>

Silabus Tematik Terpadu Kelas 1, 2 ,3, 4, 5, dan 6 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017

Silabus Tematik Terpadu Kelas 1, 2 ,3, 4, 5, dan 6 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus Tematik Terpadu
 RPP adalah singkatan dari Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran. Silabus adalah serangkaian rancangan dasar pelaksanaan pembelajaran yang meliputi Kompetensi Dasar, Materi Pokok Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Indikator, Penilaian, Alokasi waktu, dan Sumber Belajar. Sedangkan yang akan saya bagikan kali ini adalah Silabus Tematik Terpadu SD/MI Kelas 1, 2 ,3, 4, 5, dan 6 Kurikulum 2013 Revisi 2017

RPP dan Silabus Silabus Tematik Terpadu SD/MI Kelas 1, 2 ,3, 4, 5, dan 6 Kurikulum 2013 Revisi 2017 harus dimiliki oleh seorang guru Kelas yang mengajar Tematik Terpadu. Pembelajaran Tematik lebih menekankan praktik pengetahuan berentuk tema yang dekat dengan aktivitas siswa sehari-hari. Melalui pembelajaran Tematik ini, siswa di harapkan dapat memahami fenomena atau aktivitas sehari-hari secara lebih kongkreat, melalui praktik pengetahuan itu di harapkan akan tumbuh sikap religiusitas dan etika sosial dalam hal tanggung jawab sisiwa dalam memahami fenomena dan aktivitas siswa.

Guru diwajibkan membuat RPP beserta Silabus berdasarkan bidang studi yang diajarkan sesuai dengan Kurikulum yang berlaku, seperti Kurikulum KTSP dan Kurikulum 2013. Menyusun RPP dan Silabus Tematik terpadu kelas 1, 2, 3 , 4, 5, dan 6 SD/MI Kurikulum 2013 revisi 2017 merupakan pekerjaan yang paling dibenci oleh sebagian guru Tematik Terpadu karena jumlah mata pelajaran temati terpadu di satukan dalam penyusununa perangkat pembelajarannya jadi terkesan banyak dan rumit tidak seperti mata pelajaran lain yang terpisah dari Temati Terpadu seperti Pendididkan Agama dan Budi Pekerti, Matematika dan PJOK.

Guru tidak perlu menyusun RPP dan Silabus dengan kepala sendiri, tetapi cukup dengan mendownload dari Internet lalu disesuaikan. Cara mendownloadnya pun cukup mudah dengan mencari di google. Untuk mendownload RPP dan Silabus Tematik terpadu kelas 1, 2 ,3, 4, 5, dan 6 SD/MI Kurikulum 2013 revisi 2017 anda cuku dengan mengunjungi Halaman di bawah Ini.

Pembelajaran tematik terpadu, di sekolah dasar menekankan pada proses pembelajaran yang tidak semata melakukan aktivitas, tetapi bagaimana merancang pembelajaran yang juga mengaktifkan kreativitas dan berpikir kreatif siswa serta memperkuat karakternya.

Pembelajaran pada silabus ini hanya merupakan model. Pembelajaran pada silabus ini dapat di sesuaikan dan di perkaya dengan konteks daerah atau satuan pendidikan, serta konteks global untuk mencapai kualitas optimal asil belajar siswa tetap berada pada budayanya, mengenal dan mencintai alam dan sosial di sekitarnya, dengan perspektif global sekaligus pewaris bangsa sehingga akan menjadi generasi tangguh dan berbudaya Indonesia

Berlandaskan Prinsip ini, Pembelajaran Tematik perlu dikontekstualkan dengan tema-tema yang dekat dengan lingkungan siswa, mengenal keragaman masyarakat, dan daerah maritim, agribisnis, dan jasa/Niaga sehingga siswa mampu beradaptasi dengan perubahan sosial yang berlangsung di masyarakat. Selain itu siswa akan memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar, juga di harapkan meberikan kontribusi pada perkembangan dan kemajuan masyarakat.

Belum ada Komentar untuk "Silabus Tematik Terpadu Kelas 1, 2 ,3, 4, 5, dan 6 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel