RPP Al-Quran Hadis kelas 7 MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : MTs ………..
Mata Pelajaran : Qur’an Hadis
Kelas/Semester : VII/Ganjil
Materi : Al-Qur’an dan Hadist sebagai Pedoman Hidupku
Tahun Pelajaran : 2017/2018
Alokasi Waktu : 10 x 40 Menit (5 pertemuan)
A. Kompetensi Inti:
C. Tujuan Pembelajaran
D. Materi Pembelajaran
1. Pengertian dan fungsi al-Quran dan Hadis
2. Cara memfungsikan al-Quran dan hadis
3. Cara mencintai al-Quran dan Hadis
4. Ciri-ciri perilaku orang yang mencintai al-Quran dan Hadis
E. Metode Pembelajaran
Mata Pelajaran : Qur’an Hadis
Kelas/Semester : VII/Ganjil
Materi : Al-Qur’an dan Hadist sebagai Pedoman Hidupku
Tahun Pelajaran : 2017/2018
Alokasi Waktu : 10 x 40 Menit (5 pertemuan)
A. Kompetensi Inti:
No
|
Kompetensi Inti
|
|
KI-1
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya | |
KI-2
|
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya | |
KI-3
|
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata | |
KI-4
|
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori |
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
Materi
Pokok
|
1.1 Meyakini al-Quran dan Hadis sebagai pedoman hidup
|
1.1.1
Meyakini Alquran dan dan Hadits sebagai pedoman
hidup
|
Al-Qur’an dan Hadist sebagai Pedoman
Hidupku
|
2.1 Memiliki
perilaku mencintai al Quran dan Hadis dalam kehidupan.
|
2.1.1
Berperilaku yang sesuai dengan al Quran dan Hadis
dalam kehidupan
|
|
3.1 Memahami kedudukan al-Quran dan Hadis
sebagai pedoman hidup umat manusia.
|
3.1.1
Menjelaskan pengertian dan fungsi al-Quran
3.1.2
Menjelaskan pengertian dan fungsi Hadits
3.1.3
Membedakan fungsi al-quran dan Hadis
|
|
4.1 Mempraktikkan cara
hidup yang sesuai dengan Al Qur’an dan hadis.
|
4.1.1 Menjelaskan
cara memfungsikan al-Quran dan Hadis dalam kehidupan
4.1.2 Menjelaskan
cara mencintai al-Quran dan Hadis
4.1.3 Menjelaskan
ciri perilaku orang yang mencintai al-Quran dan Hadis
|
Setelah mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan diharapkan peserta didik mampu menjelaskan pengertian dan fungsi al-Quran dan Hadis, membedakan fungsi keduanya dalam kehidupan, cara mencintainya dan juga mampu menjelaskan perilaku seseorang yang mencintai al-Quran dan Hadis Dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
D. Materi Pembelajaran
1. Pengertian dan fungsi al-Quran dan Hadis
2. Cara memfungsikan al-Quran dan hadis
3. Cara mencintai al-Quran dan Hadis
4. Ciri-ciri perilaku orang yang mencintai al-Quran dan Hadis
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Penugasan
F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris
G. Sumber Belajar:
1. Al-Quran dan Terjemahnya
2. Buku Guru dan buku Siswa Mata pelajaran Qur’an Hadits MTs. Kls VII
3. Internet
4. Buku-buku lain yang relevan
H. Langkah-langkah Pembelajaran
3. Metode : Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Penugasan
F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris
1. Al-Quran dan Terjemahnya
2. Buku Guru dan buku Siswa Mata pelajaran Qur’an Hadits MTs. Kls VII
3. Internet
4. Buku-buku lain yang relevan
H. Langkah-langkah Pembelajaran
1 . Pertemuan Ke-1 ( 2 x 40
menit )
|
Waktu
|
|||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran (PPK
Religius)
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya,
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan. (Berpikir Kritis)
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
v Apabila materi/tema/projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta
didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
®
Al-Qur’an dan Hadis sebagai pedoman hidup umat
manusia
v
v Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan
KKM pada pertemuan yang berlangsung (Literasi dan Komunikatif)
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit
|
|||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan Inti
|
60
menit
|
|||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
Guru :
|
10
menit
|
2 . Pertemuan Ke-2 ( 2 x 40
menit )
|
Waktu
|
||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran (PPK
Religius)
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya,
®
Al-Qur’an dan Hadis sebagai pedoman hidup umat manusia
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan. (Berpikir Kritis)
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
v Apabila materi/tema/projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta
didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
®
Pengertian al-Quran dan Hadis
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan
KKM pada pertemuan yang berlangsung (Literasi dan Komunikatif)
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit
|
||||||||||||
Kegiatan Inti
|
60
menit
|
||||||||||||
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
Guru :
|
10
menit
|
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
- Pilihan ganda
- Uraian/esai
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
- Pilihan ganda
- Uraian/esai
2) Tes Lisan
· Tes lisan pemaparan materi dari pemahaman siswa.
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
· Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
· Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
· Terlampir
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
………, 17 Juli 2017
Mengetahui
Kepala MTs Guru Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
Catatan Kepala Sekolah
...................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
· Tes lisan pemaparan materi dari pemahaman siswa.
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
· Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
· Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
· Terlampir
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
- Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
- Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
b. Pengayaan
- Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
- Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
- Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
………, 17 Juli 2017
Mengetahui
Kepala MTs Guru Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
Catatan Kepala Sekolah
...................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Untuk mendapatkan RPP al-Quran hadis Bab 1 (satu) semester ganjil kelas VII MTs full lima pertemuan dalam versi file silahkan klik halaman ini.