>

RPP Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas VI SD/MI Revisi 2017

silabusk13.blogspot.com
RPP PJOK Kelas 6 SD/MI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SDN
Mata Pelajaran : PJOK
Kelas /Semester : VI/Ganjil
Tema : Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Permainan Sepakbola
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 16 JP ( 4 Pertemuan)


A. Kompetensi Inti
Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial (rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin dan kerjasama) dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
KI3: Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1 Menerapkan prosedur variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional. *
3.1.1 Menjelaskan variasi dan kombinasi pola gerak dasar menendang/ mengumpan bola
3.1.2 Menjelaskan variasi dan kombinasi pola gerak dasar menghentikan bola
3.1.3 Menjelaskan variasi dan kombinasi pola gerak dasar menggiring bola
3.1.4 Menjelaskan variasi dan kombinasi pola gerak dasar menendang bola ke gawang

4.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional. *
4.1.1 Memperagakan berbagai teknik dasar menendang/ mengumpan bola
4.1.2 Memperagakan berbagai teknik dasar menghentikan bola
4.1.3 Memperagakan berbagai teknik dasar menggiring bola
4.1.4 Memperagakan berbagai teknik dasar menendang bola ke gawang

C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model part and whole dengan pendekatan scientific, peserta didik di harapkan dapat Menjelaskan kombinasi pola gerak dasar Passing bawah dan passing atas serta mampu Mempraktikkan variasi gerak dasar modifikasi permainan bola voli Dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik

C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model part and whole di padukan dengan pendekatan scientific, diharapkan peserta didik dapat, Menjelaskan variasi dan kombinasi pola gerak dasar menendang/ mengumpan bola,Menjelaskan variasi dan kombinasi pola gerak dasar menghentikan bola,Menjelaskan variasi dan kombinasi pola gerak dasar menggiring bola,Menjelaskan variasi dan kombinasi pola gerak dasar menendang bola ke gawang, Memperagakan berbagai teknik dasar menendang/ mengumpan bola,Memperagakan berbagai teknik dasar menghentikan bola,Memperagakan berbagai teknik dasar menggiring bola,Memperagakan berbagai teknik dasar menendang bola ke gawang, Dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik

D. Materi Pembelajaran
1. Fakta:
­Permainan sepak bola dilakukan oleh dua tim, masing-masing tim terdiri atas 11orang pemain dan beberapa orang pemain cadangan
2. Konsep
­Negara yang pertama kali memperkenalkan dan menyebarluaskan olahraga sepak bola adalah Inggris.
3. Prinsip
­Terdapat beberapa teknik dalam permainan sepak bola, di antaranya menendang,mengontrol, menyundul, dan menggiring.
4. Prosedur
­Memperagakan berbagai teknik dasar menendang/ mengumpan bola
­Memperagakan berbagai teknik dasar menghentikan bola
­Memperagakan berbagai teknik dasar menggiring bola
­Memperagakan berbagai teknik dasar menendang bola ke gawang

E. Metode Pembelajaran
1. Inclusive (cakupan).
2. Demonstrasi.
3. Part and whole (bagian dan keseluruhan).
4. Resiprocal (timbal-balik).
5. Pendekatan Pembelajaran Kontekstual.
6. Pendekatan Scientific.

F. Media,Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang (slide power point)
4. Ruang terbuka yang datar dan aman/lapangan
5. Stopwatch
6. Gambar : Lapangan sepak bola dan teknik menendang bola
7. Model : peragaan oleh guru atau peserta didik yang sudah memiliki kemampuan menendang bola

G. Sumber Belajar
1. Buku Pegangan Guru Pendidikan JasmaniOlahragadanKesehatan Kelas 6 Kurikulum 2013
2. Buku Pegangan Siswa Pendidikan JasmaniOlahragadanKesehatan Kelas 6 Kurikulum 2013
3. Modul/bahan ajar,
4. Internet,
5. Sumber lain yang relevan

Baca Juga:
RPP PJOK Kelas 3 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP PJOK Kelas 4 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP PJOK Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Matematika Kelas 2 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Matematika Kelas 3 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017


H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup


I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian

a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
? Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
? Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
? Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
? Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
a. Pertemuan Pertama (Terlampir)
b. Pertemuan Kedua (Terlampir)
c. Pertemuan Ketiga (Terlampir)
d. Pertemuan Keempat (Terlampir)

3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial

  • Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
  • Bagi peserta didik yang belum memahami pelajaran ini, guru memberikan tugas, dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang lebih sederhana,
b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
  • Sebagai pengayaan, guru dapat memberi tugas kepada peserta didik.


……………, 16 Juli 2018

Mengetahui
Kepala SDN                                       Guru Mata Pelajaran

………………………………            …………………………….
NIP/NRK.                                           NIP/NRK

1 Komentar untuk "RPP Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas VI SD/MI Revisi 2017"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel