Silabus Matematika Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
Pengembangan kompetensi matematika diarahkan untuk meningkatkan kecakapan hidup (life skill), terutama dalam membangun penalaran, komunikasi, dan pemecahan masalah (problem solving). Selain itu, pengembangan kompetensi matematika juga menekankan kemahiran atau keterampilan menggunakan perangkat teknologi untuk melakukan perhitungan teknis (komputasi) dan penyajian dalam bentuk gambar dan grafik (visualisasi), yang penting untuk mendukung keterampilan lainnya yang bersifat keterampilan lintas disiplin ilmu dan keterampilan yang bersifat nonkognitif serta pengembangan nilai, norma dan etika (soft skill).
Perumusan kompetensi dasar matematika ini merupakan penyempurnaan dari kompetensi dasar sebelumnya yang meliputi: perubahan redaksi kalimat agar lebih jelas, penyederhanaan, penyesuaian dan penataan rumusan kompetensi dasar, pengintegrasi ke dalam kompetensi dasar lainnya, serta tidak lagi memuat kompetensi dasar untuk dimensi sikap spiritual maupun sikap sosial.
Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut. Ruang lingkup Matematika SD/MI mencakup:
1. Bilangan,
2. Geometri dan pengukuran,
3. Statistika.
Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi siswa.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.
Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.
Alokasi waktu: 5 jam pelajaran/minggu
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
||
Siswa mampu:
|
· Membilang bilangan cacah sampai
dengan 99
· Lambang bilangan cacah sampai dengan 99
|
·
Membilang secara urut untuk menentukan banyak benda
dari sekumpulan benda (diam dan bergerak)
·
Membaca dan menulis berbagai bentuk dan ukuran lambang
bilangan
·
Memasangkan gambar dengan bilangan, misalnya
berdasarkan banyak benda
·
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan bilangan cacah sampai dengan 99
·
Menyajikan dan melaporkan hasil penyelesaian masalah
yang berkaitan dengan bilangan cacah sampai dengan 99
|
||
Siswa mampu:
|
Nilai tempat angka
penyusun lambang bilangan
|
·
Mengelompokkan
sekumpulan benda dalam satuan
dan puluhan
·
Menguraikan bilangan
dalam bentuk panjang (satuan
dan puluhan)
·
Menentukan nilai
tempat suatu angka pada sebuah bilangan
·
Menyelesaikan masalah yang melibatkan nilai tempat dari bilangan
dua angka
·
Menyajikan hasil penyelesaian masalah yang melibatkan
nilai tempat dari bilangan dua angka
|
||
Siswa mampu:
|
Urutan Bilangan:
· Urutan
dari bilangan terkecil ke terbesar
· Urutan
dari bilangan terbesar ke terkecil
|
·
Mengamati dan menyebutkan sekumpulan benda/gambar
benda-benda di lingkungan sekitar
·
Mengurutkan bilangan, gambar sekumpulan benda melalui
berbagai kegiatan atau permainan
·
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan mengurutkan bilangan
·
Mempresentasikan hasil pengurutan bilangan
|
||
Siswa mampu:
|
Penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai dengan 99
|
·
Melakukan penjumlahan dan pengurangan dengan
menggunakan benda di sekitar misalnya kerikil, kelereng, dan lain-lain, dan menuliskannya dalam bentuk kalimat matematika
·
Mengetahui pasangan
bilangan berjumlah 5 (1 dan 4, 2 dan 3)
dan10 (1 dan 9, 2 dan 8, 3 dan 7, 4 dan 6, 5 dan 5)
·
Melakukan penjumlahan dan pengurangan dengan berbagai
cara misalnya, menjumlahkan bilangan dengan cara pengelompokan bilangan
(misalnya menggunakan pasangan 5 dan 10)
·
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah
sampai dengan 99
·
Menyajikan penyelesaian masalah yang
berkaitan dengan
penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai dengan 99
|
||
Siswa mampu:
3.5 Mengenal pola bilangan yang berkaitan
dengan kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya
4.5 Memprediksi dan membuat pola bilangan yang
berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya
|
Pola bilangan
|
·
Mengamati gambar berpola.
·
Menentukan pola dari kumpulan benda atau
barisan bilangan tertentu
·
Memprediksi pola bilangan atau sekumpulan
benda tertentu
·
Membuat pola bilangan dengan menggunakan
kartu bilangan atau benda konkret lainnya
·
Menentukan pola bilangan
·
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pola bilangan
·
Menyajikan
penyelesaian masalah yang berkaitan dengan pola bilangan
|
||
Siswa mampu:
3.6 Mengenal bangun ruang dan bangun datar
dengan menggunakan berbagai benda konkret
4.6 Mengelompokkan bangun ruang dan bangun
datar berdasarkan sifat tertentu dengan menggunakan berbagai benda konkret
|
Bangun datar dan bangun ruang sederhana
·
Persegi
·
Persegi panjang
·
Segitiga
·
Lingkaran
·
Kubus
·
Balok
·
Kerucut
·
Tabung
·
Bola
|
·
Mengenal
dan menjelaskan jenis-jenis bangun datar (persegi, persegipanjang, segitiga, dan lingkaran)
·
Mengenal
dan menjelaskan jenis-jenis bangun ruang (balok, kubus, tabung, kerucut dan
bola)
·
Membuat
bangun ruang dengan menjiplak model bangun ruang, kemudian melipat
·
Mengidentifikasi dan menyebutkan benda-benda di dalam kelas yang berbentuk persegi, persegipanjang, segitiga, lingkaran, kubus,
balok, kerucut, tabung, dan bola
·
Menggambar atau melukis bangun datar dan bangun ruang
sederhana
·
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan bangun datar dan bangun ruang sederhana
·
Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan bangun datar dan bangun ruang sederhana
|
||
Siswa mampu:
3.7 Mengidentifikasi bangun datar yang dapat
disusun membentuk pola pengubinan
4.7 Menyusun bangun-bangun datar untuk
membentuk pola pengubinan
|
Pengubinan sederhana:
·
Persegi
·
Segitiga sama sisi
·
Potongan puzzle
|
·
Mengamati berbagai bentuk pola pengubinan
yang disusun dari persegi atau segitiga sama sisi atau bangun datar tak
beraturan (puzzle)
·
Menemukan
pola pengubinan
dari bentuk persegi atau segitiga sama
sisi
·
Melanjutkan
pola pengubinan dari beberapa bangun datar
·
Menyajikan berbagai bentuk pola pengubinan
yang disusun dari persegi, atau segitiga sama sisi
·
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan pengubinan sederhana
|
||
Siswa mampu:
3.8 Mengenal dan menentukan panjang dan berat
dengan satuan tidak baku menggunakan benda/situasi konkret
4.8 Melakukan pengukuran panjang dan berat
dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda/situasi konkret
|
Satuan tidak baku:
·
Panjang
·
Berat
|
·
Mengamati
berbagai alat ukur satuan tidak baku untuk menentukan panjang atau berat
benda dari lingkungan sekitar
·
Mengenal, membuat dan menggunakan alat ukur
satuan tak baku untuk mengukur panjang misalnya lidi dengan panjang tertentu
digunakan sebagai satuan tak baku dalam pengukuran panjang
·
Mengukur berat benda dengan satuan tidak
baku, misalnya melakukan percobaan mengukur berat benda dengan kelereng
(berat sebuah batu setara dengan berat 3 kelereng)
·
Mengidentifikasi benda-benda yang sesuai
untuk digunakan sebagai alat ukur satuan tak baku, misalnya mengukur panjang
sisi meja dengan menggunakan pensil sebagai alat ukur tak baku
·
Menyajikan dan melaporkan berbagai hasil
pengukuran panjang dan berat berbagai benda ke bentuk tabel sederhana dengan alat ukur tidak baku
·
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan pengukuran panjang dan berat
|
||
Siswa mampu:
3.9 Membandingkan panjang, berat, lamanya
waktu, dan suhu menggunakan benda/ situasi konkret
4.9 Mengurutkan benda/kejadian/ keadaan
berdasarkan panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu
|
Ukuran panjang, berat, lamanya waktu, dan
suhu
|
·
Mengukur panjang benda dengan satuan tak
baku (lidi, tali rapia, kayu, dan lain-lain) dengan meletakkannya berjejer secara teratur kemudian
membandingkan panjangnya
·
Membandingkan
beratsuatu benda (lebih berat atau lebih ringan)
·
Membandingkan
lama waktu berbagai aktivitas kegiatan (lebih lama atau lebih cepat)
·
Membandingkan
suhu berbagai benda (lebih dingin atau lebih panas) dengan memperhatikan
aspek keamanan
·
Mengurutkan
benda/kejadian /keadaan berdasarkan
panjang, berat, waktu dan suhu.
·
Menyajikan atau melaporkan hasil
membandingkan berbagai panjang benda atau berat benda ke dalam bentuk gambar
atau tabel
·
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan ukuran panjang, berat, lamanya waktu, dan
suhu
|
Untuk mendapatkan Silabus Matematika Kelas 1 SD revisi 2017 versi filenya silahkan klik disini.