RPL Bimbingan Konseling Kelas 12 SMA Semester Ganjil Revisi 2017
RENCANA PELAKSANAAN PELAYANAN
SATUAN LAYANAN BK KLASIKAL
Satuan Pendidikan 
 | 
  
: SMA Negeri  ....................... 
 | 
 
Kelas/Semester 
 | 
  
: XII   / 1 
 | 
 
Waktu   
 | 
  
: 1  X 40  menit 
 | 
 
MATERI LAYANAN 
 | 
  
: 
 | 
  
BAB  I  
  BANGGA DI KELAS XII 
A    SEMANGAT BARU DI AWAL TAHUN 
 | 
 
ASPEK PERKEMBANGAN 
 | 
  
: 
 | 
  
7. Pengembangan pribadi 
 | 
 
NILAI KARAKTER 
 | 
  
: 
 | 
  
Jujur, Disiplin, Kerja Keras,
  Mandiri, Bersahabat / Komunikatif, Tanggung Jawab 
 | 
 
KOMPETENSI            
 | 
  
: 
 | 
  
Semangat baru di kelas XII 
 | 
 
INDIKATOR 
 | 
  
: 
 | 
  
Dapat menyesuaikan diri 
 | 
 
BIDANG LAYANAN 
 | 
  
: 
 | 
  
Sosial 
 | 
 
TUJUAN LAYANAN 
 | 
  
: 
 | 
  
Peserta didik dapat mengekspresikan suasana yang menyenangkan di kelas
  baru 
 | 
 
FUNGSI LAYANAN 
 | 
  
: 
 | 
  
Pemahaman, Penyesuaian, Penyaluran, Preventif, Pemeliharaan, Pengembangan 
 | 
 
METODE 
 | 
  
: 
 | 
  
Kooperatif Learning,  Joyfull
  Learning 
 | 
 
SUMBER LAYANAN  
 | 
  
: 
 | 
  
Modul BK, Psikologi Remaja, Dinamika Kelompok 
 | 
 
LANGKAH-LANGKAH LAYANAN : 
 | 
 ||
KEGIATAN PELAYANAN KLASIKAL 
 | 
   
WAKTU 
 | 
  
A.
  Pendahuluan 
1.   
  Memberi salam, memeriksa kehadiran peserta didik dan
  kebersihan kelas. 
2.   
  Apersepsi dan motivasi : Perlukah kita bersemangat di
  awal tahun ajaran ini dengan bernyanyi ? 
3.   
  Menjelaskan tujuan pelayanan klasikal, aspek
  dan tugas perkembangan yang akan dicapai sesuai dengan RPL Silabus. 
 | 
  
10 ’ 
 | 
 
B. Kegiatan Inti 
1.   
  Proses  
·        
  Eksplorasi  :  peserta
  didik merasakan “A New Spirit in XII Grades” sambil menyanyikan
  lagu “Naik ke Kelas XII” 
·        
  Elaborasi    : peserta didik mengemukakan gagasan baru tentang
  lagu ”Naik ke Kelas XII” 
·        
  Konfirmasi  : memperoleh
  pengalaman yang bermakna sewaktu menyanyikan lagu ”Naik ke Kelas XII” 
2.   
  Aspek
  CTL  
·        
  Questioning (bertanya) :
  tanya jawab bervariasi tentang semangat belajar di kelas XII. 
·        
  Konstruktivisme (membangun) :
  guru BK/Konselor memberi contoh lagu “Naik ke Kelas XII” 
·        
  Modeling (pemodelan) : guru
  BK/Konserlor meminta seorang peserta didik membacakan cerita. 
·        
  Authentic Assessment
  (penilaian yang sebenarnya) : peserta didik menyelesaikan tugas di
  modul BK : memberi tanda silang pada kolam Ya atau Tidak, serta
  membuat puisi atau syair lagu kelas XII 
3.   
  Kecakapan
  Hidup  
·        
  Kooperatif :
  peserta didik dapat merasakan sebagai pelajar yang memahami tanggung jawab
  dalam belajar. 
 | 
  
25’ 
 | 
 
C. Penutup 
1.  
  Kesimpulan : peserta didik dan guru BK menyimpulkan
  perlunya semangat baru di awal tahun ajaran. 
2.  
  Refleksi       : semangat belajar di kelas XII diekspresikan melalui lagu
  ”Naik ke Kelas XII” 
 | 
  
5 ’ 
 | 
 
I.PENILAIAN
TEKNIK 
 | 
  
BENTUK 
 | 
  
TAHAP PENILAIAN 
 | 
 
Penilaian
  diri 
 | 
  
Pendapat
  pribadi 
 | 
  
Laiseg    :
  Ekspresi senang pada diri peserta didik. 
Laijapen : Tetap senang belajar di kelas. 
Laijapan : Prestasi tercapai  
 | 
 
A.  Diberikan
reward bila ada perubahan sikap pada peserta didik bernama :   
B.  Diberikan Perhatian Khusus (PK) bagi peserta
didik yang belum ada perubahan sikap bernama 
Mengetahui,  
                        ..............................,Juli 2017       
Kepala  SMA Negeri  ...............                                            Guru BK Kelas XII
....................................                                                            ................................................
NIP.                                                                                         NIP.