RPL Bimbingan Konseling SMA Kelas 10 Revisi 2017
RENCANA PELAKSANAAN PELAYANAN
SATUAN LAYANAN KLASIKAL
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1....................
Kelas/Semester : X / 2
Waktu : 1 X 40 menit
I. MATERI LAYANAN : BAB V MY DREAM
B. KARIR YANG KUIMPIKAN
II. ASPEK PERKEMBANGAN : 8. Perilaku kewirausahaan (kemandirian perilaku ekonomis)
III. NILAI KARAKTER : Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Rasa ingin tahu, Menghargai Prestasi, Bersahabat, Sosial, Tanggung Jawab.
IV. KOMPETENSI : Memiliki minat pekerjaan melalui penguasaan belajar
V. INDIKATOR : Memahami bidang pekerjaan yang sesuai dengan bakatnya
VI. BIDANG BIMBINGAN : Karir
VII. TUJUAN LAYANAN : Peserta didik memahami pekerjaan yang sesuai dengan bakatnya.
VIII. FUNGSI LAYANAN : Pemahaman, Penyesuaian, Penyaluran, Preventif, Pemeliharaan, Pengembangan
IX. METODE : Kooperatif Learning, Joyfull Learning
X. SUMBER LAYANAN : Modul BK - Psikologi Remaja, Dinamika Kelompok
XI. LANGKAH-LANGKAH LAYANAN :
KEGIATAN
PELAYANAN KLASIKAL
|
WAKTU
|
A.
Pendahuluan
1.
Memberi salam,
memeriksa kehadiran peserta didik dan kebersihan kelas.
2.
Apersepsi dan
motivasi :
3.
Menjelaskan
tujuan pelayanan klasikal dan aspek perkembangan yang akan dicapai sesuai
dengan RPL Silabus.
|
10 ’
|
B.
Kegiatan Inti
1.
Proses
•
Eksplorasi : menjadi pelajar yang memiliki
minat terhadap pekerjaan melalui penguasaan belajar.
• Elaborasi : mengemukakan gagasan baru
untuk memahami bidang pekerjaan.
• Konfirmasi : memperoleh pengalaman yang bermakna sebagai remaja
dalam mencapai aspek perkembangan yaitu memahami pekerjaan yang sesuai dengan bakatnya.
2.
Aspek CTL
•
Questioning (bertanya) : tanya jawab
bervariasi untuk memiliki
minat pekerjaan melalui penguasaan belajar.
•
Konstruktivisme
(membangun) : ”PREPARING MY DREAMED CAREER” supaya peserta didik mempersiapkan
diri menentukan karir.
•
Inquiri
(menemukan) : guru BK/Konselor menunjuk beberapa siswa untuk mendeteksi
kemampuan dalam belajar selama di SMP/MTs.
•
Authentic
Assessment (penilaian yang sebenarnya) : menyelesaikan tugas di modul BK dengan mengisi kuiz :
”NGECEK BAKAT YUK !”
3.
Kecakapan Hidup
•
Karya siswa : melakukan kegiatan positip yang menunjukkan penguasaan
belajar.
|
25’
|
C.
Penutup
1.
Kesimpulan :
peserta didik dan guru BK menyimpulkan
cara memahami bidang pekerjaan yang sesuai
dengan bakatnya
2.
Refleksi : memahami pekerjaan
yang sesuai dengan bakatnya
|
5 ’
|
TEKNIK
|
BENTUK
|
TAHAP PENILAIAN
|
Penilaian diri
|
Kuis mengecek bakat
|
Laiseg : Memiliki cita-cita karir di masa depan.
Laijapen : Rajin belajar untuk
mencapai cita-cita.
Laijapan : menunjukkan prestasi belajar
|
A. Diberikan reward bila ada perubahan sikap pada peserta didik bernama :
B. Diberikan Perhatian Khusus (PK) bagi peserta didik yang belum ada perubahan sikap bernama
Mengetahui, .............................., Juli 2017
Kepala SMA Negeri 1 ............... Guru BK Kelas X
.................................... ................................................
NIP. NIP.