RPP IPA Kelas 7 SMP Revisi 2017 Tahun Pelajaran 2018/2019 Terbaru
RPP IPA kelas 7 SMP Revisi 2017 |
Dalam rangka menyambut tahun pelajaran baru 2018/2019 berikut ini saya bagikan Rencana pelaksanaan Pembelajaran mata pelajarn Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas 7 SMP/MTs kurikulum 2013 revisi 2017 untuk tahun pelajaran 2018/2019 terbaru.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMPN/S
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VII/Ganjil
Materi Pokok : Objek IPA dan Pengamatannya
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 15 JP (6 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang / teori
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang / teori
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi (IPK)
Kompetensi
Dasar (KD) Keterampilan
|
|
3.1
Menerapkan
konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri sendiri, makhluk hidup
lain, dan benda-benda di sekitar serta pentingnya penggunaan satuan standar
(baku) dalam pengukuran.
|
4.1 Menyajikan
data hasil pengukuran dengan alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, makhluk
hidup lain, dan benda-benda di sekitar dengan menggunakan satuan tak baku dan
satuan baku
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK) Pengetahuan
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
Keterampilan
|
3.1.1 Menjelaskan 3
keterampilan proses penyelidikan IPA
3.1.2 Menjelaskan
Kegunaan mempelajari IPA
3.1.3 Meyebutkan
objek yang di pelajari IPA
3.1.4 Menjelaskan
pengertian pengukuran
3.1.5 Menyebutkan
hal yang dapat di ukur (bukan besaran
3.1.6 Membandingkan
satuan baku dan tidak baku
3.1.7 Memahami
kegunaan satuan baku dalam pengukuran
3.1.8 Mengkonversi
satuan dalam SI (Sistem Internasional)
3.1.9 Menjelaskan
pengertian besaran pokok
3.1.10 Menyebutkan
macam-macam besaran pokok beserta satuanya
3.1.11 Menjelaskan
pengertian besaran turunan
3.1.12 Menyebutkan
macam-macam besaran turunan beserta satuanya
|
4.1.1
Menyajikan hasil pengatamatan, inferensi, dan
mengkomunikasikan hasil
4.1.2
Melakukan pengukuran dengan satuan baku
4.1.3
Melakukan pengukuran besaran-besaran panjang,
massa, waktu dengan alat ukur yang sering di jumpai dalam kehidupan
sehari-hari
4.1.4
Melakukan pengukuran besaran-besaran turunan
sederhana yang sering di jumpai dalam kehidupan sehari-hari
|
C.
Tujuan
Pembelajaran:
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik
diharapkan dapat:
·
Menjelaskan tiga komponen keterampilan proses/metode ilmiah
penyelidikan IPA (pengamatan, inferensi, dan komunikasi) berdasarkan
kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan.
·
Menjelaskan kegunaan mempelajari IPA.
·
Menyebutkan objek yang dipelajari dalam IPA.
·
Dapat menjelaskan pengertian pengukuran.
·
Menyebutkan hal yang dapat diukur (besaran)
dan tidak dapat diukur (bukan besaran).
·
Membandingkan satuan baku dan tidak baku.
·
Memahami kegunaan satuan baku dalam
pengukuran.
·
Mengkonversi satuan dalam SI (Sistem
Internasional).
·
Menjelaskan
pengertian besaran pokok.
·
Menyebutkan macam-macam besaran pokok beserta
satuannya.
·
Menjelaskan pengertian besaran turunan.
·
Menyebutkan macam-macam besaran turunan
beserta satuannya.
·
Menyajikan hasil pengamatan, inferensi, dan
mengomunikasikan hasil melalui kegiatan “Mengamati Temanmu” dan “Kerja dalam
IPA”.
·
Melakukan pengukuran dengan satuan tidak
baku.
·
Melakukan pengukuran besaran-besaran panjang,
massa, waktu dengan alat ukur yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
·
Melakukan pengukuran besaran-besaran turunan
sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
Dengan penuh rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab,
displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang
menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif
(kreatif), serta mampu berkomukasi dan
bekerjasama dengan baik
D. Materi Pembelajaran
1. Materi pembelajaran regular
Ø Fakta
· Objek yang
dipelajari dalam IPA meliputi seluruh benda di alam dengan segala interaksinya
untuk dipelajari pola-pola keteraturannya.
· Manfaat
mempelajari IPA dalam kehidupan
Ø Konsep
· Pengukuran
· Besaran dan
satuan
· Besaran pokok
· Besaran turunan
Ø Prinsip
· Metode ilmiah
· Satuan baku
Ø Prosedur
· Melakukan
pengamatan objek IPA dengan menggunakan metode ilmiah
· Melakukan
konversi dalam satuan SI
2. Materi pembelajaran remedial
·
Besaran pokok
dan turunan
3. Materi pembelajaran pengayaan
· Satuan
baku dan tidak baku
E. Metode Pembelajaran:
1.
Pendekatan : Scientific Learning
2. Model
Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode
Pembelajaran : Ceramah, Diskusi
dan Penugasan
F. Media/alat, Bahan,
dan Sumber Belajar
1.
Media/alat:
a.
Media LCD projector,
b.
Laptop,
c.
Speaker aktif
d.
Bahan Tayang
2.
Bahan:
a.
Kertas Saring
b.
Gelas Beaker
c.
Spidol Hitam
d.
Air Mineral
e.
Kertas milimeter block
f.
Penjepit
g.
Pensil
3. SumberBelajar:
1.
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2017.
Buku Siswa Mata Pelajaran IPA.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2017.
Buku Guru Mata Pelajaran IPA.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3.
Sumber
lain yang relevan
G.
Langkah-langkahPembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 3 x 40 menit )
|
Waktu
|
||||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi (Menunjukkan sikap disiplin
sebelum memulai proses pembelajaran, menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianut (Karakter) serta membiasakan membaca dan memaknai (Literasi).
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran (PPK:Religius)
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin (PPK: Disiplin)
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan
pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya.
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
v Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat
menjelaskan tentang:
§ Penyelidikan IPA
-
Metode Ilmiah dalam Penyelidikan IPA
-
Kegunaan Mempelajari IPA
-
Objek yang Di pelajari dalam IPA
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan
KKM pada pertemuan yang berlangsung (Literasi dan Komunikatif)
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
15
menit
|
||||||||||||||
Kegiatan
Inti
|
90
menit
|
||||||||||||||
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
Guru :
|
15
menit
|
Pertemuan ke dua sampai ke enam silahkan klik disini
H.
Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik
Penilaian
a.
Penilaian Kompetensi
Pengetahuan
1)
Tes
Tertulis
a)
Pilihan ganda
b)
Uraian/esai
2)
Tes
Lisan
© Tes lisan pemaparan materi dari pemahaman siswa.
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek,
pengamatan, wawancara’
© Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang
materi pokok
© Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
2) Portofolio /
unjuk kerja
3) Produk,
2. Instrumen
Penilaian
a.
Pertemuan
Pertama (Terlampir)
b.
Pertemuan Kedua
(Terlampir)
c.
Pertemuan Ketiga
(Terlampir)
d.
Pertemuan
Keempat (Terlampir)
e.
Pertemuan Kelima
(Terlampir)
f.
Pertemuan Keenam
(Terlampir)
3. Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
a.
Remedial
v Remidial dapat
diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta
didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial
karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
v Guru memberi
semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan
Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM
(Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
© Besaran pokok
dan turunan
b.
Pengayaan
v Pengayaan
diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran
yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau
mencapai Kompetensi Dasar.
v Pengayaan dapat
ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
v Direncanakan
berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih
luas misalnya
© Satuan baku dan
tidak baku
……………, 16 Juli 2018
Mengetahui
Kepala SMPN/S Guru
Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.