Silabus Matematika Kelas II SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
Pelaksanaan pembelajaran di SD/MI dilakukan dengan pendekatan pembelajaran tematik-terpadu kecuali untuk mata pelajaran Matematika dan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) sebagai mata pelajaran yang berdiri sendiri untuk kelas IV, V, dan VI. Silabus Tematik Terpadu SD/MI disusun terpisah dengan dokumen ini sebagai acuan dalam menyusun perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan di sekolah. Dengan demikian, bagi guru yang ingin menyusun sendiri pembelajaran tematik terpadu, dapat menggunakan dokumen Silabus Mata Pelajaran Matematika SD/MI ini dan silabus mata pelajaran lainnya di SD sebagai acuan
Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi siswa.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.
Berikut ini merupakan Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan Mata Pelajaran Matematika kelas II SD/MI revisi 2017.
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran |
Siswa mampu:
3.1
Menjelaskan makna bilangan cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai
tempat dengan menggunakan model konkret serta cara membacanya
4.1 Membaca
dan menyajikan bilangan cacah dan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan
menggunakan model konkret
|
Lambang bilangan dan nilai
tempat
|
·
Menuliskan berbagai bentuk bilangan sampai
999
·
Menentukan
suatu bilangan yang sudah
diketahui nilai tempatnya.
·
Mengidentifikasi
nilai tempat pada suatu
bilangan tertentu
·
Menyajikan dan melaporkan hasil membentuk
bilangan berdasarkan ciri nilai-nilai tempatnya
·
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan lambang bilangan dan nilai tempat
|
Siswa mampu:
3.2
Membandingkan dua bilangan cacah
4.2
Mengurutkan bilangan-bilangan dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar
atau sebaliknya
|
Membandingkan dan mengurutkan bilangan
·
Menentukan lebih kecil, lebih besar, atau sama dengan (<,>,= )
·
Mengurutkan
bilangan dari yang terkecil ke terbesar atau
sebaliknya.
|
·
Menentukan
benda yang paling banyak atau paling sedikit
·
Membandingkan
dan mengurutkan gambar sekumpulan benda-benda bedasarkan jumlahnya
·
Mengurutkan
beberapa bilangan sampai tiga angka
·
Membuat urutan bilangan dari yang
terbesar ke terkecil jika diberikan urutan bilangan dari terkecil ke terbesar
·
Mempresentasikan, mendemonstrasikan, atau memperagakan cara membentuk bilangan
dan mengurutkan bilangan dari sejumlah bilangan yang diberikan
·
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan membandingkan dan mengurutkan bilangan
|
Siswa mampu:
3.3
Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang
melibatkan bilangan cacah sampai dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta
mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
4.3
Menyelesaikan masalah penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan
bilangan cacah sampai dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan
penjumlahan dan pengurangan
|
Penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah
·
Penjumlahan bentuk panjang
·
Penjumlahan bersusun ke bawah
·
Pengurangan bentuk panjang
·
Pengurangan bersusun ke bawah
·
Penjumlahan dengan menyimpan
·
Pengurangan dengan
teknik meminjam
|
·
Menjumlahkan
dan mengurangkan bilangan dengan menggunakan simbol +, -, atau = dalam pengerjaan hitung
bilangan.
·
Menjumlah
dua bilangan tanpa teknik menyimpan
·
Menyusun
berbagai pasangan bilangan pada penjumlahan dua bilangan yang diketahui
jumlahnya tertentu
·
Mengubah
kalimat penjumlahan ke bentuk pengurangan atau sebaliknya
·
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pengurangan bilangan cacah sampai dengan 999
·
Menyajikan
penyelesaian masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan
bilangan bulat sampai dengan 999
|
Siswa mampu:
3.4
Menjelaskan perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan
hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan
perkalian dan pembagian
4.4
Menyelesaikan masalah perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah
dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta
mengaitkan perkalian dan pembagian
|
Perkalian dan pembagian bilangan cacah
|
·
Mengamati
operasi penjumlahan berulang
·
Menyimpulkan
bahwa perkalian sebagai penjumlahan berulang
·
Membuat
contoh penjumlahan berulang dan menggantikannya menjadi operasi perkalian
·
Menyelesaikan
soal cerita yang menggunakan tokoh dan isi cerita yang berhubungan dengan
perkalian
·
Mengamati
operasi pengurangan berulang
·
Menyimpulkan
pembagian sebagai pengurangan berulang.
·
Mengerjakan
soal yang berhubungan dengan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian
dan pembagian
·
Menyelesaikan soal cerita yang terkait
dengan perkalian atau pembagian ke dalam bentuk gambar/diagram
·
Menyajikan hasil
penyelesaian masalah yang berkaitan dengan perkalian dan pembagian
|
Siswa mampu:
3.5
Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang
4.5
Mengurutkan nilai mata uang serta mendemonstrasikan berbagai kesetaraan
pecahan mata uang
|
Uang:
·
Uang kertas
·
Uang logam
|
·
Mengenal
uang logam dan uang kertas
·
Mengenal
jenis pecahan uang yang biasa digunakan sehari-hari seperti pecahan 50, 100,
500, 1000, 5000, dan 10000 rupiah
·
Mendemonstrasikan secara lisan dan tulisan
cara mengurutkan berbagai nilai mata uang
·
Mendemonstrasikan secara lisan dan tulisan
cara menentukan kesetaraan berbagai pecahan mata uang
·
Menyelesaikan soal cerita penggunaan uang
ke dalam bentuk gambar/diagram
·
Mendemonstrasikan penggunaan uang dalam bentuk
bermain peran sebagai penjual dan pembeli
|
Siswa mampu:
3.6
Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam
satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
4.6 Melakukan
pengukuran panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang
berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
|
Satuan baku:
·
Panjang
·
Berat
·
Waktu
|
·
Mengamati
berbagai alat ukur sehari-hari (penggaris, meteran, roll meter) untuk menentukan
panjang benda dari lingkungan sekitar
·
Mengamati berbagai alat ukur sehari-hari
(neraca, timbangan, timbangan duduk/gantung) untuk menentukan berat benda
dari lingkungan sekitar
·
Mengamati demontrasi mengukur lama suatu
aktivitas dengan menggunakan alat ukur waktu (stopwatch, jam analog/digital)
·
Menyajikan penyelesaian
masalah yang terkait dengan panjang, berat, dan waktu dalam satuan baku,
·
Menyelesaikan soal cerita penggunaan alat
ukur dan satuan pengukuran panjang, berat dan waktu ke dalam bentuk gambar/diagram
|
Siswa mampu:
3.7
Menjelaskan pecahan 1/2, 1/3 , dan 1/4 menggunakan benda-benda konkret dalam
kehidupan sehari-hari
4.7 Menyajikan pecahan 1/2, 1/3 ,
dan 1/4 yang bersesuaian dengan bagian dari keseluruhan suatu benda konkret
dalam kehidupan sehari-hari
|
Pecahan sederhana:
|
·
Mengamati
berbagai benda (kue, buah, atau bidang dua dimensi) yang dipotong menjadi
beberapa bagian yang sama
·
Menggabungkan
potongan-potongan benda yang berbentuk dan berukuran sama
menjadi satu benda yang utuh
·
Menyatakan
nilai pecahan ”setengah”, ”sepertiga”, dan
”seperempat” ke dalam berbagai bentuk gambar dan sebaliknya
·
Menentukan
dan menuliskan letak pecahan setengah, sepertiga, dan seperempat pada garis
bilangan
·
Menyelesaikan
soal cerita yang berhubungan dengan pecahan sederhana
|
Siswa mampu:
3.8 Menjelaskan ruas garis dengan
menggunakan model konkret bangun datar dan bangun ruang
4.8 Mengidentifikasi ruas garis
dengan menggunakan model konkret bangun datar dan bangun ruang
|
Ruas garis
|
·
Mengidentifikasi ruas garis dalam ruangan
kelas atau benda-benda ruang yang ada di sekitarnya
·
Menarik
garis dari dua titik pada bangun
datar dan bangun ruang
·
Mengidentifikasi
ruas garis pada bangun datar dan bangun ruang (diagonal sisi, diagonal ruang,
dan ruas garis lainnya)
·
Menentukan
nama ruas garis-ruas garis pada bangun datar dan bangun ruang
·
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan ruas garis pada bangun datar dan bangun ruang sederhana
|
Siswa mampu:
3.9 Menjelaskan bangun datar dan
bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya
4.9 Mengklasifikasi bangun datar
dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya
|
Bangun datar, bangun ruang sederhana, dan ciri-cirinya
|
·
Menggambar
atau membentuk berbagai bangun datar sederhana menggunakan karet/benang dan
papan berpaku
·
Menunjukkan
bagian unsur-unsur yang membentuk segitiga, segiempat, segilima, dan segienam beraturan
(sisi, sudut)
·
Menyebutkan
banyak sisi dan sudut bangun datar
·
Mengelompokkan
sekumpulan bangun datar berdasarkan ciri-cirinya
·
Menunjukkan
unsur-unsur pembentuk bangun ruang (rusuk,sisi, sudut)
·
Menyebutkan
banyak rusuk,sisi, dan sudut yang terdapat pada bangun ruang sederhana
·
Mengelompokkan
sekumpulan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya
·
Mengidentifikasi suatu bangun datar atau
bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya
·
Menyelesaikan soal cerita yang terkait
dengan bangun datar dan bangun ruang beserta ciri-cirinya
|
Siswa mampu:
3.10 Menjelaskan pola barisan bangun
datar dan bangun ruang menggunakan gambar atau benda konkret
4.10 Memprediksi pola barisan bangun
datar dan bangun ruang menggunakan gambar atau benda konkret
|
Pola barisan bangun datar dan bangun ruang
|
·
Mengamati
pola barisan bangun datar dan bangun ruang
·
Menemukan
berbagai pola yang mungkin dari sekumpulan atau barisan bangun datar dan
bangun ruang
·
Membuat
berbagai bentuk barisan yang dapat dibentuk dari sekumpulan bangun datar dan
bangun ruang
·
Membuat
pola baru berdasarkan pola yang sudah ada dari sekumpulan bangun datar dan
bangun ruang
·
Menggunakan
konsep pola barisan bangun datar dan bangun ruang dalam menyelesaikan masalah
|
Untuk mendapatkan Silabus matematika kelas II SD/MI full untuk satu tahun dua semester versi file silahkan klik halaman ini.