>

RPL Bimbingan Konseling Kelas 12 SMA Revisi 2017


RENCANA PELAKSANAAN PELAYANAN (RPL)
SATUAN LAYANAN BK KLASIKAL

Satuan Pendidikan
: SMA Negeri .......................
Kelas/Semester
: XII   / 2
Waktu 
: 1  X 40  menit

MATERI LAYANAN
:
BAB  V  MY GOAL AND CAREER
D   PERGURUAN TINGGI
ASPEK PERKEMBANGAN
:
7   Pengembangan Pribadi
NILAI KARAKTER
:
Jujur, Disiplin, Kerja Keras, Mandiri, Bersahabat / Komunikatif, Tanggung Jawab
KOMPETENSI          
:
Mengetahui dunia Perguruan Tinggi
INDIKATOR
:
Memahami bidang pendidikan di Perguruan Tinggi
BIDANG LAYANAN
:
Karir
TUJUAN LAYANAN
:
Peserta didik dapat  menentukan pilihan sekolah lanjutan sampai ke Perguruan Tinggi
FUNGSI LAYANAN
:
Pemahaman, Penyesuaian, Penyaluran, Preventif, Pemeliharaan, Pengembangan
METODE
:
Kooperatif Learning,  Joyfull Learning
SUMBER LAYANAN
:
Modul BK, Psikologi Remaja, Dinamika Kelompok
LANGKAH-LANGKAH LAYANAN :

KEGIATAN PELAYANAN KLASIKAL
WAKTU
A.   Pendahuluan
1.    Memberi salam, memeriksa kehadiran peserta didik dan kebersihan kelas.
2.    Apersepsi dan motivasi : Apa yang kalian ketahui tentang Perguruan Tinggi ?
3.    Menjelaskan tujuan pelayanan klasikal, aspek dan tugas perkembangan yang akan dicapai sesuai dengan RPL Silabus.

10 ’
B.   Kegiatan Inti
1.    Proses
·         Eksplorasi  :  peserta didik memperhatikan dan memahami media BK ”Bagan Perguruan Tinggi”.
·         Elaborasi    :  peserta didik mengemukakan jenis-jenis Perguruan Tinggi di Indonesia dan persyaratannya.
·         Konfirmasi  : memberikan konfirmasi terhadap pengalaman belajar sehari-hari supaya dapat masuk ke Perguruan Tinggi.
2.    Aspek CTL
·         Questioning (bertanya) : tanya jawab bervariasi mengenai dunia Perguruan Tinggi.
·         Learning Community (masyarakat belajar) : peserta didik membahas bersama tentang dunia Perguruan Tinggi.
·         Authentic Assessment (penilaian yang sebenarnya) : peserta didik memahami stuktur kurikulum di Perguruan Tinggi
3.    Kecakapan Hidup
    Kooperatif : peserta didik memahami dunia Perguruan Tinggi.
25’
C.   Penutup
1.    Kesimpulan : peserta didik dan guru BK menyimpulkan perlunya mengetahui dunia Perguruan Tinggi sejak dini.
2.    Refleksi       : persyaratan ke Perguruan Tinggi.

5 ’

I.  PENILAIAN
TEKNIK
BENTUK
TAHAP PENILAIAN
Penilaian diri
Bagan jenis-jenis Perguruan Tinggi.
Laiseg    : Mencari informasi Perguruan Tinggi
Laijapen : Menentukan kuliah berdasarkan informasi yang benar, ekonomi keluarga disertai kemampuan, bakat dan minat.
Laijapan : Merencanakan kuliah.

I.  CATATAN KHUSUS
A.  Diberikan reward bila ada perubahan sikap pada peserta didik bernama :  
                                                                                                                                            
B.  Diberikan Perhatian Khusus (PK) bagi peserta didik yang belum ada perubahan sikap bernama 
                                                                                                                                             


Mengetahui,                                                                        .......................,    Juli 2017      

Kepala  SMA Negeri ...............                                   Guru BK Kelas XII




....................................                                                ................................................
NIP.                                                                             NIP. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel