>

CONTOH PENERAPAN DIFERENSIASI DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR

CONTOH PENERAPAN DIFERENSIASI DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR

Implementasi Diferensiasi Konten, Diferensiasi Proses, Diferensiasi Produk dan Diferensiasi Untuk Siswa Berkebutuhan Khusus pada proses pembelajaran kurikulum merdeka revisi 2024.

DIFERENSIASI KONTEN
Mengenali Aneka Bunyi:
Tingkat Dasar: Mengenali bunyi sederhana seperti bel, tepuk tangan, suara guru.
Tingkat Menengah: Membedakan bunyi hewan (kucing, anjing, burung), alat musik sederhana (drum, tamborin), dan bunyi alam (angin, hujan).
Tingkat Tinggi: Mengklasifikasikan bunyi berdasarkan sumber bunyi (manusia, hewan, benda), keras-lembut, tinggi-rendah.

Berkenalan dengan Teman Baru:
Tingkat Dasar: Menyapa teman baru dengan kata-kata sederhana (halo, nama saya...).
Tingkat Menengah: Menanyakan nama, hobi, dan hal yang disukai teman baru.
Tingkat Tinggi: Membuat kalimat perkenalan yang lebih lengkap dan bercerita tentang diri sendiri.

DIFERENSIASI PROSES PEMBELAJARAN
Tingkat Dasar:
Kegiatan: Mendengarkan berbagai macam bunyi, menirukan bunyi, bermain tebak-tebakan bunyi.
Media: Gambar sederhana, audio rekaman berbagai bunyi.

Tingkat Menengah:
Kegiatan: Bermain peran sebagai berbagai karakter yang mengeluarkan bunyi, membuat kelompok kecil untuk berdiskusi tentang bunyi yang mereka dengar.
Media: Kartu gambar, alat musik sederhana.

Tingkat Tinggi:
Kegiatan: Membuat cerita pendek tentang pengalaman mereka mendengar berbagai bunyi, membuat poster atau presentasi tentang bunyi yang mereka sukai.
Media: Buku tulis, kertas gambar, alat tulis.

DIFERENSIASI PRODUK
Tingkat Dasar:
Gambar sederhana yang menggambarkan berbagai bunyi yang mereka dengar.
Buku bergambar sederhana tentang bunyi.

Tingkat Menengah:
Poster atau kolase yang menampilkan berbagai jenis bunyi.
Rekaman suara mereka menirukan berbagai bunyi.

Tingkat Tinggi:
Cerita pendek atau puisi tentang bunyi.
Presentasi singkat tentang hasil diskusi kelompok.

DIFERENSIASI  UNTUK SISWA DENGAN KEBUTUHAN KHUSUS
Siswa dengan kesulitan belajar: Gunakan gambar yang lebih besar dan jelas, berikan instruksi yang lebih sederhana, dan sediakan lebih banyak waktu.
Siswa dengan gangguan pendengaran: Gunakan alat bantu visual yang lebih banyak, libatkan sentuhan (misalnya, merasakan getaran dari drum), dan berikan penjelasan secara lisan dan tulisan.

Jika para rekan guru berminat untuk memiliki Perangkat ajar / Modul Ajar Berdiferensiasi seperti di atas silahkan pesan langsung DISINI atau bisa menghubungi Telp/Wa: 081294970737.


Belum ada Komentar untuk "CONTOH PENERAPAN DIFERENSIASI DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel