Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Kelas 1 (satu) Tema Diriku Revisi 2017
Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Kelas 1 (satu) Tema Diriku Revisi 2017 |
Sahabat Guru Zaman Now berikut ini saya bagikan Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Kelas 1 (satu) Tema Diriku Revisi 2017
Kompetensi Dasar Tema 1: “Diriku”
PPKn
1.2 Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
2.2 Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2 Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
1.3 Menerima keberagaman karakteristik individu sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di rumah.
2.3 Menampilkan kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di rumah.
3.3 Mengidentifikasi keberagaman karakteristik individu di rumah.
4.3 Menceritakan pengalaman kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di rumah.
Kompetensi Dasar Tema 1: “Diriku”
PPKn
1.2 Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
2.2 Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2 Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
1.3 Menerima keberagaman karakteristik individu sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di rumah.
2.3 Menampilkan kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di rumah.
3.3 Mengidentifikasi keberagaman karakteristik individu di rumah.
4.3 Menceritakan pengalaman kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di rumah.
Bahasa Indonesia
3.1 Menjelaskan kegiatan persiapan membaca permulaan (cara duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke Kanan, memimilih tempat dengan cahaya yang terang, dan etika membaca buku) dengan cara yang benar.
4.1 Mempraktikkan kegiatan persiapan membaca permulaan (duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke Kanan, memimilih tempat dengan cahaya yang terang) dengan benar.
3.2 Mengemukakan kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara menggerakkan pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, pemilihan tempat dengan cahaya yang terang) yang benar secara lisan.
4.2 Mempraktikkan kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara menggerakkan pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, gerakan tangan atas-bawah, kiri-kanan, latihan pelenturan gerakan tangan dengan gerakan menulis di udara/pasir/meja, melemaskan jari dengan mewarnai, menjiplak, menggambar, membuat garis tegak, miring, lurus, dan lengkung, menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf di tempat bercahaya terang) dengan benar.
3.3 Menguraikan lambang bunyi vocal dan konsonan dalam kata Bahasa Indonesia atau Bahasa daerah.
4.3 Melafalkan bunyi vokal dan konsonan dalam kata Bahasa indonesia atau Bahasa daerah.
3.4 Menentukan kosakata tentang anggota tubuh dan pancaindra serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, Tulisan, slogan sederhana, dan/atau syair lagu) dan eksplorasi lingkungan.
4.4 Menyampaikan penjelasan (berupa gambar dan tulisan) tentang anggota tubuh dan pancaindra serta perawatannya menggunakan kosakata Bahasa Indonesia dengan bantuan Bahasa daerah secara lisan dan/atau tulis.
3.5 Mengenal kosakata tentang cara memelihara kesehatan melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, dan slogan sederhana) dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.5 Mengemukakan penjelasan tentang cara memelihara kesehatan dengan pelafalan kosakata Bahasa Indonesia yang tepat dan dibantu dengan Bahasa daerah.
3.9 Merinci kosakata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan Bahasa daerah.
4.9 Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk lisan dan tulis.
3.11 Mencermati puisi anak/syair lagu (berisi ungkapan kekaguman. Kebanggan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) yang diperdengarkan dengan tujuan untuk kesenangan.
4.11 Melisankan puisi anak atau syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada kedua orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) sebagai bentuk ungkapan diri.
3.1 Menjelaskan kegiatan persiapan membaca permulaan (cara duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke Kanan, memimilih tempat dengan cahaya yang terang, dan etika membaca buku) dengan cara yang benar.
4.1 Mempraktikkan kegiatan persiapan membaca permulaan (duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke Kanan, memimilih tempat dengan cahaya yang terang) dengan benar.
3.2 Mengemukakan kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara menggerakkan pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, pemilihan tempat dengan cahaya yang terang) yang benar secara lisan.
4.2 Mempraktikkan kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara menggerakkan pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, gerakan tangan atas-bawah, kiri-kanan, latihan pelenturan gerakan tangan dengan gerakan menulis di udara/pasir/meja, melemaskan jari dengan mewarnai, menjiplak, menggambar, membuat garis tegak, miring, lurus, dan lengkung, menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf di tempat bercahaya terang) dengan benar.
3.3 Menguraikan lambang bunyi vocal dan konsonan dalam kata Bahasa Indonesia atau Bahasa daerah.
4.3 Melafalkan bunyi vokal dan konsonan dalam kata Bahasa indonesia atau Bahasa daerah.
3.4 Menentukan kosakata tentang anggota tubuh dan pancaindra serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, Tulisan, slogan sederhana, dan/atau syair lagu) dan eksplorasi lingkungan.
4.4 Menyampaikan penjelasan (berupa gambar dan tulisan) tentang anggota tubuh dan pancaindra serta perawatannya menggunakan kosakata Bahasa Indonesia dengan bantuan Bahasa daerah secara lisan dan/atau tulis.
3.5 Mengenal kosakata tentang cara memelihara kesehatan melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, dan slogan sederhana) dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.5 Mengemukakan penjelasan tentang cara memelihara kesehatan dengan pelafalan kosakata Bahasa Indonesia yang tepat dan dibantu dengan Bahasa daerah.
3.9 Merinci kosakata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan Bahasa daerah.
4.9 Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk lisan dan tulis.
3.11 Mencermati puisi anak/syair lagu (berisi ungkapan kekaguman. Kebanggan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) yang diperdengarkan dengan tujuan untuk kesenangan.
4.11 Melisankan puisi anak atau syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada kedua orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) sebagai bentuk ungkapan diri.
Matematika
3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota Suatu kumpulan objek.
4.1 Menyajikan bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan objek yang disajikan.
3.2 Menjelaskan bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya.
4.2 Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota Suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat.
3.3 Membandingkan dua bilangan sampai dua angka dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret.
4.3 Mengurutkan bilangan-bilangan sampai dua angka dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret.
3.4 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan.
4.4 Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99.
3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota Suatu kumpulan objek.
4.1 Menyajikan bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan objek yang disajikan.
3.2 Menjelaskan bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya.
4.2 Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota Suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat.
3.3 Membandingkan dua bilangan sampai dua angka dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret.
4.3 Mengurutkan bilangan-bilangan sampai dua angka dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret.
3.4 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan.
4.4 Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99.
SBdP
3.1 Mengenal karya ekspresi dua dan tiga dimensi
4.1 Membuat karya ekspresi dua dan tiga dimensi
3.2 Mengenal elemen musik melalui lagu
4.2 Menirukan elemen musik melalui lagu.
3.3 Mengenal gerak anggota tubuh melalui tari
4.3 Memeragakan gerak anggota tubuh melalui tari
3.4 Mengenal bahan alam dalam berkarya
4.4 Membuat karya dari bahan alam
3.1 Mengenal karya ekspresi dua dan tiga dimensi
4.1 Membuat karya ekspresi dua dan tiga dimensi
3.2 Mengenal elemen musik melalui lagu
4.2 Menirukan elemen musik melalui lagu.
3.3 Mengenal gerak anggota tubuh melalui tari
4.3 Memeragakan gerak anggota tubuh melalui tari
3.4 Mengenal bahan alam dalam berkarya
4.4 Membuat karya dari bahan alam
PJOK
3.1 Memahami gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1 Mempraktikkan gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana.
3.4 Memahami menjaga sikap tubuh (duduk, membaca, berdiri, jalan), dan bergerak secara lentur serta seimbang dalam rangka pembentukan tubuh melalui permainan sederhana dan atau tradisional
4.4 Mempraktikkan sikap tubuh (duduk, membaca, berdiri, jalan), dan bergerak secara lentur serta seimbang dalam rangka pembentukan tubuh melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
3.8 Memahami bagian-bagian tubuh, bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh orang lain, cara menjaga kebersihannya, dan kebersihan pakaian.
4.8 Menceritakan bagian-bagian tubuh, bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh orang lain, cara menjaga kebersihannya, dan kebersihan pakaian.
3.1 Memahami gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1 Mempraktikkan gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana.
3.4 Memahami menjaga sikap tubuh (duduk, membaca, berdiri, jalan), dan bergerak secara lentur serta seimbang dalam rangka pembentukan tubuh melalui permainan sederhana dan atau tradisional
4.4 Mempraktikkan sikap tubuh (duduk, membaca, berdiri, jalan), dan bergerak secara lentur serta seimbang dalam rangka pembentukan tubuh melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
3.8 Memahami bagian-bagian tubuh, bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh orang lain, cara menjaga kebersihannya, dan kebersihan pakaian.
4.8 Menceritakan bagian-bagian tubuh, bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh orang lain, cara menjaga kebersihannya, dan kebersihan pakaian.
Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Kelas 1 (satu) Tema Diriku Revisi 2017
A. Berilah tanda silang (X) pada pilihan jawaban A, B, atau C yang paling tepat!PPKn
1. Ketika mau masuk ke rumah, aku selalu mengucapkan …
a. Terima kasih
b. Tolong
c. Salam
2. Perhatikan gambar di bawah ini!
Sebelum berangkat sekolah, aku selalu berpamitan kepada kedua orang tuaku.
Aku berpamitan dengan …
a. Bersalaman
b. Berteriak
c. Melambaikan tangan
Sebelum berangkat sekolah, aku selalu berpamitan kepada kedua orang tuaku.
Aku berpamitan dengan …
a. Bersalaman
b. Berteriak
c. Melambaikan tangan
3. Perhatikan gambar di bawah ini!
Sebelum berangkat sekolah, sebaiknya kita … terlebih dahulu
a. Sarapan
b. Menonton televisi
c. Tidur
Sebelum berangkat sekolah, sebaiknya kita … terlebih dahulu
a. Sarapan
b. Menonton televisi
c. Tidur
4. Perhatikan gambar di bawah ini!
Kita harus bangun … agar tidak terlambat berangkat ke sekolah
a. Siang hari
b. Pagi hari
c. Sore hari
5. Ibu selalu mengajariku cara menggosok gigi.
Ibu mengajariku dengan …
a. Sabar
b. Marah-marah
c. Tidak sabar
Ibu mengajariku dengan …
a. Sabar
b. Marah-marah
c. Tidak sabar
Bahasa Indonesia
6. Mandi
Huruf vokal pada kata di atas adalah …
a. M dan n
b. A dan i
c. N dan d
6. Mandi
Huruf vokal pada kata di atas adalah …
a. M dan n
b. A dan i
c. N dan d
7. Cara merawat kesehatan rambut adalah …
a. Mandi
b. Keramas
c. Mencuci tangan
a. Mandi
b. Keramas
c. Mencuci tangan
8. Perhatikan gambar di bawah ini!
Mencuci tangan sebaiknya dengan air …
a. Mengalir
b. Dalam jumlah sedikit
c. Seadanya
9. Cara memegang pensil yang benar adalah menggunakan …
a. Ibu jari, telunjuk, dan jari tengah
b. Ibu jari, telunjuk, dan kelingking
c. Ibu jari, jari tengah, dan jari manis
10. a-c-t-a-k-m-a-a
susunan kata di atas yang benar adalah …
a. Kacamata
b. Matakaca
c. Katamaca
susunan kata di atas yang benar adalah …
a. Kacamata
b. Matakaca
c. Katamaca
SBdP
11. Judul lagu yang bertema mengenal huruf adalah …
a. A b c
b. Pelangi
c. Lihat Kebunku
11. Judul lagu yang bertema mengenal huruf adalah …
a. A b c
b. Pelangi
c. Lihat Kebunku
12. Tarian akan terlihat indah jika gerakannya mengikuti … lagu
a. Lirik
b. Intonasi
c. Irama
a. Lirik
b. Intonasi
c. Irama
13. Perhatikan gambar di bawah ini!
Finger painting adalah contoh karya seni … dimensi
a. Tiga
b. Dua
c. Satu
14. Perhatikan gambar di bawah ini!
Karya seni pada gambar di atas menggunakan bahan yang berasal dari …
a. Bahan kimia
b. Bahan daur ulang
c. Bahan alam
15. Membuat gantungan kunci seperti pada gambar nomor 14 melatih siswa berpikir …
a. Sederhana
b. Kreatif
c. Panjang
a. Sederhana
b. Kreatif
c. Panjang
Matematika
16. Perhatikan bilangan di bawah ini!
Angka di atas adalah lambang bilangan …
a. Sembilan
b. Delapan
c. Tujuh
16. Perhatikan bilangan di bawah ini!
Angka di atas adalah lambang bilangan …
a. Sembilan
b. Delapan
c. Tujuh
17. Perhatikan gambar di bawah ini!
Jumlah sisir pada gambar di atas adalah …
a. 10
b. 9
c. 8
Jumlah sisir pada gambar di atas adalah …
a. 10
b. 9
c. 8
18. Perhatikan gambar di bawah ini!
Jumlah jari pada gambar di atas adalah …
a. Tiga
b. Empat
c. Lima
Jumlah jari pada gambar di atas adalah …
a. Tiga
b. Empat
c. Lima
19. Perhatikan gambar di bawah ini!
Kalimat yang sesuai untuk mengisi titik-titik di atas adalah …
a. Lebih banyak dari
b. Lebih sedikit dari
c. Sama dengan
Kalimat yang sesuai untuk mengisi titik-titik di atas adalah …
a. Lebih banyak dari
b. Lebih sedikit dari
c. Sama dengan
20. Ibu membeli 4 buah sabun di toko
Ibu juga membeli 3 botol sampo
Jumlah sabun dan sampo yang dibeli ibu adalah …
a. 6
b. 7
c. 8
Ibu juga membeli 3 botol sampo
Jumlah sabun dan sampo yang dibeli ibu adalah …
a. 6
b. 7
c. 8
PJOK
21. Perhatikan gambar di bawah ini!
Gerakan pada gambar di atas adalah gerakan berjalan … arah
a. Dua
b. Satu
c. Zig-zag
21. Perhatikan gambar di bawah ini!
Gerakan pada gambar di atas adalah gerakan berjalan … arah
a. Dua
b. Satu
c. Zig-zag
22. Perhatikan gambar di bawah ini!
Gerak lokomotor pada gambar di atas adalah …
a. Berjalan
b. Berlari
c. Melompat
Gerak lokomotor pada gambar di atas adalah …
a. Berjalan
b. Berlari
c. Melompat
23. Sikap tubuh yang benar untuk menjaga kesehatan adalah …
a. Berjalan bungkuk
b. Membaca dengan tiduran
c. Berdiri tegap
24. Perhatikan gambar di bawah ini!
Kegiatan di atas dapat melatih …
a. Kekuatan
b. Ketinggian
c. Keseimbangan
25. Perhatikan gambar di bawah ini!
Putri dan teman-temannya menjaga sikap tubuh saat berdiri.
Semua berjalan …
a. Bungkuk
b. Tegap
c. Lemas
Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Kelas 1 (satu) Tema Diriku Revisi 2017
B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!PPKn
1. Ayah suka bersepeda
Ibu suka memasak
Aku suka bermain bola
Meskipun berbeda kegemaran, semua saling …
2. Ayah selalu menasihatiku jika aku melanggar peraturan di rumah.
Sikapku adalah …
Bahasa Indonesia
3. Me … ar …
Huruf yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah …
4. Aku digunakan untuk bernapas
Aku juga digunakan untuk mencium bau
Aku adalah …
SBdP
5. Sebelum kita makan dik
Cuci … dulu
Kata yang tepat untuk melengkapi potongan lagu di atas adalah …
5. Sebelum kita makan dik
Cuci … dulu
Kata yang tepat untuk melengkapi potongan lagu di atas adalah …
6. Menyanyikan lagu Dua Mata Saya dapat diikuti dengan gerakan memegang anggota …
Matematika
7. Ana bermain boneka
Jumlah huruf konsonan pada kalimat di atas adalah …
7. Ana bermain boneka
Jumlah huruf konsonan pada kalimat di atas adalah …
8. Perhatikan gambar di bawah ini!
Kalimat yang tepat untuk melengkapi titik-titik di atas adalah …
Kalimat yang tepat untuk melengkapi titik-titik di atas adalah …
PJOK
9. Gerak melompat dilakukan dengan bertumpu pada … kaki
10. Aku merawat tubuh dengan teratur.
Aku mandi memakai sabun dan mencuci rambut memakai …
9. Gerak melompat dilakukan dengan bertumpu pada … kaki
10. Aku merawat tubuh dengan teratur.
Aku mandi memakai sabun dan mencuci rambut memakai …
Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Kelas 1 (satu) Tema Diriku Revisi 2017
C. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat!PPKn
1. Sebutkan beberapa tata tertib di rumah yang harus kamu patuhi!
Bahasa Indonesia
2. Susunlah huruf-huruf berikut menjadi kosakata tentang anggota tubuh!
a. N-a-t-a-g-n
b. E-i-t-l-g-n-a
SBdP
3. Sebutkan karya apa saja yang bisa dibuat dengan menggunakan kulit jagung!
Matematika
4. Urutkan bilangan di bawah ini dari bilangan yang besar!
a. 7 4 3 6 2 5
b. 1 7 6 8 4 9
PJOK
5. Sebutkan tiga macam gerak lokomotor!
Untuk mendapatkan kunci jawaban dan pembahasan Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Kelas 1 (satu) Tema Diriku Revisi 2017 silahkan klik disini. Untuk mendapatkan RPP Tematik lengkap silahkan mengunjungi halaman disini.
Untuk mendapatkan buku tematik edisi revisi 2017 dan 2018 silahkan klik Disini