Alur dan Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IX SMP Fase D
A. Pada fase D ini, peserta didik Mampu :
Pada akhir fase D, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan, konteks sosial, dan akademis. Peserta didik mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi paparan tentang topik yang beragam dan karya sastra. Peserta didik mampu berpartisipasi aktif dalam diskusi, mempresentasikan, dan menanggapi informasi nonfiksi dan fiksi yang dipaparkan; Peserta didik menulis berbagai teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur, dan menuliskan tanggapannya terhadap paparan dan bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya. Peserta didik mengembangkan kompetensi diri melalui pajanan berbagai teks untuk penguatan karakter.
B. Capaian Pembelajaran Berdasarkan Elemen
Menyimak
Peserta didik mampu menganalisis dan memaknai informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang tepat dari berbagai jenis teks (nonfiksi dan fiksi) audiovisual dan aural dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara.
Peserta didik mampu mengeksplorasi dan mengevaluasi berbagai informasi dari topik aktual yang didengar.
Membaca dan Memirsa
Peserta didik memahami informasi berupa gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari berbagai jenis teks misalnya teks deskripsi, narasi, puisi, eksplanasi dan eksposisi dari teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat. Peserta didik menginterpretasikan informasi untuk mengungkapkan simpati, kepedulian, empati atau pendapat pro dan kontra dari teks visual dan audiovisual. Peserta didik menggunakan sumber informasi lain untuk menilai akurasi dan kualitas data serta membandingkan informasi pada teks.
Peserta didik mampu mengeksplorasi dan mengevaluasi berbagai topik aktual yang dibaca dan dipirsa.
Berbicara dan Mempresentasikan
Peserta didik mampu menyampaikan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan untuk tujuan pengajuan usul, pemecahan masalah, dan pemberian solusi secara lisan dalam bentuk monolog dan dialog logis, kritis, dan kreatif. Peserta didik mampu menggunakan dan memaknai kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan untuk berbicara dan menyajikan gagasannya. Peserta didik mampu menggunakan ungkapan sesuai dengan norma kesopanan dalam berkomunikasi. Peserta didik mampu berdiskusi secara aktif, kontributif, efektif, dan santun. Peserta didik mampu menuturkan dan menyajikan ungkapan simpati, empati, peduli, perasaan, dan penghargaan dalam bentuk teks informatif dan fiksi melalui teks multimoda. Peserta didik mampu mengungkapkan dan mempresentasikan berbagai topik aktual secara kritis.
Menulis
Peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif. Peserta didik juga menuliskan hasil penelitian menggunakan metodologi sederhana dengan mengutip sumber rujukan secara etis.
Menyampaikan ungkapan rasa simpati, empati, peduli, dan pendapat pro/kontra secara etis dalam memberikan penghargaan secara tertulis dalam teks multimodal. Peserta didik mampu menggunakan dan mengembangkan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan untuk menulis. Peserta didik menyampaikan tulisan berdasarkan fakta, pengalaman, dan imajinasi secara indah dan menarik dalam bentuk prosa dan puisi dengan penggunaan kosa kata secara kreatif.
C. Tujuan Pembelajaran
BAB I Demi Keluarga
Peserta didik memahami pentingnya keluarga melalui berbagai kegiatan dengan teks deskripsi, serta berlatih memahami isi, sudut pandang, dan konjungsi dalam teks deskripsi. Peserta didik juga menyimak konjungsi dalam teks deskripsi berupa lirik lagu, menggunakan kosakata serapan bahasa asing dan bahasa daerah. Selanjutnya, peserta didik menilai kohesi, koherensi, dan memahami deskripsi visual melalui infografik.
BAB II Buku-Buku Berbicara
Pada bab ini, peserta didik diharapkan mampu mengembangkan wawasan tentang kesukarelawanan, berlatih mengubah petikan cerpen menjadi teks prosedur dan menelaah proses penyerapan kosakata bahasa Indonesia. Peserta didik juga mendapatkan informasi dari teks prosedur dan infografik, membaca nyaring teks bertema buku, serta mempraktikkan prosedur membuat poster. Setelah itu, peserta didik mempraktikkan prosedur wawancara, memerinci teks prosedur, menyimak video atau teks prosedur yang dibacakan, dan mempraktikkan prosedur menulis esai.
Bab III Komunikasi Ujung Jari
Setelah mempelajari bab ini, kalian dapat mengetahui sejarah perkembangan teknologi komunikasi, juga memahami informasi dalam teks rekon, membedakan fakta, opini, dan asumsi dalam teks rekon. Selanjutnya, kalian mengelaborasi teks rekon dalam diskusi, menyimak rekon dalam bentuk video, dan mencermati kosakata teks rekon dalam media sosial. Setelah itu, kalian berlatih menggunakan kamus, mengenali dan menggunakan kosakata serapan dalam teks rekon, dan menulis surat atau email tanggapan menggunakan teks rekon.
Bab IV Dari Hobi Menjadi Pundi-Pundi
Setelah mempelajari bab ini, kalian diharapkan mengembangkan ide wirausaha, dapat menganalisis teks eksplanasi, dan mencermati teks eksplanasi dalam pidato. Kalian juga mengevaluasi aspek eksplanasi pada poster, mendapatkan informasi dari teks eksplanasi, serta menyimak penjelasan sebab akibat melalui video. Berikutnya, kalian menggunakan teks eksplanasi dalam presentasi dan menggunakan teks eksplanasi dalam rancangan promosi.
Bab V Menuju Laut
Pada bab ini kalian mendapatkan wawasan tentang kekayaan laut Indonesia, memaknai teks laporan, menyimak video reportase, menulis laporan analisis visual poster, melaporkan hasil diskusi melalui presentasi, dan melaporkan hasil analisis puisi.
Bab VI Merencanakan Masa Depan
Pada bab ini, kalian berlatih merencanakan masa depan, membuat kesimpulan berdasarkan bacaan, menyampaikan argumentasi dalam diskusi, dan menggunakan kalimat pengandaian dalam diskusi. Kalian juga menemukan pesan teks argumentasi, memerinci argumentasi dalam infografik, memanfaatkan peta pikiran dalam menyampaikan argumentasi, serta menyimak dan menemukan pesan lagu.
Untuk mendapatkan Alur dan Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IX SMP Fase D dalam bentuk PDF silahkan download filenya di bawah ini.
Bagi para rekan guru yang ingin memesan Modul ajar lengkapnya silahkan pesan DISINI
Belum ada Komentar untuk " Alur dan Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IX SMP Fase D"
Posting Komentar