>

SILABUS / ALUR DAN TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) BAHASA INDONESIA KELAS 7,8,9 SMP KURIKULUM MERDEKA

SILABUS / ALUR DAN TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) BAHASA INDONESIA KELAS 7,8,9 SMP KURIKULUM MERDEKA
Silabus/ Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Bahasa Indonesia kelas 7,8,9 SMP sesuai dengan Kurikulum Paradigma Baru / Kurikulum Prototipe / Kurikulum Sekolah Penggerak / Kurikulum 2022 / Kurikulum Merdeka
Pada akhir fase D, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan, konteks sosial, dan akademis. Peserta didik mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi paparan tentang topik yang beragam dan karya sastra. Peserta didik mampu berpartisipasi aktif dalam diskusi, mempresentasikan, dan menanggapi informasi nonfiksi dan fiksi yang dipaparkan; Peserta didik menulis berbagai teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur, dan menuliskan tanggapannya terhadap paparan dan bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya. Peserta didik mengembangkan kompetensi diri melalui pajanan berbagai teks penguatan karakter.
Peserta didik mampu menganalisis dan mengevaluasi informasi berupa gagasan,pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang akurat dari berbagai tipe teks (nonfiksi dan fiksi) audiovisual dan aural dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara. Peserta didik mampu mengeksplorasi dan mengevaluasi berbagai informasi dari topik aktual yang didengar.

Tujuan Pembelajaran 7.1 Peserta didik menganalisis dan mengevaluasi ide pokok, ide penjelas, kalimat fakta dan kalimat opini, unsur intrinsik dan ekstrinsik pada,
7.1.1 sebuah objek teks deskripsi,
7.1.2 teks narasi,
7.1.3 teks prosedur,
7.1.4 teks laporan hasil observasi,
7.1.5 buku fiksi/nonfiksi,
7.1.6 surat pribadi/surat dinas,
7.1.7 puisi rakyat,
baik yang didengar dan dibaca secara lisan, tulis, dan visual.

Perkiraan Jumlah Jam
28 JP (jam pelajaran) atau 2 x 2 pertemuan setiap teks (1JP = 40 menit)

Kata/Frasa Kunci, Topik/Konten Inti, Penjelasan Singkat 
  • Kata/Frasa Kunci :menganalisis dan mengevaluasi informasi, ide pokok dan ide penjelas, dan ciri-ciri setiap jenis teks.
  1. teks deskripsi: teks, deskripsi, data, objek, pengamatan, gagasan, struktur, kebahasaan, kesan.
  2. teks narasi: narasi, imajinasi, peristiwa, khayalan, identifikasi, kreatif, bahasa, struktur
  3. teks prosedur: teks, prosedur, proses, kreativitas, asset, daerah
  4. teks laporan hasil observasi: teks, laporan, observasi, pengetahuan, ilmuwan muda, informasi, data, objek pengamatan
  5. buku fiksi/nonfiksi: literasi, buku, konsep, rangkuman, fiksi, nonfiksi, sinopsis
  6. surat pribadi/surat dinas: surat pribadi, surat dinas, informasi, kalimat baku, struktur, kebahasaan, formal, nonformal
  7. puisi rakyat: puisi, pantun, puisi rakyat, syair, gurindam, budaya, kesusastraan, sajak, kearifan local
  • Topik/konten inti: menyimak sebuah teks yang dipaparkan orang lain. menyimak paparan orang lain tentang sebuah objek lewat media (paparan lisan/audiovisual).
  • Penjelasan singkat: teks yang disimak dapat berupa video pendeskripsian sebuah objek (keluarga, tempat wisata, pentas seni, tempat bersejarah, tumbuhan, hewan, manusia, dll) yang dibaca teman atau monolog.
  • Menyimak paparan orang lain tentang sebuah objek lewat media (paparan lisan/audiovisual).
  • Penjelasan singkat: teks yang disimak dapat berupa video pendeskripsian sebuah objek (keluarga, tempat wisata, pentas seni, tempat bersejarah, tumbuhan, hewan, manusia, dll) yang dibaca teman atau monolog.
Profil Pelajar Pancasila
Kreatif, yang ditunjukkan melalui menghubungkan makna-makna, membangun atau merekonstruksikan imaji-imaji visual dengan baik, menyesuaikan atau mengadaptasikan imaji dengan pikiran imajinatif untuk menciptakan karya baru dalam tulisan, lukisandan pementasan.
Jujur, yang ditunjukkan melalui penyampaian informasi berdasarkan apa yang disimak.
Mandiri, yang ditunjukkan melalui self regulator untuk bisa fokus terhadap apa yang disimak.
Kritis, yang ditunjukkan melalui menyampaikan gagasan/pandangan, alasan ketidaksetujuan, alasan kesalahan dari menyimak.

Glosarium informasi:
kabar atau berita tentang sesuatu
ide pokok: gagasan yang menjadi pokok pengembangan dalam sebuah paragraf.
Ide penjelas: gagasan yang menjelaskan gagasan utama.
Paragraf induktif: paragraf yang gagasan utamanya/ide pokoknya berada di awal paragraf.
Paragraf deduktif: paragraf yang gagasan utamanya/ide pokoknya berada di akhir paragraf.
Adjektif: kata sifat
Verba material: kata kerja Tindakan/melakukan sesuatu
Verba mental: kata kerja yang mengekspresikan sebuah reaksi seseorang terhadap suatu kondisi/Tindakan.
Konjungsi: kata sambung
Preposisi: kata depan
Majas: gaya Bahasa
Unsur intrinsik: unsur pembangun sebuah karya sastra
Unsur ekstrinsik: unsur dari luar cerita/puisi
Arunika: cahaya matahari yang baru saja terbit
Dersik: desir angin atau bunyi angin
Gempita: bunyi yang meriah
Karsa: kehendak, niat
Lengkara: mustahil, beduk, tabuh, nekara
Lindap: redup, mendung, teduh
Meraki: melakukan sesuatu dengan jiwa, kreativitas, dan cinta
Risak: mengusik atau mengganggu
Pancarona: bermacam-macam warna atau pancawarna
Nirmala: tanpa cacat, sempurna
Menjura: membungkuk dengan menangkupkan kedua tangan (dengan maksud menghormat)
Kirmizi: merah tua atu ungu
Dirgantara: segala sesuatu yang ada di atas bumi, meliputi langit dalam atmoster sampai luar angkasa
Asa: harapan
Undagi: tenaga ahli
Wiyata: pengajaran atau pelajaran
Interogatif: berfungsi untuk meminta jawaban berupa penjelasan, untuk menggali informasi, untuk klarifikasi, atau konfirmasi
Imperatif: mengandung suatu keharusan, perintah, atau larangan
Deklaratif: berisikan pernyataan
Amniotik: bersangkutan dengan amnion
Squamata: ordo reptil , terdiri dari kadal dan ular
Nitrifikasi: pengubahan senyawa nitrogen yang ada dalam sampah menjadi garam nitrat oleh kerja bakteri
Induktif: bersifat (secara) induksi
Granul: gumpalan partikel-partikel yang lebih kecil umumnya berbentuk tidak merata dan seperti partikel tunggal yang lebih besar
Kultifar: sekelompok tumbuhan yang telah dipilih/diseleksi untuk suatu atau beberapa ciri tertentu yang khas dan dapat dibedakan
secara jelas dari kelompok lainnya
Renjana: rasa hati yang kuat
Renjis: percik
Selasar: serambi atau beranda (ada yang tidak beratap)
Lesap: hilang, lenyap
Mengirap (dari kata kirap):mengepak-ngepakkan (sayap)
Meruah: mencurah, melimpah ruah
Meronce: merampok, merampas
Memorabilia: sesuatu atau peristiwa yang patut dikenang
Menggulut: mempercepat
Bergulu-gulut: tergopoh-gopoh
Solilokui=senandika: wacana seorang tokoh dalam karya susastra dengan dirinya sendiri di dalam drama yang dipakai untuk
mengungkapkan perasaan,firasat, konflik batin,yg paling dalam dari tokoh tersebut
Markah: tanda; merek
Ortografis: secara ortografi; menurut aturan ejaan yang benar

Untuk mendownload Silabus/ Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Bahasa Indonesia kelas 7,8,9 SMP yang sesuai dengan Kurikulum Paradigma Baru / Kurikulum Prototipe / Kurikulum Sekolah Penggerak / Kurikulum 2022 / Kurikulum Merdeka silahkan unduh filenya di bawah ini.

Jika para rekan guru berminat untuk memiliki Modul Ajar lengkap mapel Bahasa Indonesia SMP silahkan pesan DISINI.

Belum ada Komentar untuk "SILABUS / ALUR DAN TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) BAHASA INDONESIA KELAS 7,8,9 SMP KURIKULUM MERDEKA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel