>

Silabus Matematika Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017

Pengembangan kompetensi matematika diarahkan untuk meningkatkan kecakapan hidup (life skill), terutama dalam membangun penalaran, komunikasi, dan pemecahan masalah (problem solving). Selain itu, pengembangan kompetensi matematika juga menekankan kemahiran atau keterampilan menggunakan perangkat teknologi untuk melakukan perhitungan teknis (komputasi) dan penyajian dalam bentuk gambar dan grafik (visualisasi), yang penting untuk mendukung keterampilan lainnya yang bersifat keterampilan lintas disiplin ilmu dan keterampilan yang bersifat nonkognitif serta pengembangan nilai, norma dan etika (soft skill).

Perumusan kompetensi dasar matematika ini merupakan penyempurnaan dari kompetensi dasar sebelumnya yang meliputi: perubahan redaksi kalimat agar lebih jelas, penyederhanaan, penyesuaian dan penataan rumusan kompetensi dasar, pengintegrasi ke dalam kompetensi dasar lainnya, serta tidak lagi memuat kompetensi dasar untuk dimensi sikap spiritual maupun sikap sosial.

Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut. Ruang lingkup Matematika SD/MI mencakup:
1. Bilangan,
2. Geometri dan pengukuran,
3. Statistika.

Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi siswa.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang  proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut. 
Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.
Alokasi waktu: 5 jam pelajaran/minggu
Kompetensi                                 Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Siswa mampu:
3.1    Menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek

 4.1   Menyajikan bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan objek yang disajikan

·      Membilang bilangan cacah sampai dengan 99
·      Lambang bilangan cacah sampai dengan 99

·         Membilang secara urut untuk menentukan banyak benda dari sekumpulan benda (diam dan bergerak)
·         Membaca dan menulis berbagai bentuk dan ukuran lambang bilangan
·         Memasangkan gambar dengan bilangan, misalnya berdasarkan banyak benda
·         Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan cacah sampai dengan 99
·         Menyajikan dan melaporkan hasil penyelesaian masalah yang berkaitan dengan bilangan cacah sampai dengan 99
Siswa mampu:
 3.2   Menjelaskan bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya

 4.2 Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat

Nilai tempat angka penyusun lambang bilangan

·           Mengelompokkan sekumpulan benda dalam satuan dan puluhan
·           Menguraikan bilangan dalam bentuk panjang (satuan dan puluhan)
·           Menentukan nilai tempat suatu angka pada sebuah bilangan
·           Menyelesaikan masalah yang melibatkan nilai tempat dari bilangan dua angka
·           Menyajikan hasil penyelesaian masalah yang melibatkan nilai tempat dari bilangan dua angka
Siswa mampu:
 3.3   Membandingkan dua bilangan sampai dua angka dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret

 4.3   Mengurutkan bilangan-bilangan sampai dua angka dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret

Urutan Bilangan:
·       Urutan dari bilangan terkecil ke terbesar
·       Urutan dari bilangan terbesar ke terkecil

·           Mengamati dan menyebutkan sekumpulan benda/gambar benda-benda di lingkungan sekitar
·           Mengurutkan bilangan, gambar sekumpulan benda melalui berbagai kegiatan atau permainan
·           Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan mengurutkan bilangan
·           Mempresentasikan hasil pengurutan bilangan
Siswa mampu:
 3.4   Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan

 4.4   Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99

Penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai dengan 99

·         Melakukan penjumlahan dan pengurangan dengan menggunakan benda di sekitar misalnya kerikil, kelereng, dan lain-lain, dan menuliskannya dalam bentuk kalimat matematika
·         Mengetahui pasangan bilangan berjumlah 5 (1 dan 4, 2 dan 3) dan10 (1 dan 9, 2 dan 8, 3 dan 7, 4 dan 6, 5 dan 5)
·         Melakukan penjumlahan dan pengurangan dengan berbagai cara misalnya, menjumlahkan bilangan dengan cara pengelompokan bilangan (misalnya menggunakan pasangan 5 dan 10)
·         Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai dengan 99
·         Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai dengan 99
Siswa mampu:
3.5   Mengenal pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya


4.5   Memprediksi dan membuat pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya


Pola bilangan

·         Mengamati gambar berpola.
·         Menentukan pola dari kumpulan benda atau barisan bilangan tertentu
·         Memprediksi pola bilangan atau sekumpulan benda tertentu
·         Membuat pola bilangan dengan menggunakan kartu bilangan atau benda konkret lainnya
·         Menentukan pola bilangan
·         Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pola bilangan
·         Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan pola bilangan
Siswa mampu:
3.6   Mengenal bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan berbagai benda konkret

4.6   Mengelompokkan bangun ruang dan bangun datar berdasarkan sifat tertentu dengan menggunakan berbagai benda konkret


Bangun datar dan bangun ruang sederhana
·         Persegi
·         Persegi panjang
·         Segitiga
·         Lingkaran
·         Kubus
·         Balok
·         Kerucut
·         Tabung
·         Bola

·         Mengenal dan menjelaskan jenis-jenis bangun datar (persegi, persegipanjang, segitiga, dan lingkaran)
·         Mengenal dan menjelaskan jenis-jenis bangun ruang (balok, kubus, tabung, kerucut dan bola)
·         Membuat bangun ruang dengan menjiplak model bangun ruang, kemudian melipat
·         Mengidentifikasi dan menyebutkan benda-benda di dalam kelas yang berbentuk persegi, persegipanjang, segitiga, lingkaran, kubus, balok, kerucut, tabung, dan bola
·         Menggambar atau melukis bangun datar dan bangun ruang sederhana
·         Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun datar dan bangun ruang sederhana
·         Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan bangun datar dan bangun ruang sederhana
Siswa mampu:
3.7  Mengidentifikasi bangun datar yang dapat disusun membentuk pola pengubinan

4.7  Menyusun bangun-bangun datar untuk membentuk pola pengubinan


Pengubinan sederhana:
·         Persegi
·         Segitiga sama sisi
·         Potongan puzzle

·      Mengamati berbagai bentuk pola pengubinan yang disusun dari persegi atau segitiga sama sisi atau bangun datar tak beraturan (puzzle)
·      Menemukan pola pengubinan dari bentuk persegi atau segitiga sama sisi
·      Melanjutkan pola pengubinan dari beberapa bangun datar
·      Menyajikan berbagai bentuk pola pengubinan yang disusun dari persegi, atau segitiga sama sisi
·      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pengubinan sederhana
Siswa mampu:
3.8  Mengenal dan menentukan panjang dan berat dengan satuan tidak baku menggunakan benda/situasi konkret

4.8   Melakukan pengukuran panjang dan berat dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda/situasi konkret


Satuan tidak baku:
·         Panjang
·         Berat

·      Mengamati berbagai alat ukur satuan tidak baku untuk menentukan panjang atau berat benda dari lingkungan sekitar
·      Mengenal, membuat dan menggunakan alat ukur satuan tak baku untuk mengukur panjang misalnya lidi dengan panjang tertentu digunakan sebagai satuan tak baku dalam pengukuran panjang
·            Mengukur berat benda dengan satuan tidak baku, misalnya melakukan percobaan mengukur berat benda dengan kelereng (berat sebuah batu setara dengan berat 3 kelereng)
·      Mengidentifikasi benda-benda yang sesuai untuk digunakan sebagai alat ukur satuan tak baku, misalnya mengukur panjang sisi meja dengan menggunakan pensil sebagai alat ukur tak baku
·      Menyajikan dan melaporkan berbagai hasil pengukuran panjang dan berat berbagai benda ke bentuk tabel sederhana dengan alat ukur tidak baku
·      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pengukuran panjang dan berat
Siswa mampu:
3.9   Membandingkan panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu menggunakan benda/ situasi konkret

4.9   Mengurutkan benda/kejadian/ keadaan berdasarkan panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu


Ukuran panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu

·      Mengukur panjang benda dengan satuan tak baku (lidi, tali rapia, kayu, dan lain-lain) dengan meletakkannya berjejer secara teratur kemudian membandingkan panjangnya
·      Membandingkan beratsuatu benda (lebih berat atau lebih ringan)
·      Membandingkan lama waktu berbagai aktivitas kegiatan (lebih lama atau lebih cepat)
·      Membandingkan suhu berbagai benda (lebih dingin atau lebih panas) dengan memperhatikan aspek keamanan
·      Mengurutkan benda/kejadian /keadaan berdasarkan panjang, berat, waktu dan suhu.
·      Menyajikan atau melaporkan hasil membandingkan berbagai panjang benda atau berat benda ke dalam bentuk gambar atau tabel
·      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan ukuran panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu
Untuk mendapatkan Silabus Matematika Kelas 1 SD revisi 2017 versi filenya silahkan klik disini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel