>

Silabus Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas VIII Revisi 2017

http://silabusk13.blogspot.com/
Silabus Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas VIII Revisi 2017

Silabus IPA Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 merupakan acuan dalam penyusunan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran dan pengembangan penilaian hasil pembelajaran. Silabus berisikan komponen dasar yang meliputi materi pembelajaran, contoh kegiatan pembelajaran dan kompetensi dasar yang perlu dicapai siswa.

Penyusunan silabus IPA Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini diperuntukkan bagi para pelaksana pendidikan atau pihak-pihak terkait yang memiliki kepentingan tertentu terhadap kemajuan hasil belajar siswa. Pengembangan silabus ini dapat dilakukan oleh para guru secara mandiri atau berkelompok, atau dikoordinasikan oleh Dinas Pendidikan setempat.

Silabus mata pelajaran IPA Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Silabus IPA Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran dengan mengakomodasi kearifan lokal.

Komponen silabus IPA Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017ini mencakup Kompetensi Dasar, Indikator pencapaian kompetensi, Materi pembelajaran dan Contoh Kegiatan pembelajaran, Alokasi waktu, Penilaian dan sumber belajar. Penyusunannya dilakukan dengan prinsip- prinsip sebagai berikut:

a. Keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum
b. Mudah diajarkan/dikelola oleh guru
c. Mudah dipelajari oleh siswa
d. Terukur pencapaiannya
e. Bermakna untuk dipelajari sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan siswa.

Baca Juga:

Atas dasar prinsip tersebut, Guru diharapkan kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran dengan menyesuaikan:

a. Karakteristik masing-masing mata pelajaran
b. Situasi dan kondisi masyarakat
c. Tingkat perkembangan kemampuan siswa

Sebagai bahan rekomendasi para rekan guru dalam menyusun Silabus berikut ini saya bagikan Silabus IPA Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang sudah di kembangkan menjadi tujuh kolom sebagai berikut.

1 Komentar untuk "Silabus Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas VIII Revisi 2017"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel