>

Analisis SKL, KI-KD, dan Silabus Ekonomi Kelas X SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017

https://silabusk13.blogspot.com/search/label/SKL
Analisis SKL,KI,KD Ekonomi X SMA Revisi 2017
Standar Kompetensi Lulusan (SKL) adalah kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Kompetensi Inti (KI) merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki seorang peserta didik pada setiap tingkat kelas atau program yang menjadi landasan pengembangan Kompetensi Dasar (KD).
Kompetensi Inti mencakup: sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang berfungsi sebagai pengintegrasi muatan pembelajaran, mata pelajaran atau program dalam mencapai Standar Kompetensi Lulusan.
Kompetensi Dasar adalah kemampuan untuk mencapai Kompetensi Inti yang harus diperoleh peserta didik melalui pembelajaran. Dalam setiap rumusan KD terdapat unsur kemampuan berpikir yang dinyatakan dalam kata kerja dan materi.
Contoh;
KD 3.1 Mendeskripsikan konsep ilmu ekonomi
KD 4.1 Mengidentifikasi kelangkaan dan biaya peluang dalam memenuhi kebutuhan
Download juga Analisis SKL, KI,KD dan Silabus Biologi Kelas 10 SMA K13 Revisi 2017
  • Standar Kompetensi Lulusan merupakan muara utama pencapaian semua mata pelajaran pada satuan pendidikan/ jenjang pendidikan tertentu
  • Kompetensi Inti merupakan pijakan pertama pencapaian yang dituju semua mata pelajaran pada tingkat kompetensi tertentu
  • Kompetensi Dasar (KD); merupakan tingkat kemampuan suatu pokok bahasan pada mata pelajaran yang mengacu pada Kompetensi inti.
  • Penguatan pendidikan karakter melalui kemampuan berliterasi diintegrasikan dalam proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi tersebut.

Pencapaian kompetensi lulusan, kompetensi inti, dan kompetensi dasar melalui proses pembelajaran dan penilaian diilustrasikan sebagai berikut.
a. Kompetensi inti (KI-3 dan KI-4) memberikan arah tingkat kompetensi pengetahuan dan keterampilan minimal yang harus dicapai peserta didik.
b. Kompetensi dasar dari KI-3 adalah dasar pengembangan materi pembelajaran, sedangkan kompetensi dasar dari KI-4 mengarahkan keterampilan dan pengalaman belajar yang perlu dilakukan peserta didik. Dari sinilah pendidik dapat mengembangkan proses belajar dan cara penilaian yang diperlukan melalui pembelajaran langsung.
c. Dari proses belajar dan pengalaman belajar, peserta didik akan memperoleh pembelajaran tidak langsung berupa pengembangan sikap sosial dan spiritual yang relevan dengan berpedoman pada kompetensi dasar dari KI-2 dan KI-1.
d. Rangkaian dari KI-KD sampai dengan penilaian tertuang dalam silabus dan RPP.

Pengembangan indikator dan materi pembelajaran merupakan merupakan 2 (dua) kemampuan yang harus dikuasai seorang Anda sebelum mengembangkan RPP dan melaksanakan pembelajaran. Melalui pemahaman terhadap keterkaitan SKL, KI, dan KD dapat membantu Anda dalam mengembangkan IPK yang dijadikan dasar dalam melaksanakan pembelajaran dengan mengintegrasikan Penguatan Pendidikan Karakter melalui kegiatan literasi dan pengembangan keterampilan Abad 21.
Download juga Analisis SKL, KI,KD dan Silabus Kimia Kelas 10 SMA K13 Revisi 2017
Ekonomi merupakan ilmu tentang perilaku dan tindakan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup yang bervariasi dan tidak terbatas serta berkembang dengan sumber daya yang terbatas melalui pilihan-pilihan kegiatan produksi, konsumsi, dan distribusi. Luasnya ilmu Ekonomi yang di dalamnya mencakup konsep uang dan perbankan serta perekonomian terbuka, maka rumusan kompetensi difokuskan pada fenomena empirik ekonomi yang ada disekitar peserta didik, sehingga peserta didik dapat memahami peristiwa ekonomi, mengolah, menganalisis, menerapkan atau mempraktikkan, dan manyajikan hasil pengamatan, menanya, mengumpulkan informasi, menalar atau mengasosiasi, dan mengomunikasikan. Sehingga peserta didik dapat mengambil manfaat dan hasil yang diperoleh dari lingkungannya untuk kehidupan yang lebih baik sesuai dengan ajaran agamanya.

Fenomena empirik yang ditandai pesatnya perkembangan IPTEK dan lahirnya regulasi baru tentang tata kelola perbankan dan industri jasa keuangan berdampak pada perubahan Sistem Pengaturan dan Pengawasan Lebaga Keuangan Bank (LKB) dan Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) di Indonesia mendorong adanya perubahan metode produksi, konsumsi dan distribusi. Lahirnya Undang-Undang (UU) No. 21 Tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai tindak lanjut dari amanah UU No. 23 Tahun 1999 junto UU No. 3 tahun 2004 tentang Bank Indonesia (BI) pasal 34 menegaskan bahwa tugas mengawasi bank akan dilakukan oleh lembaga pengawasan sektor jasa keuangan yang independen, dan dibentuk dengan Undang-Undang. Hal ini otomatis berdampak kepada perubahan peran dan fungsi Bank Indonesia, khususnya terkait dengan tugas pengaturan dan pengawasan yang berkaitan dengan microprudential. Bank Indonesia mempunyai tiga tugas utama yakni menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter, mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran, dan mengatur dan mengawasi bank.
Download juga Analisis SKL, KI,KD dan Silabus Geografi Kelas 10 SMA K13 Revisi 2017
Pembahasan tentang manajemen difokuskan pada fungsi manajemen badan usaha dalam kaitannya dengan perekonomian nasional. Pembahasan fungsi manajemen juga mencakup pengembangan badan usaha termasuk koperasi yang mendorong munculnya jiwa kewirausahaan. Sementara Akuntansi difokuskan pada perilaku akuntansi jasa dan dagang. Peserta didik dituntut memahami transaksi keuangan perusahaan jasa dan dagang serta mencatatnya dalam suatu sistem akuntansi untuk disusun dalam laporan keuangan. Pemahaman pencatatan ini berguna untuk memahami manajemen keuangan perusahaan jasa dan perusahaan dagang. Mata pelajaran ekonomi yang diberikan pada tingkat pendidikan dasar sebagai bagian integral dari Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).
Download juga Analisis SKL, KI,KD dan Silabus Bahasa Inggris Kelas 10 SMA K13 Revisi 2017
Atas dasar itu, Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana manusia memenuhi kebutuhan hidupnya yang berhubungan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi barang dan jasa. Dalam pengertian tersebut, menunjukkan sebuah kondisi yang merujuk pada aktivitas manusia dalam upaya memenuhi kebutuhan hidupnya dan mencapai keinginan khususnya pada usaha untuk bisa mengolah sumber daya yang ada di lingkungan sekitarnya, sebagai alat pemenuh kebutuhan hidup.

Untuk melakukan analisis kompetensi dan mengembangkan IPK disarankan agar Anda memperhatikan karakteristik mata pelajaran Ekonomi, dan mempelajari karakteristik peserta didik untuk mengembangkan nilai nilai pembentukan karakter mengembangkan keterampilan Abad 21 terkait dengan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah (Critical Thinking and Problem Solving Skills), keterampilan berkolaborasi (Collboration Skills), keterampilan berkreasi (Creativities Skills), dan keterampilan berkomunikasi (Communication Skills) sesuai dengan karakteristik Kompetensi Dasar.
Download juga Analisis SKL, KI,KD dan Silabus Sejarah Indonesia Kelas 10 SMA K13 Revisi 2017
Untuk bisa mendapatkan Analisis SKL, KI-KD, dan Silabus Ekonomi Kelas X SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017 silahkan Download filenya di bawah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel