RPL Bimbingan Konseling Kelas 11 SMA Revisi 2017
RENCANA PELAKSANAAN PELAYANAN (RPL)
SATUAN LAYANAN BK KLASIKAL
Satuan Pendidikan
|
: SMA Negeri 1 .......................
|
Kelas/Semester
|
: XI / I
|
Waktu
|
: 1 X 40 menit
|
MATERI LAYANAN
|
:
|
BAB I
SERUNYA KELAS XI
A SEMANGAT BARU DI AWAL TAHUN
|
ASPEK DAN TUGAS PERKEMBANGAN
|
:
|
7. Pengembangan pribadi
|
NILAI KARAKTER
|
:
|
Jujur, Disiplin, Kerja
Keras, Mandiri, Bersahabat / Komunikatif, Tanggung Jawab
|
KOMPETENSI
|
:
|
Semangat
baru di kelas XI
|
INDIKATOR
|
:
|
Dapat
menyesuaikan diri
|
BIDANG LAYANAN
|
:
|
Sosial
|
TUJUAN LAYANAN
|
:
|
Peserta
didik merasakan suasana belajar yang nyaman di kelas XI
|
FUNGSI LAYANAN
|
:
|
Pemahaman,
Penyesuaian, Penyaluran, Preventif, Pemeliharaan, Pengembangan
|
METODE
|
:
|
Kooperatif
Learning, Joyfull Learning
|
SUMBER LAYANAN
|
:
|
Modul B - Psikologi Remaj,
Dinamika Kelompok
|
LANGKAH-LANGKAH LAYANAN :
|
KEGIATAN PELAYANAN KLASIKAL
|
WAKTU
|
A. Pendahuluan
1.
Memberi salam, memeriksa kehadiran peserta didik dan
kebersihan kelas.
2.
Apersepsi dan motivasi : Maju di kelas VIII, penting
tidak ya ?
3.
Menjelaskan tujuan pelayanan klasikal dan aspek
perkembangan yang akan dicapai sesuai dengan RPL Silabus.
|
10 ’
|
B. Kegiatan Inti
1. Proses
• Eksplorasi : menggunakan
media flip-chart untuk menyanyikan bersama lagu ”MAJU KELAS XI”
• Elaborasi : peserta
didik mengemukakan gagasan baru secara
lisan ”SERUNYA KELAS XI” untuk berprestasi.
• Konfirmasi : memberikan konfirmasi terhadap
pengalaman pada awal tahun di kelas XI.
2. Aspek CTL
•
Konstruktivisme (membangun) : Grateful to
God, Parent’s support, Thank you my teachers, My great best friends adalah
yang membuat peserta didik merasakan seru berada di kelas XI.
• dapat berada di kelas XI karena prestasinya
dan dukungan dari para guru kelas XI.
• Authentic
Assessment (penilaian yang sebenarnya) : Peserta didik menyelesaikan
tugas di modul BK dengan menuliskan syair lagu atau puisi Kelas XI.
3. Kecakapan Hidup
• .Kooperatif : bersemangat untuk maju di
kelas XI
|
25’
|
C. Penutup
1.
Kesimpulan : peserta didik dan guru BK menyimpulkan .
semangat berada di kelas XI
2.
Refleksi : semangat dan maju di kelas XI
melalui lagu ”Maju Kelas XI”
|
5 ’
|
I.
PENILAIAN
TEKNIK
|
BENTUK
|
TAHAP PENILAIAN
|
Penilaian diri
|
Pendapat pribadi
|
Laiseg :
Semangat di kelas XI
Laijapen : Semangat belajar di kelas XI
Laijapan : Prestasi tercapai
|
A. Diberikan reward bila ada perubahan sikap pada peserta didik bernama :
B. Diberikan Perhatian Khusus (PK) bagi peserta didik yang belum ada perubahan sikap bernama
Mengetahui, .............................., Juli 2017
Kepala SMA Negeri 1 ............... Guru BK Kelas XI
.................................... ................................................
NIP. NIP. –