>

Silabus Matematika Kelas II SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017



Pelaksanaan pembelajaran di SD/MI dilakukan dengan pendekatan pembelajaran tematik-terpadu kecuali untuk mata pelajaran Matematika dan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) sebagai mata pelajaran yang berdiri sendiri untuk kelas IV, V, dan VI. Silabus Tematik Terpadu SD/MI disusun terpisah dengan dokumen ini sebagai acuan dalam menyusun perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan di sekolah. Dengan demikian, bagi guru yang ingin menyusun sendiri pembelajaran tematik terpadu, dapat menggunakan dokumen Silabus Mata Pelajaran Matematika SD/MI ini dan silabus mata pelajaran lainnya di SD sebagai acuan

Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi siswa.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut. 

Berikut ini merupakan Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan Mata Pelajaran Matematika kelas II SD/MI revisi 2017.

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran
Siswa mampu:
3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret serta cara membacanya

4.1 Membaca dan menyajikan bilangan cacah dan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret


Lambang bilangan dan nilai tempat

·      Menuliskan berbagai bentuk bilangan sampai 999
·      Menentukan suatu bilangan yang sudah diketahui nilai tempatnya.
·      Mengidentifikasi nilai tempat pada suatu bilangan tertentu
·      Menyajikan dan melaporkan hasil membentuk bilangan berdasarkan ciri nilai-nilai tempatnya
·      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan lambang bilangan dan nilai tempat
Siswa mampu:
3.2 Membandingkan dua bilangan cacah

4.2 Mengurutkan bilangan-bilangan dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya


Membandingkan dan mengurutkan bilangan
·     Menentukan lebih kecil, lebih besar, atau sama dengan (<,>,= )
·     Mengurutkan bilangan dari yang terkecil ke terbesar atau sebaliknya.

·      Menentukan benda yang paling banyak atau paling sedikit
·      Membandingkan dan mengurutkan gambar sekumpulan benda-benda bedasarkan jumlahnya
·      Mengurutkan beberapa bilangan sampai tiga angka
·      Membuat urutan bilangan dari yang terbesar ke terkecil jika diberikan urutan bilangan dari terkecil ke terbesar
·      Mempresentasikan, mendemonstrasikan, atau memperagakan cara membentuk bilangan dan mengurutkan bilangan dari sejumlah bilangan yang diberikan
·      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan membandingkan dan mengurutkan bilangan
Siswa mampu:
3.3 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan

4.3 Menyelesaikan masalah penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan


Penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah
·        Penjumlahan bentuk panjang
·        Penjumlahan bersusun ke bawah
·        Pengurangan bentuk panjang
·        Pengurangan bersusun ke bawah
·        Penjumlahan dengan menyimpan
·        Pengurangan dengan teknik meminjam

·      Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan dengan menggunakan simbol +, -, atau = dalam pengerjaan hitung bilangan.
·      Menjumlah dua bilangan tanpa teknik menyimpan
·      Menyusun berbagai pasangan bilangan pada penjumlahan dua bilangan yang diketahui jumlahnya tertentu
·      Mengubah kalimat penjumlahan ke bentuk pengurangan atau sebaliknya
·      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pengurangan bilangan cacah sampai dengan 999
·      Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat sampai dengan 999
Siswa mampu:
3.4 Menjelaskan perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian

4.4 Menyelesaikan masalah perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian


Perkalian dan pembagian bilangan cacah

·         Mengamati operasi penjumlahan berulang
·         Menyimpulkan bahwa perkalian sebagai penjumlahan berulang
·         Membuat contoh penjumlahan berulang dan menggantikannya menjadi operasi perkalian
·         Menyelesaikan soal cerita yang menggunakan tokoh dan isi cerita yang berhubungan dengan perkalian
·         Mengamati operasi pengurangan berulang
·         Menyimpulkan pembagian sebagai pengurangan berulang.
·         Mengerjakan soal yang berhubungan dengan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian dan pembagian
·         Menyelesaikan soal cerita yang terkait dengan perkalian atau pembagian ke dalam bentuk gambar/diagram
·         Menyajikan hasil penyelesaian masalah yang berkaitan dengan perkalian dan pembagian
Siswa mampu:
3.5 Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang

4.5 Mengurutkan nilai mata uang serta mendemonstrasikan berbagai kesetaraan pecahan mata uang

Uang:
·        Uang kertas
·        Uang logam

·         Mengenal uang logam dan uang kertas
·         Mengenal jenis pecahan uang yang biasa digunakan sehari-hari seperti pecahan 50, 100, 500, 1000, 5000, dan 10000 rupiah
·         Mendemonstrasikan secara lisan dan tulisan cara mengurutkan berbagai nilai mata uang
·         Mendemonstrasikan secara lisan dan tulisan cara menentukan kesetaraan berbagai pecahan mata uang
·         Menyelesaikan soal cerita penggunaan uang ke dalam bentuk gambar/diagram
·         Mendemonstrasikan penggunaan uang dalam bentuk bermain peran sebagai penjual dan pembeli
Siswa mampu:
3.6 Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari

4.6 Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari

Satuan baku:
·         Panjang
·         Berat
·         Waktu
·         Mengamati berbagai alat ukur sehari-hari (penggaris, meteran, roll meter) untuk menentukan panjang benda dari lingkungan sekitar
·         Mengamati berbagai alat ukur sehari-hari (neraca, timbangan, timbangan duduk/gantung) untuk menentukan berat benda dari lingkungan sekitar
·         Mengamati demontrasi mengukur lama suatu aktivitas dengan menggunakan alat ukur waktu (stopwatch, jam analog/digital)
·         Menyajikan penyelesaian masalah yang terkait dengan panjang, berat, dan waktu dalam satuan baku,
·         Menyelesaikan soal cerita penggunaan alat ukur dan satuan pengukuran panjang, berat dan waktu ke dalam bentuk gambar/diagram
Siswa mampu:
3.7 Menjelaskan pecahan 1/2, 1/3 , dan 1/4 menggunakan benda-benda konkret dalam kehidupan sehari-hari

4.7 Menyajikan pecahan 1/2, 1/3 , dan 1/4 yang bersesuaian dengan bagian dari keseluruhan suatu benda konkret dalam kehidupan sehari-hari


Pecahan sederhana:

·         Mengamati berbagai benda (kue, buah, atau bidang dua dimensi) yang dipotong menjadi beberapa bagian yang sama
·         Menggabungkan potongan-potongan benda yang berbentuk dan berukuran sama menjadi satu benda yang utuh
·         Menyatakan nilai pecahan ”setengah”, ”sepertiga”, dan ”seperempat” ke dalam berbagai bentuk gambar dan sebaliknya
·         Menentukan dan menuliskan letak pecahan setengah, sepertiga, dan seperempat pada garis bilangan
·         Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan pecahan sederhana
Siswa mampu:
3.8 Menjelaskan ruas garis dengan menggunakan model konkret bangun datar dan bangun ruang

4.8 Mengidentifikasi ruas garis dengan menggunakan model konkret bangun datar dan bangun ruang


Ruas garis

·         Mengidentifikasi ruas garis dalam ruangan kelas atau benda-benda ruang yang ada di sekitarnya
·         Menarik garis dari dua titik pada bangun datar dan bangun ruang
·         Mengidentifikasi ruas garis pada bangun datar dan bangun ruang (diagonal sisi, diagonal ruang, dan ruas garis lainnya)
·         Menentukan nama ruas garis-ruas garis pada bangun datar dan bangun ruang
·         Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan ruas garis pada bangun datar dan bangun ruang sederhana
Siswa mampu:
3.9 Menjelaskan bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya

4.9 Mengklasifikasi bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya



Bangun datar, bangun ruang sederhana, dan ciri-cirinya

·         Menggambar atau membentuk berbagai bangun datar sederhana menggunakan karet/benang dan papan berpaku
·         Menunjukkan bagian unsur-unsur yang membentuk segitiga, segiempat, segilima, dan segienam beraturan (sisi, sudut)
·         Menyebutkan banyak sisi dan sudut bangun datar
·         Mengelompokkan sekumpulan bangun datar berdasarkan ciri-cirinya
·         Menunjukkan unsur-unsur pembentuk bangun ruang (rusuk,sisi, sudut)
·         Menyebutkan banyak rusuk,sisi, dan sudut yang terdapat pada bangun ruang sederhana
·         Mengelompokkan sekumpulan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya
·         Mengidentifikasi suatu bangun datar atau bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya
·         Menyelesaikan soal cerita yang terkait dengan bangun datar dan bangun ruang beserta ciri-cirinya
Siswa mampu:
3.10 Menjelaskan pola barisan bangun datar dan bangun ruang menggunakan gambar atau benda konkret

4.10 Memprediksi pola barisan bangun datar dan bangun ruang menggunakan gambar atau benda konkret



Pola barisan bangun datar dan bangun ruang

·         Mengamati pola barisan bangun datar dan bangun ruang
·         Menemukan berbagai pola yang mungkin dari sekumpulan atau barisan bangun datar dan bangun ruang
·         Membuat berbagai bentuk barisan yang dapat dibentuk dari sekumpulan bangun datar dan bangun ruang
·         Membuat pola baru berdasarkan pola yang sudah ada dari sekumpulan bangun datar dan bangun ruang
·         Menggunakan konsep pola barisan bangun datar dan bangun ruang dalam menyelesaikan masalah


Untuk mendapatkan Silabus matematika kelas II SD/MI full untuk satu tahun dua semester versi file silahkan klik halaman ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel