RPP Tematik Kelas IV SD Tema 5 Pahlawanku Revisi 2017
RPP tematik kelas IV SD tema 5 Pahlawanku |
RPP Tematik Kelas IV SD Tema 5 Pahlawanku Revisi 2017 terdiri dari tiga subtema di antaranya:
Subtema 1 : Perjuangan Para Pahlawan
Subtema 2 : Pahlawanku Kebangganku
Subtema 3 : Sikap Kepahlawanan
Saya yakin sebenarnya para rekan guru bisa dengan mudah dalam menyusun dan membuat perangkat administrasi sekolah apapun, Kendalanya pasti ada pada waktu para rekan guru yang disibukan dengan kegiatan belajar mengajar (KBM) apalagi pada kurikulum 2013 zaman now banyak sekali kegiatan yang harus di ikuti oleh para rekan guru.
Untuk menghemat waktu para rekan guru khususnya guru kelas IV SD di bawah ini saya berikan RPP Tematik Kelas IV SD Tema 5 Pahlawanku Revisi 2017 yang bisa para rekan guru dapatkan secara gratis.
Selain itu RPP Tematik Kelas IV SD Tema 5 Pahlawanku Revisi 2017 sudah memuat proyek kelas. Agar tidak penasaran berikut saya berikan contoh Proyek Kelas pembelajaran 1.
Mengamati dan Mendeskripsikanengamati dan Mendeskripsikan
Sebagai kegiatan pembuka pada Pembelajaran 1 ini, siswa akan mengamati drama yang ditampilkan oleh guru. Guru dapat meminta bantuan guru lain untuk membuat suatu drama.
Setelah melihat drama, guru bertanya kepada siswa. Pertanyaan yang diajukan dapat berupa pertanyaan seperti berikut
1. Apa yang baru saja kalian saksikan?
2. Bercerita tentang apa drama tersebut?
3. Siapa saja tokoh yang ada dalam drama tersebut?
4. Di mana dan kapan terjadinya cerita tersebut?
5. Hal baik apa yang kalian dapat ambil dari cerita tadi?
6. Apa saja yang perlu kalian siapkan untuk menampilkan sebuah drama?
Setelah siswa mengetahui apa saja yang perlu disiapkan sebelum menampilkan drama, bagilah siswa ke dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri atas 5 orang. Arahkan kelompok siswa untuk dapat memilih 1 topik cerita yang akan ditampilkannya.
Selanjutnya, setiap anggota kelompok mencari informasi untuk persiapan penampilan dramanya di hari ke-6 nanti. Arahkan siswa untuk dapat berpikir lebih rinci mengenai apa-apa saja yang perlu disiapkan. Makin rinci tulisan hal-hal yang perlu disiapkan, berarti siswa sudah mencapai daya nalar yang cukup baik.
Mempertanyakan dan Menganalisis
Setelah siswa mengumpulkan rincian tulisannya mengenai hal-hal yang perlu disiapkan yang dilaksanakan pada kegiatan sebelumnya, langkah berikutnya adalah siswa diajak berpikir kritis untuk mempertanyakan rincian tulisannya tersebut.
Andaikan siswa merencanakan bahwa “drama akan dilaksnakan di lapangan sekolah”. Siswa dapat mempertanyakan:
1. Bagaimana jika hujan turun?
2. Apa yang perlu disiapkan jika hujan turun?
3. Atau lebih baik jika tidak di lapangan?
Siswa diajak menganalisis, misalnya dengan melihat kemungkinankemungkinan yang akan terjadi jika pelaksanaan drama di lapangan sekolah.
Melalui analisis ini, siswa memperoleh gagasan tentang apa yang perlu dikaji lebih jauh.
Menggali Informasi
Setelah mengidentifikasi hal-hal yang perlu dikaji lebih jauh, siswa menindaklanjuti hal tersebut dengan mengumpulkan informasi yang relevan sebanyak mungkin. Siswa boleh melakukan hal tersebut dengan berbagai macam cara, antara lain seperti berikut ini.
1. Membaca buku-buku referensi dari perpustakaan untuk kajian materi drama.
2. Bertanya atau mewawancarai narasumber di lingkungan terdekat untuk persiapan baik materi maupun persiapan penampilan lainnya.
Demikian semoga bisa memberi manfaat.