RPL Bimbingan Konseling Kelas 11 SMA Semester 2 Revisi 2017
RENCANA PELAKSANAAN PELAYANAN (RPL)
SATUAN LAYANAN BK KLASIKAL
Satuan Pendidikan
|
: SMA Negeri 1 .......................
|
Kelas/Semester
|
: XI / 2
|
Waktu
|
: 1 X 40 menit
|
MATERI LAYANAN
|
:
|
BAB III BELAJAR
A PENTINGNYA BELAJAR
|
ASPEK PERKEMBANGAN
|
:
|
4. Kematangan intelektual
|
NILAI KARAKTER
|
:
|
Disiplin, Kerja Keras,
Kreatif, Mandiri, Rasa ingin tahu, Menghargai Prestasi, Gemar Membaca.
Tanggung Jawab
|
KOMPETENSI
|
:
|
Pengaruh hubungan sosial terhadap belajar
|
INDIKATOR
|
:
|
Mengikuti
kegiatan di sekolah yang dapat mengembangkan emosi atau keterikatan sosialnya
terhadap orang lain
|
BIDANG LAYANAN
|
:
|
Belajar
|
TUJUAN LAYANAN
|
:
|
Peserta didik
dapat memahami tanggung jawabnya sebagai pelajar
|
FUNGSI LAYANAN
|
:
|
Pemahaman,
Penyesuaian, Penyaluran, Preventif, pemeliharaan,
Pengembangan
|
METODE
|
:
|
Kooperatif
Learning, Joyfull Learning
|
SUMBER LAYANAN
|
:
|
Modul B
- Psikologi Remaja, Dinamika
|
LANGKAH-LANGKAH LAYANAN :
|
KEGIATAN PELAYANAN KLASIKAL
|
WAKTU
|
A. Pendahuluan
1.
Memberi salam, memeriksa kehadiran peserta didik dan
kebersihan kelas.
2.
Apersepsi dan motivasi : Saat ini belajar itu penting
atau tidak ?
3.
Menjelaskan tujuan pelayanan klasikal, aspek dan tugas perkembangan
yang akan dicapai sesuai dengan RPL Silabus.
|
10 ’
|
B. Kegiatan Inti
1. Proses
• Eksplorasi : peserta
didik merasakan berbagai pendekatan pelayanan bimbingan.akan pentingnya
belajar.
• Elaborasi : mengemukakan
gagasan baru secara lisan pentingnya
belajar.
• Konfirmasi : memberikan konfirmasi terhadap
pengalaman belajar sehari-hari.
2. Aspek CTL
•
Questioning
(bertanya) : tanya jawab bervariasi tentang “Goal of Study”
•
Konstruktivisme (membangun) : Peserta didik merasakan
manfaat belajar sebagai kewajiban.
•
Modeling (pemodelan) : guru BK/Konselor membacakan
cerita “Percaya diri dalam belajar”
• Authentic
Assessment (penilaian yang sebenarnya) : Peserta didik menyelesaikan
tugas di modul BK dengan memberi tanda silang pada kolom T atau TP.
3. Kecakapan Hidup
• Kooperatif
: peserta didik sebagai pelajar memahami tanggung jawab dalam belajar.
|
25’
|
C. Penutup
1.
Kesimpulan : peserta didik dan guru BK menyimpulkan
pentingnya belajar.
2.
Refleksi : tanggung jawab pelajar adalah
belajar.
|
5 ’
|
X.PENILAIAN
TEKNIK
|
BENTUK
|
TAHAP PENILAIAN
|
Penilaian
diri
|
Pendapat
pribadi
|
Laiseg :
Memahami tugas utama pelajar adalah belajar.
Laijapen : Membiasakan diri untuk belajar.
Laijapan : Belajar sebagai kegiatan utama.
|
XI.CATATAN KHUSUS
A. Diberikan reward bila ada perubahan sikap pada peserta didik bernama :
B. Diberikan Perhatian Khusus (PK) bagi peserta didik yang belum ada perubahan sikap bernama
Mengetahui, .............................., Juli 2017
Kepala SMA Negeri 1 ............... Guru BK Kelas XI
.................................... ................................................
NIP. NIP. –