>

SILABUS / ALUR DAN TUJUAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PEMINATAN FASE F (KELAS 11 DAN 12 SMA) KURIKULUM 2022

SILABUS / ALUR DAN TUJUAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PEMINATAN FASE F (KELAS 11 DAN 12 SMA) KURIKULUM 2022

Silabus / Alur Tujuan Pembelajaran Matematika Peminatan Fase F (Kelas 11 dan 12 SMA) yang sesuai dengan Kurikulum Paradigma Baru / Kurikulum Prototipe / Kurikulum Sekolah Penggerak / Kurikulum 2022 / Kurikulum Merdeka

A. Capaian Pembelajaran Matematika Fase F+ (Kelas 11 dan 12 Peminatan)

Pada akhir fase F+, peserta didik dapat menyatakan bilangan kompleks dan operasinya pada bidang koordinat kompleks, menyatakan data dalam bentuk matriks dan melakukan operasi terhadap matriks dalam menerapkannya dalam transformasi geometri dan penyelesaian sistem persamaan. Peserta didik melakukan operasi aritmatika pada polinomial. Peserta didik dapat menyatakan sifat-sifat geometri dengan persamaan (titik, garis, lingkaran, elips, parabola, dsb.). Peserta didik dapat dapat memodelkan fenomena dengan fungsi trigonometri dan fungsi logaritma. Mereka dapat menggunakan sistem koordinat untuk menyatakan bentuk geometris dalam bentuk aljabar. Psereta didik dapat mengevaluasi hasil keputusan dengan menggunakan distribusi probabilitik dengan menghitung nilai yang diharapkan. Peserta didik juga dapat menerapkan konsep dasar kalkulus di dalam konteks pemecahan masalah aplikasi dalam berbagai bidang.

 B. Capaian Berdasarkan Domain
Bilangan

Di akhir fase F, peserta didik melakukan operasi aritmetika dengan bilangan kompleks, mewakili bilangan kompleks dan operasinya pada bidang kompleks, dan menggunakan bilangan kompleks dalam identitas dan persamaan polinomial (suku banyak).  

Aljabar dan Fungsi

Di akhir fase F, peserta didik melakukan operasi aritmetika pada polinomial (suku banyak), menentukan faktor polinomial, dan menggunakan identitas polinomial, untuk menyelesaikan masalah. Fungsi trigonometri menggunakan lingkaran satuan, memodelkan fenomena periodik dengan fungsi trigonometri, dan membuktikan serta menerapkan identitas trigonometri. Mereka dapat memodelkan berbagai fenomena dengan fungsi rasional, fungsi akar, fungsi eksponensial, fungsi logaritma, fungsi nilai mutlak, fungsi tangga dan fungsi piecewise.

Pengukuran -

Geometri 

Di akhir fase F, peserta didik dapat menyatakan sifat-sifat geometri dari persamaan (garis singgung, lingkaran, elips, parabola, hiperbola). Mereka menggunakan sistem koordinat untuk membuktikan sifat geometri sederhana secara aljabar.

Analisa Data dan  Peluang

Di akhir fase F, peserta didik dapat menginterpretasi parameter distribusi data secara statistik (seragam, binomial dan normal). menghitung nilai harapan distribusi binomial dan normal dan menggunakannya dalam penyelesaian masalah,

Fungsi -

Kalkulus

Di akhir fase F, peserta didik menerapkan konsep dasar kalkulus, yaitu limit, turunan dan integral dalam penyelesaian masalah.

C. Penurunan Capaian Domain Menjadi Tujuan Pembelajaran Per Domain
1) Tujuan Pembelajaran untuk Domain Bilangan

Capaian Pembelajaran Domain: peserta didik melakukan operasi aritmetika dengan bilangan kompleks, mewakili bilangan kompleks dan operasinya pada bidang kompleks, dan menggunakan bilangan kompleks dalam identitas dan persamaan polinomial (suku banyak).

2) Tujuan Pembelajaran untuk Domain Aljabar dan Fungsi

Capaian Pembelajaran Domain: peserta didik melakukan operasi aritmetika pada polinomial (suku banyak), menentukan faktor polinomial, dan menggunakan identitas polinomial, untuk menyelesaikan masalah. Fungsi trigonometri menggunakan lingkaran satuan, memodelkan fenomena periodik dengan fungsi trigonometri, dan membuktikan serta menerapkan identitas trigonometri. Mereka dapat memodelkan berbagai fenomena dengan fungsi rasional, fungsi akar, fungsi eksponensial, fungsi logaritma, fungsi nilai mutlak, fungsi tangga dan fungsi piecewise.

3) Tujuan Pembelajaran untuk Domain Geometri

Capaian Pembelajaran Domain: peserta didik dapat menyatakan sifat-sifat geometri dari persamaan (garis singgung, lingkaran, elips, parabola, hiperbola). Mereka menggunakan sistem koordinat untuk membuktikan sifat geometri sederhana secara aljabar.

4) Tujuan Pembelajaran untuk Domain Analisa Data dan Peluang

Capaian Pembelajaran Domain: peserta didik dapat menginterpretasi parameter distribusi data secara statistik (seragam, binomial dan normal), menghitung nilai harapan distribusi binomial dan normal dan menggunakannya dalam penyelesaian masalah,

5) Tujuan Pembelajaran untuk Domain Kalkulus

Capaian Pembelajaran Domain: peserta didik menerapkan konsep dasar kalkulus, yaitu limit, turunan dan integral dalam penyelesaian masalah.

D. Rasional Penyusunan Alur dan Tujuan Pembelajaran

Penyusunan Alur dan Tujuan Pembelajaran Matematika untuk Fase F+ Kelas 11 dan 12 SMA peminatan, ini dilakukan dengan cara menurunkan Capaian Pembelajaran Fase dari masing-masing domain menjadi tujuan pembelajaran yang merupakan tahapan-tahapan yang perlu dicapai sebelum siswa dapat mencapai capaian akhir yang diharapkan pada fase ini. Tujuan pembelajaran ini kemudian dikelompokkan untuk membentuk Unit Pembelajaran, di mana tujuan pembelajaran dapat berasal hanya dari domain yang sama atau dapat juga berasal dari lebih dua atau lebih domain yang berbeda tetapi saling berkaitan. ATP ini dimulai dengan unit mengenai Fungsi Trigonometri sebagai topik lanjutan dari topik yang telah dipelajari di kelas 10. Unit 2 masih mencakup tujuan pembelajaran dari domain Aljabar dan Fungsi, yaitu persamaan trigonometri, Unit 3 membahas tujuan pembelajaran dari domain Geometri yaitu irisan kerucut. Unit 4 kembali membahas tujuan pembelajaran dari domain Aljabar dan Fungsi, yaitu suku banyak (polynomial). Unit 5 sampai dengan unit 7 mencangkup tujuan pembelajaran dari domain Kalkulus yaitu limit, turunan, dan integral. Unit 8 membahas tujuan pembelajaran dari domain Bilangan yaitu bilangan kompleks, dan unit 10 mencangkup tujuan pembelajaran dari domain Analisa Data dan Peluang. Perkiraan total jumlah jam pelajaran yang dibutuhkan adalah 204 JP.

Untuk lebih detailnya lagi mengenai Silabus / Alur Tujuan Pembelajaran Matematika Peminatan Fase F (Kelas 11 dan 12 SMA) yang sesuai dengan Kurikulum Paradigma Baru / Kurikulum Prototipe / Kurikulum Sekolah Penggerak / Kurikulum 2022 / Kurikulum Merdeka silahkan download filenyanya di bawah.

Belum ada Komentar untuk " SILABUS / ALUR DAN TUJUAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PEMINATAN FASE F (KELAS 11 DAN 12 SMA) KURIKULUM 2022"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel