>

RPP Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII Kurikulum 2013 Revisi 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (RPP) 
Satuan Pendidikan : MTs
Mata Pelajaran : SKI
Kelas / Semester : VIII/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2017/2018
Materi Pokok : Sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyah
Alokasi Waktu : 8 JP (4 Pertemuan)

A. Kompetensi Inti
No
Kompetensi Inti
KI-1
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1.1     Menghayati ibrah atau nilai positif dari proses berdirinya Dinasti Abbasiyah
1.1.1     Pembiasaan mengambil Ibrah atau nilai-nilai dari proses berdirinya Dinasti Abbasiyah
2.1     Menunjukkan sikap bijaksana sebagai implementasi dari pemahaman mengenai sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyah
2.1.1     Pembiasaan sikap bijaksana sebagai implementasi dari pemahaman mengenai sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyah
3.1     Memahami sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyah.
3.1.1     Menjelaskan Sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyah.
3.1.2     Mengidentifikasi faktor pendukung sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyah
3.1.3     Mengidentifikasi proses terbentuknya sejarah Dinasti Abbasiyah
4.1     Menceritakan silsilah kekhalifahan Dinasti Abbasiyah
4.1.1     Menampilkan tokoh-tokoh yang berperan dalam sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyah.
4.1.2     Menyebutkan silsilah kekhalifahan Dinasti Abbasiyah.
4.1.3     Menyebutkan nama–nama khalifah dinasti Abbasiyah
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning dan pendekatan saintifik, peserta didik diharapkan mampu Menghayati upaya Dinasti Bani Abbasiyah mendirikan Daulah merupakan bagian dari perkembangan kebudayaan Islam, Menghargai nilai-nilai positif dari khalifah Dinasti Bani Abbasiyah yang menonjol, Menghargai keteladanan yang berupa ketekunan dan kegigihan khalifah Dinasti Bani Abbasiyah yang terkenal, Memahami latar belakang berdirinya Dinasti Bani Abbasiyah serta mampu Menceritakan silsilah kekhalifahan Dinasti Abbasiyah dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik

D. Materi Pembelajaran
1. Fakta:
  • Dinasti Abbasiyah 
2. Konsep
  • Menjelaskan Sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyah. 
  • Mengidentifikasi faktor pendukung sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyah 
  • Mengidentifikasi proses terbentuknya sejarah Dinasti Abbasiyah. 
3. Prinsip
  • Pembiasaan mengambil Ibrah atau nilai-nilai dari proses berdirinya Dinasti Abbasiyah 
  • Pembiasaan sikap bijaksana sebagai implementasi dari pemahaman mengenai sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyah 
4. Prosedur
  • Menampilkan tokoh-tokoh yang berperan dalam sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyah. 
  • Menyebutkan silsilah kekhalifahan Dinasti Abbasiyah. 
  • Menyebutkan nama–nama khalifah dinasti Abbasiyah 
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode pembelajaran : Ceramah, Diskusi,Tanya Jawab, Penugasan

F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran

1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang (slide power point)
4. Worksheet atau lembar kerja (siswa)
5. Perpustakaan sekolah
6. Whiteboard
7. Spidol

G. Sumber Belajar

1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Siswa Mata Pelajaran Sejarah kebudayaan Islam.Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
3. Modul/bahan ajar,
4. internet,
5. Sumber lain yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
1 . Pertemuan Ke-1 ( 2 x 40 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran (PPK Religius)
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. (Berpikir Kritis)
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
®        Keruntuhan dinasti bani umayyah
®        Faktor runtuhnya dinasti bani umayyah
®        Latar belakang berdirinya dinasti abbasiyah
®        Proses berdirinya dinasti abbasiyah
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung (Literasi dan Komunikatif)
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
10
menit
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi peserta didik kepada masalah
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
®         Keruntuhan dinasti bani umayyah
®         Faktor runtuhnya dinasti bani umayyah
®         Latar belakang berdirinya dinasti abbasiyah
®         Proses berdirinya dinasti abbasiyah
dengan cara :
v  Mengamati (Literasi)
Peserta didik diminta untuk mengamati lembar kerja,gambar/video pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan:
®         Keruntuhan dinasti bani umayyah 
®         Faktor runtuhnya dinasti bani umayyah
®         Latar belakang berdirinya dinasti abbasiyah
®         Proses berdirinya dinasti abbasiyah
v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan 
®         Keruntuhan dinasti bani umayyah
®         Faktor runtuhnya dinasti bani umayyah
®         Latar belakang berdirinya dinasti abbasiyah
®         Proses berdirinya dinasti abbasiyah
v  Mendengar
Peserta didik diminta untuk mendengarkan pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan:
®         Keruntuhan dinasti bani umayyah
®         Faktor runtuhnya dinasti bani umayyah
®         Latar belakang berdirinya dinasti abbasiyah
®         Proses berdirinya dinasti abbasiyah
v  Menyimak,
Peserta didik diminta untuk menyimak penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
®         Keruntuhan dinasti bani umayyah
®         Faktor runtuhnya dinasti bani umayyah
®         Latar belakang berdirinya dinasti abbasiyah
®         Proses berdirinya dinasti abbasiyah
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan peserta didik
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang : (HOTS)
®         Keruntuhan dinasti bani umayyah
®         Faktor runtuhnya dinasti bani umayyah
®         Latar belakang berdirinya dinasti abbasiyah
®         Proses berdirinya dinasti abbasiyah
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Membaca sumber lain selain buku teks, (Literasi TIK)
Mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah atau internet untuk mencari dan membaca artikel tentang
®         Keruntuhan dinasti bani umayyah
®         Faktor runtuhnya dinasti bani umayyah
®         Latar belakang berdirinya dinasti abbasiyah
®         Proses berdirinya dinasti abbasiyah
v  Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusi masalah terkait materi pokok yaitu
®         Keruntuhan dinasti bani umayyah
®         Faktor runtuhnya dinasti bani umayyah
®         Latar belakang berdirinya dinasti abbasiyah
®         Proses berdirinya dinasti abbasiyah
v  Mendiskusikan
®         Peserta didik diminta membuat kelompok diskusi yang terdiri dari 3-5 orang untuk mendiskusikan latar belakag dan proses berdirinya dinasti abbasiyah
v  Saling tukar informasi tentang  :
®         Keruntuhan dinasti bani umayyah
®         Faktor runtuhnya dinasti bani umayyah
®         Latar belakang berdirinya dinasti abbasiyah
®         Proses berdirinya dinasti abbasiyah
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
®         Keruntuhan dinasti bani umayyah
®         Faktor runtuhnya dinasti bani umayyah
®         Latar belakang berdirinya dinasti abbasiyah
®         Proses berdirinya dinasti abbasiyah
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
®         Keruntuhan dinasti bani umayyah
®         Faktor runtuhnya dinasti bani umayyah
®         Latar belakang berdirinya dinasti abbasiyah
®         Proses berdirinya dinasti abbasiyah
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:
®         Keruntuhan dinasti bani umayyah
®         Faktor runtuhnya dinasti bani umayyah
®         Latar belakang berdirinya dinasti abbasiyah
®         Proses berdirinya dinasti abbasiyah
v  informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
®         Keruntuhan dinasti bani umayyah
®         Faktor runtuhnya dinasti bani umayyah
®         Latar belakang berdirinya dinasti abbasiyah
®         Proses berdirinya dinasti abbasiyah
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
®         Keruntuhan dinasti bani umayyah
®         Faktor runtuhnya dinasti bani umayyah
®         Latar belakang berdirinya dinasti abbasiyah
®         Proses berdirinya dinasti abbasiyah
60
menit
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan. (Literasi)
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
  • Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
10
menit
2 . Pertemuan Ke-2 ( 2 x 40 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran (PPK Religius)
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
®        Keruntuhan dinasti bani umayyah
®        Faktor runtuhnya dinasti bani umayyah
®        Latar belakang berdirinya dinasti abbasiyah
®        Proses berdirinya dinasti abbasiyah
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. (Berpikir Kritis)
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
®        Tokoh pendiri dinasti abbasiyah
®        Silsilah khalifah dinasti abbasiyah
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung (Literasi dan Komunikatif)
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
10
menit
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi peserta didik kepada masalah
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
®         Tokoh pendiri dinasti abbasiyah
®         Silsilah khalifah dinasti abbasiyah
dengan cara :
v  Mengamati (Literasi)
Peserta didik diminta untuk mengamati lembar kerja,gambar/video pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan:
®         Tokoh pendiri dinasti abbasiyah 
®         Silsilah khalifah dinasti abbasiyah
v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan 
®         Tokoh pendiri dinasti abbasiyah
®         Silsilah khalifah dinasti abbasiyah
v  Mendengar
Peserta didik diminta untuk mendengarkan pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan:
®         Tokoh pendiri dinasti abbasiyah
®         Silsilah khalifah dinasti abbasiyah
v  Menyimak,
Peserta didik diminta untuk menyimak penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
®         Tokoh pendiri dinasti abbasiyah
®         Silsilah khalifah dinasti abbasiyah
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan peserta didik
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang : (HOTS)
®         Tokoh pendiri dinasti abbasiyah
®         Silsilah khalifah dinasti abbasiyah
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Membaca sumber lain selain buku teks, (Literasi TIK)
Mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah atau internet untuk mencari dan membaca artikel tentang
®         Tokoh pendiri dinasti abbasiyah
®         Silsilah khalifah dinasti abbasiyah
v  Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusi masalah terkait materi pokok yaitu
®         Tokoh pendiri dinasti abbasiyah
®         Silsilah khalifah dinasti abbasiyah
v  Aktivitas
®         Peserta didik diminta menganalisis tokoh pendiri dinasti abbasiyah
®         Peserta didik diminta mengklasifikasikan khalifah-khalifah yang berjasa besar bagi kejayaan dinasti abbasiyah
®         Peserta didik diminta menyebutkan atau menuliskan silsilah khalifah dinasti abbasiyah
v  Saling tukar informasi tentang  :
®         Tokoh pendiri dinasti abbasiyah
®         Silsilah khalifah dinasti abbasiyah
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
®         Tokoh pendiri dinasti abbasiyah
®         Silsilah khalifah dinasti abbasiyah
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
®         Tokoh pendiri dinasti abbasiyah
®         Silsilah khalifah dinasti abbasiyah
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:
®         Tokoh pendiri dinasti abbasiyah
®         Silsilah khalifah dinasti abbasiyah
v  informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
®         Tokoh pendiri dinasti abbasiyah
®         Silsilah khalifah dinasti abbasiyah
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
®         Tokoh pendiri dinasti abbasiyah
®         Silsilah khalifah dinasti abbasiyah
60
menit
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan. (Literasi)
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
  • Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
10
menit
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
  • a) Pilihan ganda 
  • b) Uraian/esai 
2) Tes Lisan
  • Tes lisan pemaparan materi dari pemahaman siswa. 
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
  • Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok 
  • Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok 
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk, 

2. Instrumen Penilaian
Terlampir
d. Pertemuan Keempat (Terlampir) 

3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
  • Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar 
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut. 
b. Pengayaan 
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar. 
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik. 
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya 



                                                                                           …………, 17 Juli 2017
Mengetahui
Kepala MTs                                                                      Guru Mata Pelajaran


……………………………………                             …………………………………….
NIP/NRK.                                                                    NIP/NRK.



Catatan Kepala Sekolah
...................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Bagi yang membutuhkan RPP Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas VIII Semester 1 Babi lengkap dalam bentuk file silahkan kunjungi halaman disini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel