok, prisma,
dan limas
·
Menaksir volume bangun ruang tak beraturan
|
3.9.1
Memahami luas permukaan bangun ruang
sisi datar (kubuss, balok, prisma, dan prisma)
3.9.2
Memahami volume bangun ruang sisi
datar (kubuss, balok, prisma, dan prisma)
3.9.3 Mejelaskan perbedaan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi
datar (kubuss, balok, prisma, dan prisma)
4.9.1
Menentukan luas permukaan bangun
ruang sisi datar (kubuss, balok, prima
dan limas), serta gabungannya
4.9.2
Menentukan volume bangun ruang sisi
datar (kubuss, balok, prima dan limas), serta gabungannya.
4.9.3
Menyajikan hasil pembelajaran tentang
bangun ruang sisi datar
4.9.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun ruang sisi datar
|
·
Mencermati model atau benda di sekitar yang
merepresentasikan bangun ruang sisi datar
·
Melakukan percobaan untuk
menemukan jari-jari bangun ruang sisi datar
·
Melakukan percobaan untuk
menemukan rumus luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar
·
Menyajikan hasil pembelajaran tentang
·
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan bangun ruang sisi datar
|
30 JP
|
·
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku
Siswa Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
·
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku
Guru Mata Pelajaran matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan
·
Internet.
|
·
Lisan
·
Tertulis
·
Unjuk kerja
·
Penugasan
·
Produk
·
Portofolio
|
3.10Menganalisis hubungan antar
sudut sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis
transversal
4.10Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis sejajar
yang dipotong oleh garis transversal
|
Statistika:
· Rata-rata, median, dan modus
· Mengambil
keputusan berdasarkan analisis data
· Membuat prediksi berdasarkan analisis data
|
3.10.1 Mengamati data dari tabel frekuensi dan gambar yang
disajikan guru
3.10.2 Menjelaskan komponen-komponen yang terdapat pada tabel
frekuensi dan komponen-komponen yang terdapat pada gambar yang kedua.
3.10.3 Membandingkan data-data yang terdapat pada tabel
frekuensi dengan data pada gambar.
3.10.4 Menemukan hubungan antara data pada tabel frekuensi
dengan data pada gambar
3.10.5 Memahami cara membuat diagram batang pada Microsoft
excel.
4.10.1 Menyajikan hasil
pembelajaran tentang ukuran pemusatan dan penyebaran data serta cara
mengambil keputusan dan membuat prediksi
4.10.2
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan ukuran pemusatan dan penyebaran data serta cara
mengambil keputusan dan membuat prediksi
|
· Mencermati penyajian
data dari berbagai sumber media koran, majalah, atau televisi
· Mencermati cara menentukan
rata- rata, median, modus, dan sebaran data
· Menganalisis data
berdasarkan ukuran pemusatan dan penyebaran data
· Mencermati cara mengambil
keputusan dan membuat prediksi bersarkan analisis dan data
· Menyajikan hasil pembelajaran
tentang ukuran pemusatan dan penyebaran data serta cara mengambil keputusan dan
membuat prediksi
· Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan ukuran pemusatan dan penyebaran data serta cara
mengambil keputusan dan membuat prediksi
|
15 JP
|
·
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku
Siswa Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
·
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku
Guru Mata Pelajaran matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan
·
Internet.
|
·
Lisan
·
Tertulis
·
Unjuk kerja
·
Penugasan
·
Produk
·
Portofolio
|
3.11 Menjelaskan peluang empirik dan teoretik
suatu kejadian dari suatu percobaan
4.11 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan peluang empirik dan teoretik suatu kejadian dari suatu percobaan
|
Peluang
·
Titik sampel
·
Ruang sampel
·
Kejadian
·
Peluang empirik
·
Peluang teoretik
|
3.11.1 Mengidentifikasi
konsep peluang empiric
3.11.2 Mengidentifikasi
konsep peluang teoritik
3.11.3 Menentukan nilai
peluang empiric suatu kejadian sederhana
3.11.4 Menentukan nilai
peluang teoritik suatu kejadian sederhana
3.11.5 Memahami konsep
ruang sampel, titik sampel suatu kejadian.
4.11.1 Melakukan percobaan untuk menemukan hubungan antara peluang empirik
dengan peluang teoretik
4.11.2 Menyajikan hasil pembelajaran peluang empirik dan peluang teoretik
|
·
Mencermati permasalahan
sehari-hari yang berkaitan dengan peluang empirik dan peluang teoretik
·
Mencermati ruang sampel dari
peluang teoretik dan titik sampel dari suatu kejadian pada suatu ruang sampel
·
Melakukan percobaan untuk
menemukan hubungan antara peluang empirik dengan peluang teoretik
·
Menyajikan hasil pembelajaran
peluang empirik dan peluang teoretik
|
15 JP
|
·
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku
Siswa Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
·
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku
Guru Mata Pelajaran matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan
·
Internet.
|
·
Lisan
·
Tertulis
·
Unjuk kerja
·
Penugasan
·
Produk
·
Portofolio
|
Bagi Para rekan guru yang membutuhkan dalam bentuk versi file silahkan ambil disini
Demikian semoga bisa memberi manfaat.