>

KKTP IPS Fase D Kelas VIII SMP Kurikulum Merdeka

KKTP IPS Fase D Kelas VIII SMP Kurikulum Merdeka

Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) adalah serangkaian kriteria atau indikator yang menunjukkan sejauh mana peserta didik telah mencapai kompetensi pada tujuan pembelajaran atau memadai dan tidak memadai.

KKTP bertujuan untuk menilai sejauh mana tujuan pembelajaran yang telah diterapkan sudah tercapai. Ini berfokus pada kemampuan siswa untuk mencapai target pembelajaran yang telah ditentukan.

Untuk membantu para rekan guru dalam menyusun Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 8 Fase D Kurikulum merdeka berikut ini kami sajikan contoh dan model KKTP yang telah kami susun. untuk mendapatkan filenya bapak ibu guru bisa mendownloadnya pada akhir artikel ini.

Berikut ini kami sajikan Capaian pembelajaran Fase D kelas 7, 8 dan 9 SMP mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial sesuai dengan  keputusan kepala badan standar, kurikulum, dan asesmen pendidikan kementrian pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi NOMOR/032/H/KR/2024 tentang capaian pembelajaran pada pendidikan anak usia dini, jenjang pendidikan dasar, dan jenjang pendidikan menengah pada kurikulum merdeka.

Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Fase D    

Pada akhir Fase D, peserta didik memahami realitas kehidupan manusia dalam ruang dan waktu pada bidang sosial, budaya, dan ekonomi sehingga memiliki kesadaran akan keberadaan diri dalam berinteraksi dengan lingkungan lokal, nasional, dan global. Melalui pendekatan keterampilan proses, peserta didik mengamati, menanya, mengumpulkan data, menganalisis, menyimpulkan, dan mengomunikasikan informasi tentang realitas kehidupan manusia menggunakan berbagai media

Capaian Pembelajaran Berdasarkan Elemen
Pemahaman Konsep    

Peserta didik memahami  keberagaman kondisi geografis Indonesia, konektivitas antarruang terhadap upaya pemanfaatan dan pelestarian potensi sumber daya alam, faktor aktivitas manusia terhadap perubahan iklim dan potensi bencana alam. Peserta didik memahami dampak perubahan iklim terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya masyarakat serta merefleksikan pola adaptasi terhadap perubahan  iklim dan upaya mitigasi bencana untuk menunjang sustainable development goals (SDGs) dalam konteks lokal, regional, dan global.

Peserta didik memahami upaya masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya melalui kegiatan ekonomi, harga, pasar, lembaga keuangan, perdagangan internasional, peran masyarakat dan negara dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di era digital, serta potensi Indonesia menjadi negara maju.

Peserta didik memahami proses interaksi sosial, lembaga sosial, dinamika sosial dan perubahan sistem sosial budaya dalam masyarakat yang majemuk untuk mewujudkan integrasi bangsa dengan prinsip kebinekaan. Peserta didik mengenali konsep dasar ilmu sejarah yaitu manusia, ruang, waktu, kronologi, perubahan, dalam menganalisis keterhubungan antara masa lampau, masa kini, dan masa yang akan datang ketika mempelajari sejarah lokal dan toponimi wilayah serta berbagai peristiwa atau kejadian penting dalam lingkup lokal, nasional dan global terkait asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia dan  jalur rempah nusantara.


Keterampilan Proses    
Peserta didik menerapkan pemahaman konsep melalui pendekatan keterampilan proses dengan cara

  • mengamati fenomena dan  peristiwa secara sistematis dengan menggunakan pancaindra serta menemukan persamaan dan perbedaannya;  
  • menanya dengan panduan guru, peserta didik mengajukan pertanyaan untuk menggali dan klarifikasi informasi, serta mencari tahu penyebab dan memprediksinya;
  • mengumpulkan informasi secara berkolaborasi, merencanakan dan melakukan penyelidikan, mengumpulkan informasi dengan sumber primer, dan mendokumentasikannya;
  • berkolaborasi, mengolah informasi yang relevan serta memprioritaskan beberapa gagasan tertentu;  
  • mengevaluasi dan refleksi serta melakukan perbaikan untuk menarik simpulan hasil penyelidikan dengan tepat;  
  • mengomunikasikan dan menyajikan hasil penyelidikan dengan menggunakan media  informasi yang tepat; dan
  • menyusun rencana tidak lanjut  dari hasil penyelidikan yang telah dihasilkan secara kolaboratif.

Jika bapak/ibu guru berminat untuk memesan modul ajar IPS kelas 8 ini secara lengkap silahkan klik link wa DISINI.


Belum ada Komentar untuk "KKTP IPS Fase D Kelas VIII SMP Kurikulum Merdeka"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel