RPL Bimbingan Konseling Kelas 12 SMA Revisi 2017
RENCANA PELAKSANAAN PELAYANAN (RPL)
SATUAN LAYANAN BK KLASIKAL
Satuan Pendidikan
|
: SMA Negeri .......................
|
Kelas/Semester
|
: XII / 2
|
Waktu
|
: 1 X 40 menit
|
MATERI LAYANAN
|
:
|
BAB V MY
GOAL AND CAREER
D PERGURUAN TINGGI
|
ASPEK PERKEMBANGAN
|
:
|
7 Pengembangan Pribadi
|
NILAI KARAKTER
|
:
|
Jujur,
Disiplin, Kerja Keras, Mandiri, Bersahabat / Komunikatif, Tanggung Jawab
|
KOMPETENSI
|
:
|
Mengetahui dunia Perguruan Tinggi
|
INDIKATOR
|
:
|
Memahami bidang pendidikan di
Perguruan Tinggi
|
BIDANG LAYANAN
|
:
|
Karir
|
TUJUAN LAYANAN
|
:
|
Peserta
didik dapat menentukan pilihan sekolah
lanjutan sampai ke Perguruan Tinggi
|
FUNGSI LAYANAN
|
:
|
Pemahaman, Penyesuaian, Penyaluran, Preventif, Pemeliharaan, Pengembangan
|
METODE
|
:
|
Kooperatif Learning, Joyfull
Learning
|
SUMBER LAYANAN
|
:
|
Modul BK, Psikologi Remaja, Dinamika Kelompok
|
LANGKAH-LANGKAH LAYANAN :
|
KEGIATAN PELAYANAN KLASIKAL
|
WAKTU
|
A. Pendahuluan
1.
Memberi salam, memeriksa kehadiran peserta didik dan
kebersihan kelas.
2.
Apersepsi dan motivasi : Apa yang kalian ketahui
tentang Perguruan Tinggi ?
3.
Menjelaskan tujuan pelayanan klasikal, aspek dan tugas
perkembangan yang akan dicapai sesuai dengan RPL Silabus.
|
10 ’
|
B. Kegiatan Inti
1. Proses
·
Eksplorasi : peserta
didik memperhatikan dan memahami media BK ”Bagan Perguruan Tinggi”.
·
Elaborasi : peserta
didik mengemukakan jenis-jenis Perguruan Tinggi di Indonesia dan
persyaratannya.
·
Konfirmasi : memberikan
konfirmasi terhadap pengalaman belajar sehari-hari supaya dapat masuk ke
Perguruan Tinggi.
2. Aspek CTL
·
Questioning (bertanya) : tanya jawab bervariasi
mengenai dunia Perguruan Tinggi.
·
Learning Community (masyarakat belajar) : peserta didik
membahas bersama tentang dunia Perguruan Tinggi.
·
Authentic Assessment (penilaian yang sebenarnya) :
peserta didik memahami stuktur kurikulum di Perguruan Tinggi
3. Kecakapan Hidup
• Kooperatif
: peserta didik memahami dunia Perguruan Tinggi.
|
25’
|
C. Penutup
1.
Kesimpulan : peserta didik dan guru BK menyimpulkan
perlunya mengetahui dunia Perguruan Tinggi sejak dini.
2.
Refleksi : persyaratan ke Perguruan Tinggi.
|
5 ’
|
I. PENILAIAN
TEKNIK
|
BENTUK
|
TAHAP PENILAIAN
|
Penilaian
diri
|
Bagan
jenis-jenis Perguruan Tinggi.
|
Laiseg :
Mencari informasi Perguruan Tinggi
Laijapen : Menentukan kuliah berdasarkan
informasi yang benar, ekonomi keluarga disertai kemampuan, bakat dan minat.
Laijapan
: Merencanakan kuliah.
|
I. CATATAN KHUSUS
A. Diberikan
reward bila ada perubahan sikap pada peserta didik bernama :
B. Diberikan
Perhatian Khusus (PK) bagi peserta didik yang belum ada perubahan sikap
bernama
Mengetahui, .......................,
Juli 2017
Kepala SMA Negeri ............... Guru BK Kelas XII
.................................... ................................................
NIP. NIP.