RPL Bimbingan Konseling Kelas 10 SMA Revisi 2017
Rencana Pelaksanaan Pelayanan
Satuan Layanan Klasikal
Satuan Pendidikan : SMA Negeri ..................................... Kelas/Semester : X / 1
Waktu : 1 X 40 menit
I. MATERI LAYANAN : BAB I selamat datang kelas X
A. SEMANGAT BARU DI AWAL TAHUN
II. ASPEK PERKEMBANGAN : 7. Pengembangan pribadi
III. NILAI KARAKTER : Jujur, Disiplin, Kerja Keras, Mandiri, Bersahabat / Komunikatif, Tanggung Jawab
IV. KOMPETENSI : Menanamkan rasa cinta pada sekolah
V. INDIKATOR : Dapat mengikuti kegiatan sekolah yang dapat mengembangkan emosi atau keterikatan sosial terhadap orang lain
VI. BIDANG BIMBINGAN : Sosial
VII. TUJUAN LAYANAN : Peserta didik dapat merasakan suasana nyaman di kelas X
VIII. FUNGSI LAYANAN : Pemahaman, Penyesuaian, Penyaluran, Preventif, Pemeliharaan, Pengembangan
IX. METODE : Kooperatif Learning, Joyfull Learning
X. SUMBER LAYANAN : Modul BK - Psikologi Remaja, Dinamika Kelompok
KEGIATAN
PELAYANAN KLASIKAL
|
WAKTU
|
A.
Pendahuluan
1.
Memberi salam,
memeriksa kehadiran peserta didik dan kebersihan kelas.
2.
Apersepsi dan
motivasi : bagaiaman Cara menumbuhkan rasa cinta pada sekolah ?
3.
Menjelaskan
tujuan pelayanan klasikal dan aspek perkembangan yang akan dicapai sesuai
dengan RPL Silabus.
|
10 ’
|
B.
Kegiatan Inti
1.
Proses
• Eksplorasi : peserta didik merasakan
pendekatan dalam pelayanan kllasikal sewaktu membuat puisi tentang sekolah
• Elaborasi : membuat teks puisi tentang
cinta sekolah dengan mendalami dan memahami kondisi dan suasana di sekolah
yang baru
• Konfirmasi : memberikan konfirmasi terhadap pengalaman dihari-hari
awal tahun di sekolah baru sewaktu MOPD
2.
Aspek CTL
•
Questioning (bertanya) : peserta didik menanyakan tentang cara
membuat teks puisi mengenai sekolah.
• Konstruktivisme (membangun) : melakukan
percobaan perilaku baru berdasarkan aspek dan tugas perkembangan yaitu ”A New
Spirit in The School Year”
• Authentic Assessment (penilaian
yang sebenarnya) : menyelesaikan
tugas di modul BK dengan melengkapi kalimat bagaiaman menanamkan rasa cinta
pada sekolah
3.
Kecakapan Hidup
• Kooperatif : membacakan puisi tentang
sekolah dengan penuh semangat .
|
25’
|
C.
Penutup
1.
Kesimpulan :
peserta didik dan guru BK menyimpulkan suasana hati di kelas X setelah membuat
puisi tentang sekolah
2.
Refleksi : menumbuhkan rasa
cinta kepada sekolah melalui puisi
|
5 ’
|
XII. PENILAIAN
TEKNIK
|
BENTUK
|
TAHAP PENILAIAN
|
Penilaian
diri
|
Puisi
|
Laiseg :
Ekspresi senang pada diri siswa
Laijapen : Tetap senang belajar di kelas.
Laijapan : Prestasi belajar tercapai karena ada rasa
senang belajar di kelas.
|
XIII. CATATAN KHUSUS
A. Diberikan reward bila ada perubahan sikap pada peserta didik bernama :
B. Diberikan Perhatian Khusus (PK) bagi peserta didik yang belum ada perubahan sikap bernama
Mengetahui, .............................., Juli 2017
Kepala SMA Negeri 1 ............... Guru BK Kelas X
.................................... ................................................
NIP. NIP. –