RPP 1 Halaman Matematika SMP Kelas 7, 8 dan 9 Revisi 2020
RPP 1 Halaman Matematika SMP Kelas 7, 8 dan 9 Revisi 2020 |
RPP 1 Halaman Matematika SMP Kelas 7, 8 dan 9 Revisi 2020 Berdasarkan SURAT EDARAN NOMOR 14 TAHUN 2019 TENTANG PENYEDERHANAAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dilakukan dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid adapun penyederhanaannya meliputi sistematika dan komponen yang terdiri dari tiga komponen inti RPP yaitu Tujuan pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : SMP N
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VIII / Ganjil
Alokasi Waktu : 3 x 40 menit
Materi Pokok : Pola Bilangan
Pertemuan Ke : 1
1. Tujuan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran dengan menggunakan Problem Based Learning, peserta didik diharapkan mampu : Memahami Pola Bilangan, Menjelaskan Pengertian Pola Bilangan serta mampu Mengetahui Pola Bilangan pada Segitiga Pascal dengan penuh rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.
a. Kegiatan Pendahuluan
Sintaks Aktivitas
Orientasi Peserta didik pada masalah
1. Peserta didik, dengan bimbingan guru, membuat kesimpulan.
2. Guru melakukan refleksi hasil proses belajar yang telah dilaksanakan..
3. Guru memberikan apresiasi kepada seluruh peserta didik yang telah bekerjasama dengan baik dalam kelompok.
4. Guru memberikan evaluasi untuk mengukur ketuntasan PBM.
5. Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilaksanakan pada pertemuan berikutnya.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : SMP N
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VIII / Ganjil
Alokasi Waktu : 3 x 40 menit
Materi Pokok : Pola Bilangan
Pertemuan Ke : 1
1. Tujuan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran dengan menggunakan Problem Based Learning, peserta didik diharapkan mampu : Memahami Pola Bilangan, Menjelaskan Pengertian Pola Bilangan serta mampu Mengetahui Pola Bilangan pada Segitiga Pascal dengan penuh rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.
Download juga: RPP 1 Lembar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) SMP2. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran:
a. Kegiatan Pendahuluan
- Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
- Guru memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari
- Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
- Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
- Guru menyampaikan karakter dan penilaian yang akan dilaksanakan
Sintaks Aktivitas
Orientasi Peserta didik pada masalah
- Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi yang akan di pelajari dengan cara Mengamati lembar kerja, Foto/Video, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan Pengertian Pola Bilangan dan Pola Bilangan pada Segitiga Pascal
- Guru memfasilitasi peserta didik untuk memahami masalah yang disajikan yaitu mengidentifikasi apa yang mereka ketahui, apa yang mereka perlu ketahui, dan apa yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan masalah terkait materi Pengertian Pola Bilangan dan Pola Bilangan pada Segitiga Pascal
Download juga: RPP 1 Lembar Bahasa Inggris SMPMembimbing penyelidikan individu/ kelompok
- Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan Diskusi dan saling tukar informasi terkait Pengertian Pola Bilangan dan Pola Bilangan pada Segitiga Pascal
- Menyampaikan dan Mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang Pengertian Pola Bilangan dan Pola Bilangan pada Segitiga Pascal
- Peserta didik menganalisa dan menyimpulkan masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran yang telah dilakukan tentang Pengertian Pola Bilangan dan Pola Bilangan pada Segitiga Pascal
1. Peserta didik, dengan bimbingan guru, membuat kesimpulan.
2. Guru melakukan refleksi hasil proses belajar yang telah dilaksanakan..
3. Guru memberikan apresiasi kepada seluruh peserta didik yang telah bekerjasama dengan baik dalam kelompok.
4. Guru memberikan evaluasi untuk mengukur ketuntasan PBM.
5. Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilaksanakan pada pertemuan berikutnya.
3. Penilaian
Terlampir
a. Sikap : Jurnal dan lembar observasi
b. Keterampilan : Lisan
c. Pengetahuan : Tes Tulis
Terlampir
a. Sikap : Jurnal dan lembar observasi
b. Keterampilan : Lisan
c. Pengetahuan : Tes Tulis
*Catatan : Komponen lainnya sebagai pelengkap.
Jika para rekan guru berminat untuk mendapatkan perangkat pembelajaran lengkap Matematika SMP dan RPP 1 Halaman Matematika SMP Kelas 7, 8 dan 9 silahkan kunjungi halaman DISINI atau bisa juga menghubungi langsung ke nomor kami WA/TELP : 0813-8033-2017
Download juga: RPP 1 Lembar Ilmu Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) SMPUntuk mendapatkan contoh RPP 1 Halaman Matematika SMP Kelas 7, 8 dan 9 silahkan download filenya link yang sudah kami sediakan pada akhir artikel ini.
Jika para rekan guru berminat untuk mendapatkan perangkat pembelajaran lengkap Matematika SMP dan RPP 1 Halaman Matematika SMP Kelas 7, 8 dan 9 silahkan kunjungi halaman DISINI atau bisa juga menghubungi langsung ke nomor kami WA/TELP : 0813-8033-2017
Let me tell you something...
BalasHapusThis may sound really creepy, and maybe even kind of "out there"....
WHAT if you could just push "Play" and listen to a short, "magical tone"...
And suddenly bring MORE MONEY to your life???
And I'm really talking about thousands... even MILLIONS of DOLLARS!!!
Do you think it's too EASY??? Think it's IMPOSSIBLE??
Well then, I've got news for you..
Usually the largest blessings in life are the EASIEST!!!
In fact, I will provide you with PROOF by allowing you to PLAY a REAL "magical money-magnet tone" I've produced...
YOU just press "Play" and watch as your abundance angels fly into your life. starting so fast, you will be surprised.
CLICK here NOW to PLAY the magical "Miracle Abundance Tone" - as my gift to you!!!