Silabus Bimbingan Konseling Kelas X SMA Revisi 2017
Untuk para rekan guru Bimbingan Konseling (BK) yang belum punya atau belum menyusun karena kesibukan dan kegiatannya berikut ini saya sharing tentang silabus, program tahunan dan RPL BK untuk tingkat SMA kelas 10,11 dan 12 edisi terbaru Revisi 2017
I. PERSIAPAN
No
|
KEGIATAN
|
TUJUAN KEGIATAN
|
URAIAN KEGIATAN
|
WAKTU
|
KETERANGAN
|
1
|
Penyusunan Program BK
|
Perencanaan kegiatan pelayanan BK selama 1 tahun.
|
Membuat program Tahunan, Semesteran, Bulanan, Mingguan
dan Harian.
|
Raker Sekolah
|
Tim BK
|
2
|
Penyusunan Silabus dan Satlan
|
Kegiatan program pelayanan BK Klasikal
|
Menyusun materi pelayanan BK Klasikal, kegiatan dan
penilaiannya.
|
Minggu efektif
|
Modul BK
|
3
|
Konsultasi Program BK
|
Diketahui dan disetujui kepala sekolah.
|
Program BK tersusun berdasarkan tindak lanjut dari
program BK sebelumnya.
|
Raker sekolah
|
Menjadi bagian dari program sekolah
|
4
|
Pengadaan Sarana dan Prasarana BK
|
Melancarkan pelaksanaan program BK.
|
Daftar kebutuhan Sarana dan prasarana BK
|
Raker sekolah
|
Layanan BK menjadi efektif .
|
II. PELAKSANAAN PROGRAM
BIMBINGAN DAN KONSELING
KEGIATAN
|
URAIAN KEGIATAN
|
WAKTU
|
KETERANGAN
|
JENIS LAYANAN BK
:
|
|||
1.
Layanan Orientasi
|
-
Menetapkan objek dan
jenis kegiatan orientasi.
-
Menyiapkan fasilitas
orientasi.
|
Awal tahun ajaran/MOPD
|
Panitia PPDB
|
2.
Layanan Informasi
|
-
Menetapkan materi
informasi.
-
Menetapkan nara
sumber.
-
Menentukan kegiatan
Layanan Informasi.
|
Minggu efektif
|
|
3.
Layanan Penempatan dan Penyaluran
|
-
Identifikasi setiap
peserta didik.
-
Kolaborasi dengan wali
kelas untuk penempatan duduk peserta didik di kelas. Menentukan BK Sebaya
-
Kolaborasi dengan guru
mapel untuk belajar kelompok. Menentukan Tutor Sebaya.
-
Kolaborasi dengan
kesiswaan untuk kegiatan OSIS
-
Kolaborasi dengan guru
ekskul untuk menentukan pilihan ekskul.
|
-
Awal tahun.
-
Semester kedua.
|
Selalu ada penyegaran dan variasi di kelas.
|
4.
Layanan Penguasaan Konten
|
-
Diagnosis kesulitan
belajar peserta didik.
-
Nilai raport peserta
didik, Leger Kelas dan Grafik Prestasi Belajar Kelas
-
Menetapkan peserta
didik yang akan dilayani sesuai dengan kebutuhan dan permasalahan belajarnya.
-
Melaksanakan layanan
individu atau kelompok.
|
Minggu Efektif
|
-
Nilai Raport tiap
semester.
-
10 siswa teratas.
-
10 siswa terbawah.
|
5.
Layanan Konseling Perorangan
|
-
Mengidentifikasi
klien.
-
Mengatur pertemuan
untuk menerima klien
-
Membahas masalah klien
dengan menggunakan teknik-teknik umum proses konseling.
-
Mendorong pengentasan
masalah klien dengan menerapkan teknik-teknik khusus konseling perorangan.
-
Memantapkan komitmen
klien dalam pengentasan masalahnya.
|
Minggu Efektif
|
Perlunya ruang BK yang nyaman.
|
6.
Layanan Bimbingan Kelompok
|
-
Menyiapkan topik yang
akan dibahas.
-
Membentuk kelompok dan
menyusun jadwal kegiatan.
-
Menetapkan fasilitas
layanan
-
Menyelenggarakan
Layanan Bimbingan Kelompok sesuai dengan tahap-tahap pelaksanaan :
a. Pembentukan
b. Peralihan
c. Kegiatan
d. Pengakhiran
|
Minggu Efektif
|
Perlunya ruang BK yang nyaman.
|
7.
Layanan Konseling Kelompok
|
-
Mengidentifikasi klien
dan meyakinkan klien tentang perlunya masalah dibawa ke dalam konseling
kelompok.
-
Menempatkan klien
dalam kelompok.
-
Menyusun jadwal.
-
Menetapkan fasilitas
layanan.
-
Menyelenggarakan
Layanan Bimbingan Kelompok sesuai dengan tahap-tahap pelaksanaan :
a. Pembentukan
b. Peralihan
c. Kegiatan
d. Pengakhiran
|
Minggu Efektif
|
Komitmen menjaga rahasia teman.
|
8.
Layanan Konsultasi
|
-
Mengidentifikasi
klien.
-
Mengatur pertemuan.
-
Menyelenggarakan
penstrukturan konsultasi.
-
Membahas masalah klien
dengan pihak ketiga.
-
Mendorong klien untuk
:
a. Mampu menangani masalah dengan pihak ketiga.
b. Memanfaatkan sumber-sumber yang ada.
-
Membina komitmen klien
untuk menangani masalah dengan pihak ketiga.
|
Minggu Efektif
|
|
9.
Layanan Mediasi
|
-
Mengidentifikasi
masalah yang dialami 2 pihak yang bertikai.
-
Meyakinkan kedua pihak
pentingnya perdamaian dan penyelesaian masalah diantara keduanya.
-
Mengatur pertemuan.
-
Melaksanakan pertemuan
mediasi :
a. Menyelenggarakan penstrukturan Layanan Mediasi.
b. Membahas aspirasi kedua pihak.
c. Mengembangkan sikap saling memberi dan menerima diantara kedua pihak.
-
Menempa kesepakatan
diantara kedua pihak.
-
Membina komitmen kedua
pihak untuk mempertahankan/melaksanakan kesepakatan.
|
Minggu Efektif
|
Adil dan tegas.
|
10.
Layanan Advokasi
|
-
Mengidentifikasi klien
dan meyakinkan klien tentang perlunya permasalah dibawa ke jalur hukum.
-
Menghubungi
lembaga/ahli hukum yang berwenang dan pihak yang terkait dengan klien untuk
menentukan waktu dan tempat pertemuan.
-
Mengadakan pertemuan
Advokasi :
a. Menyelenggarakan penstrukturan Layanan Advokasi.
b. Membahas hak klien untuk diperhatikan dan diperlakuan dengan selayaknya.
c. Mengembangkan pemahaman akan hak asasi manusia.
-
Membina komitmen
secara hukum dengan pihak terkait supaya klien memiliki kebebasan
mengembangkan potensinya.
|
Minggu Efektif
|
|
KEGIATAN PENDUKUNG BK
:
|
|||
1.
Aplikasi Instrumen
|
-
Menetapkan instrumen
sesuai dengan obyek yang akan diukur dan subyek yang akan mengalami
pengukuran/pengungkapan.
-
Mengkomunikasikan
rencana pelaksanaan instrumentasi kepada pihak terkait.
-
Menetapkan prosedur
pengukuran/pengungkapan.
-
Menetapkan fasilitas.
-
Menyelenggarakan
kegiatan Aplikasi Instrumentasi.
|
-
Awal tahun ajaran.
-
Minggu Efektif
|
Asesmen
|
2.
Himpunan Data
|
-
Menetapkan klasifikasi
jenis dan sumber Himpunan Data dan menata fasilitas penyelenggaraannya.
-
Menetapkan mekanisme
pengisian, pemeliharaan dan penggunaan Himpunan Data.
-
Memanfaatkan Himpunan
Data untuk berbagai jenis layan
|
-
Awal tahun
-
Selalu di up
date.
|
|
3.
Konferensi Kasus
|
-
Menetapkan kasus dan meyakinkan klien bahwa permasalahannya perlu dibicarakan
dalam Konferensi Kasus.
-
Menetapkan peserta,
mengkomunikasikan waktu dan tempat Konferensi Kasus.
-
Menyiapkan bahan
materi dan fasilitas penyelenggaraan
Konferensi Kasus.
-
Menyelenggrakan
Konferensi Kasus yang mencakup :
a. Membuka pertemuan
b. Menegaskan asas kerahasiaan
c. Meminta komitmen peserta untuk penanganan kasus.
d. Membahas kasus.
e. Menegaskan dan melaksanakan peranan masing-masing peserta dalam
penanganan kasus.
f. Menyimpulkan hasil pembahasan dan menutup pertemuan.
|
Berdasarkan kasus yang ada.
|
|
4.
Kunjungan Rumah
|
-
Menetapkan kasus dan
meyakinkan klien pentingnya Kunjungan Rumah.
-
Mengkomunikasikan
rencana Kunjungan Rumah kepada pihak terkait.
-
Menyiapkan informasi
pokok yang akan dikomunikasikan pada keluarga, data yang perlu diungkap dan
peranan anggota keluarga terhadap klien.
-
Melakukan Kunjungan
Rumah :
a. Bertemu orang tua/wali dan anggota keluarga.
b. Membahas permasalahan klien.
c. Melengkapi data.
d. Mengembangkan komitmen orang tua/wali dan anggota keluarga.
e. Merekam dan menyimpulkan hasil pembahasan.
|
Minggu Efektif
|
Kolaborasi dengan Wali Kelas.
|
5.
Tampilan Kepustakaan.
|
-
Menetapkan klien dan
permasalahannya yang memerlukan informasi kepustakaan.
-
Menghubungi petugas
perpustakaan untuk meminta referensi buku yang diperlukan.
-
Mengadakan pertemuan
dengan klien untuk membahas permasalahan dengan mengaitkan pada bahan
kepustakaan yang ada sehingga solusi didapatkan.
-
Klien memutuskan
daftar kepustakaan yang akan dibaca sebagai solusi dari permasalahannya.
|
Minggu Efektif
|
BK Corner
|
6.
Alih Tangan kasus
|
-
Menetapkan kasus dan meyakinkan klien pentingnya Alih Tangan
Kasus.
-
Menghubungi
lembaga/ahli yang berwenang menangani masalah klien untuk menentukan
waktunya.
-
Menyiapkan materi yang
akan disertakan dalam Alih Tangan Kasus.
-
Mengirim klien kepada
lembaga/ahli yang berwenang.
|
Berdasarkan kasus yang ada.
|
Format kerjasama
|
FORMAT LAYANAN
|
|||
1.
Individual
|
-
Pembagian tugas guru
BK/Konselor untuk menentukan peserta
didik layanan.
-
Mendalami peserta
didik yang dilayani berdasarkan Aplikasi Instrumentasi dan Himpunan Data.
-
Membuat daftar
konseli.
-
Menyusun jadwal
konseling individual berdasarkan urutan permasalahan.
|
||
2.
Kelompok
|
-
Membuat peta bimbingan
kelompok dan konseling kelompok tiap semester.
-
Membentuk kelompok
pada tiap kelas dan menginformasikannya kepada seluruh peserta didik.
-
Menentukan materi
kegiatan kelompok.
-
Melaksanakan kegiatan
kelompok dengan dinamika kelompok.
|
||
3.
Klasikal
|
-
Kolaborasi dengan staf
kurikulum untuk menentukan jadwal BK pada jadwal pelajaran sesuai dengan
kelas yang dilayaninya yaitu 2 JP/minggu.
-
Menyusun Silabus dan
Satuan Layanan Klasikal.
-
Mengadakan kegiatan BK
Klasikal dengan Modul BK dan Media BK.
-
Menyiapkan kelengkapan
administrasi.
|
||
4.
Lapangan
|
-
Kegiatan di luar kelas
pada jam BK klasikal, gunakan materi ’game’ dari Modul BK.
-
Mengakfifkan peserta
didik dengan membuat majalah dinding yang menarik di depan ruang BK
|
||
5.
Pendekatan Khusus/Kolaboratif
|
-
Identifikasi peserta
didik yang memerlukan Perhatian Khusus (PK).
-
Adakan pendekatan
kepada peserta didik bahwa permasalahannya memerlukan kolaborasi dengan pihak
tertentu.
-
Hubungi pihak yang
akan membantu permasalahan peserta didik.
-
Menentukan jadwal dan
tempat pertemuan.
|
||
6.
Jarak Jauh.
|
-
Menyediakan BK Corner.
-
Mendata nomor telpon,
nomor HP dan jejaring sosial peserta didik dan orang tua/wali.
-
Menginformasikan nomor
HP khusus BK/jejaring sosial supaya kapan saja dapat dihubungi.
|
III.
EVALUASI
NO
|
KEGIATAN
|
TUJUAN KEGIATAN
|
URAIAN KEGIATAN
|
WAKTU
|
KETERANGAN
|
1
|
LAPORAN BK
|
Bukti pelaksanaankegiatan pelayanan BK dan dasar
evaluasi kegiatan BK berikutnya
|
Guru BK membuat laporan pelayanan BK bulanan, semester
dan akhir tahun kepada kepala sekolah
|
Juli - Juni
|
Format Laporan
|
2
|
Evaluasi, Analisa & Tindak Lanjut
|
Untuk melihat pencapaian aspek dan tugas perkembangan dari peserta didik dalam satu tahun
|
Tim BK mendiskusikan pelaksanaan program BK : faktor
pendukung dan faktor penghambat yang ada.
|
Akhir Tahun
|
Format Laporan
|
Mengetahui, .............................., Juli 2017
Kepala SMA
Negeri ............... Guru BK Kelas X
.................................... ...............................................
NIP. NIP.
–
Untuk mendapatkan Jadwal Kegiatan Program Bimbingan Dan Konseling, Pogram Bimbingan Dan Konseling, Program Bk Klasikal, Jadwal Kegiatan Bk Klasikal dan Silabus BK Klasikal full silahkan kunjungi halaman ini. Bagi yang membutuhkan perangkat Rencana Pelaksanaan Pelayanan Satuan Layanan Klasikal (BK) kelas X,XI,dan XII lengkap silahkan klik disini.
Demikian yang bisa saya berikan untuk perangkat Bimbingan Konseling (BK) SMA semoga bisa memberi manfaat. terima kasih