>

RPL Bimbingan Konseling Kelas 12 SMA Semester Ganjil Revisi 2017


RENCANA PELAKSANAAN PELAYANAN
SATUAN LAYANAN BK KLASIKAL

Satuan Pendidikan
: SMA Negeri  .......................
Kelas/Semester
: XII   / 1
Waktu 
: 1  X 40  menit

MATERI LAYANAN
:
BAB  I   BANGGA DI KELAS XII
A    SEMANGAT BARU DI AWAL TAHUN
ASPEK PERKEMBANGAN
:
7. Pengembangan pribadi
NILAI KARAKTER
:
Jujur, Disiplin, Kerja Keras, Mandiri, Bersahabat / Komunikatif, Tanggung Jawab
KOMPETENSI          
:
Semangat baru di kelas XII
INDIKATOR
:
Dapat menyesuaikan diri
BIDANG LAYANAN
:
Sosial
TUJUAN LAYANAN
:
Peserta didik dapat mengekspresikan suasana yang menyenangkan di kelas baru
FUNGSI LAYANAN
:
Pemahaman, Penyesuaian, Penyaluran, Preventif, Pemeliharaan, Pengembangan
METODE
:
Kooperatif Learning,  Joyfull Learning
SUMBER LAYANAN
:
Modul BK, Psikologi Remaja, Dinamika Kelompok
LANGKAH-LANGKAH LAYANAN :

KEGIATAN PELAYANAN KLASIKAL
WAKTU
A. Pendahuluan
1.    Memberi salam, memeriksa kehadiran peserta didik dan kebersihan kelas.
2.    Apersepsi dan motivasi : Perlukah kita bersemangat di awal tahun ajaran ini dengan bernyanyi ?
3.    Menjelaskan tujuan pelayanan klasikal, aspek dan tugas perkembangan yang akan dicapai sesuai dengan RPL Silabus.

10 ’
B. Kegiatan Inti
1.    Proses
·         Eksplorasi  :  peserta didik merasakan A New Spirit in XII Grades” sambil menyanyikan lagu “Naik ke Kelas XII”
·         Elaborasi    : peserta didik mengemukakan gagasan baru tentang lagu ”Naik ke Kelas XII”
·         Konfirmasi  : memperoleh pengalaman yang bermakna sewaktu menyanyikan lagu ”Naik ke Kelas XII”
2.    Aspek CTL
·         Questioning (bertanya) : tanya jawab bervariasi tentang semangat belajar di kelas XII.
·         Konstruktivisme (membangun) : guru BK/Konselor memberi contoh lagu “Naik ke Kelas XII”
·         Modeling (pemodelan) : guru BK/Konserlor meminta seorang peserta didik membacakan cerita.
·         Authentic Assessment (penilaian yang sebenarnya) : peserta didik menyelesaikan tugas di modul BK : memberi tanda silang pada kolam Ya atau Tidak, serta membuat puisi atau syair lagu kelas XII
3.    Kecakapan Hidup
·         Kooperatif : peserta didik dapat merasakan sebagai pelajar yang memahami tanggung jawab dalam belajar.

25’
C. Penutup
1.   Kesimpulan : peserta didik dan guru BK menyimpulkan perlunya semangat baru di awal tahun ajaran.
2.   Refleksi       : semangat belajar di kelas XII diekspresikan melalui lagu ”Naik ke Kelas XII”

5 ’

I.PENILAIAN
TEKNIK
BENTUK
TAHAP PENILAIAN
Penilaian diri
Pendapat pribadi
Laiseg    : Ekspresi senang pada diri peserta didik.
Laijapen : Tetap senang belajar di kelas.
Laijapan : Prestasi tercapai

II. CATATAN KHUSUS

A.  Diberikan reward bila ada perubahan sikap pada peserta didik bernama :  
                                                                                                                                               
B.  Diberikan Perhatian Khusus (PK) bagi peserta didik yang belum ada perubahan sikap bernama 
                                                                                                                                                 


Mengetahui,  
                        ..............................,Juli 2017      

Kepala  SMA Negeri  ...............                                            Guru BK Kelas XII



....................................                                                            ................................................
NIP.                                                                                         NIP. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel