>

Silabus Matematika Fase A (Kelas 1 dan 2 SD) Kurikulum Merdeka 2022

Silabus Matematika Fase A (Kelas 1 dan 2 SD) Kurikulum 2022
Silabus Matematika Fase A (Kelas 1 dan 2 SD) Kurikulum 2022 sesuai dengan Kurikulum Paradigma Baru, Kurikulum Prototipe, Kurikulum Sekolah Penggerak, dan Kurikulum Merdeka
Pada akhir fase A, peserta didik dapat memahami dan melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai dengan 999, mengenal garis bilangan dan menentukan posisi bilangan cacah tersebut pada garis bilangan, serta memahami pecahan satuan sederhana. Peserta didik dapat menyelesaikan persamaan sederhana dan menemukan pola gambar atau obyek sederhana dan pola bilangan. peserta didik dapat mengukur panjang menggunakan satuan tidak baku serta mengenal dan membandingkan satuan baku untuk panjang, berat, volume, dan waktu. Peserta didik dapat mengenal dan membedakan berbagai bentuk bangun datar dan bangun ruang sederhana. Peserta didik juga dapat menyajikan data banyaknya benda dalam bentuk gambar dan diagram batang.
Pada akhir fase A, Peserta didik dapat membaca, menuliskan, membandingkan, mengurutkan bilangan cacah sampai dengan 999, dengan menggunakan sistem nilai tempat. Peserta didik dapat menentukan letak suatu bilangan pada garis bilangan.
Peserta didik dapat menentukan hasil penjumlahan dan pengurangannya dengan cara membilang dan mengelompokkan menurut nilai tempat serta menggunakannya dalam menyelesaikan masalah. Peserta didik juga dapat mendeskripsikan bilangan pecahan sederhana (setengah, seperempat, dan seperdelapan) dalam bentuk representasi visualnya.

Aljabar
Pada akhir fase A, peserta didik dapat menyelesaikan persamaan sederhana menggunakan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 999, serta dapat membaca, meneruskan, mengungkapkan pola gambar atau obyek berulang dan pola bilangan membesar dan mengecil.

Pengukuran
Pada akhir fase A, peserta didik dapat mengukur, membandingkan, dan mengurutkan panjang, berat, luas, dan volume (kapasitas) menggunakan satuan tidak baku. Peserta didik juga dapat mengenal dan membandingkan satuan baku untuk panjang (cm, m), berat (gr, kg), dan waktu (detik, menit, jam).

Geometri
Pada akhir fase A, peserta didik dapat mengenal dan mendeskripsikan ciri-ciri berbagai bentuk bangun datar (segiempat, segitiga, segibanyak, dan lingkaran), dan bangun ruang (balok dan kubus). Peserta didik dapat menyusun pengubinan dari berbagai bentuk bangun datar. Peserta didik dapat menentukan posisi benda terhadap benda lain (kanan, kiri, depan, belakang).

Analisis Data dan Peluang
Pada akhir fase A, peserta didik dapat mengurutkan, membandingkan, dan menyajikan data dari banyak benda dengan menggunakan turus dan gambar.
Capaian Pembelajaran Domain: Pada akhir fase A, Peserta didik dapat membaca, menuliskan, membandingkan, mengurutkan bilangan cacah sampai dengan 999, dengan menggunakan sistem nilai tempat. Peserta didik dapat menentukan letak suatu bilangan pada garis bilangan. Peserta didik dapat menentukan hasil penjumlahan dan pengurangannya dengan cara membilang dan mengelompokkan menurut nilai tempat serta menggunakannya dalam menyelesaikan masalah. Peserta didik juga dapat mendeskripsikan bilangan pecahan sederhana (setengah, seperempat, dan seperdelapan) dalam bentuk representasi visualnya.
Capaian Pembelajaran Domain: Pada akhir fase A, peserta didik dapat menyelesaikan persamaan sederhana menggunakan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 999, serta dapat membaca, meneruskan, mengungkapkan pola gambar atau obyek mengenal pola bilangan menggunakan gambar, obyek dan bilangan berulang dan pola bilanganmembesar dan mengecil.
Capaian Pembelajaran Domain: Pada akhir fase A, peserta didik dapat mengukur, membandingkan, dan mengurutkan panjang, berat, luas, dan volume (kapasitas) menggunakan satuan tidak baku. Peserta didik juga dapat mengenal dan membandingkan satuan baku untuk panjang (cm, m), berat (gr, kg), dan waktu (detik, menit, jam).
Capaian Pembelajaran Domain: Pada akhir fase A, peserta didik dapat mengenal dan mendeskripsikan ciri-ciri berbagai bentuk bangun datar (segiempat, segitiga, segibanyak, dan lingkaran), dan bangun ruang (balok dan kubus). Peserta didik dapat menyusun pengubinan dari berbagai bentuk bangun datar. Peserta didik dapat menentukan posisi benda terhadap benda lain (kanan, kiri, depan, belakang).
Capaian Pembelajaran Domain: Pada akhir fase A, peserta didik dapat mengurutkan, membandingkan, dan menyajikan data dari banyak benda dengan menggunakan turus dan gambar.
Capaian Pembelajaran menjadi rujukan utama dari Penyusunan Alur dan Tujuan Pembelajaran Matematika untuk Fase A Kelas 1 dan 2 Sekolah Dasar ini. Fase A merupakan perpindahan dari taman kanak-kanak menuju sekolah dasar, dimana pengenalan konsep pada semua domain secara konkret adalah menjadi hal yang paling mendasar. Semua alur tujuan pembelajaran disusun secara berurutan dimana satu unit pembelajaran ditempatkan berdasarkan urutan prasyarat bagi unit pembelajaran sesudahnya.

Walaupun disusun berdasarkan domain tetapi dalam pelaksanaan pembelajarannya, domain tersebut dapat dikombinasikan. Hal ini bergantung pada rancangan pembelajaran yang akan dibuat oleh masing-masing guru atau pendidik.

Unit Pembelajaran yang disusun berdasarkan Kelas, Domain dan Topik dalam tiap domain.
Contoh : Unit Pembelajaran 1.1.1 adalah Unit pembelajaran untuk kelas satu domain satu yaitu bilangan dan topik satu yaitu mengenai bilangan secara konkret dan simbol.

Untuk mendapatkan file Silabus Matematika Fase A (Kelas 1 dan 2 SD) Kurikulum 2022 sesuai dengan Kurikulum Paradigma Baru, Kurikulum Prototipe, Kurikulum Sekolah Penggerak, dan Kurikulum Merdeka silahkan download filenya di bawah ini.

Belum ada Komentar untuk "Silabus Matematika Fase A (Kelas 1 dan 2 SD) Kurikulum Merdeka 2022"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel