>

Contoh RPP Berbasis STEM Mata Pelajaran Kimia Kelas XII SMA

https://silabusk13.blogspot.com/
Contoh RPP Berbasis STEM Mata Pelajaran Kimia Kelas XII SMA
STEM - Pendidikan STEM adalah pendekatan interdisipliner untuk mempelajari berbagai konsep akademik yang disandingkan dengan dunia nyata dengan menerapkan prinsip-prinsip sains, matematika, rekayasa dan teknologi ; yang menghubungkan antara sekolah, komunitas, pekerjaan, dan dunia global, memberikan ruang untuk pengembangan STEM literasi, dan dengannya memiliki kemampuan untuk bersaing dalam dunia ekonomi baru (Tsupros, 2009).

STEM merupakan Suatu basis kurikulum yang idenya adalah mendidik siswa dalam 4 disiplin ilmu: sains, teknologi, engineering, dan matematika secara pendekatan interdisipliner, menyajikan paradigma pembelajaran yang kohesif dengan basis aplikasi pada dunia nyata (alam) (lifescience.com).
Dengan demikian maka peserta didik diharapkan mampu berpikir out of the box dan menggunakan material-material untuk memecahkan masalah tersebut, dengan pengembangan solusi dengan cepat, efektif dan efisien.

STEM adalah akronim dari science, technology, engineering, dan mathematics.
Science : Berkaitan dengan alam untuk memahami alam semesta (NRC,(1996,(p.(24) merupakan dasar dari teknologi
Teknologi : Modifikasi segala sesuatu yang alamiah untuk memenuhi kebutuhan manusia (ITEA,(2000,(p.(7)
Engenering : Aplikasi kreatif dari prinsip sains untuk merancang atau mengembangkan rangka, mesin, alat- alat. Atau suatu proses pabrikasi dalam membuat rancangan yang telah dibuat berdasarkan berbagai perkembangan seperti ekonomi dan keselamatan.(American Engineers Council for Profesional Development)
Mathematic : Merupakan ilmu yang mempelajari keteraturan pola Dan hubungannya (AAAS,1993,p.23). It providesan Exact language for technology, science,and engineering
Baca juga Model-Model Pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, Dan Mathematics)
Sebagai komponen dari STEM Sains adalah kajian tentang fenomena alam yang melibatkan observasi dan pengukuran, sebagai wahana untuk menjelaskan secara obyektif alam yang selalu berubah. Terdapat beberapa domain utama dari sains pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, yakni fisika, biologi, kimia, serta ilmu pengetahuan kebumian dan antariksa.

Teknologi adalah tentang inovasi-inovasi manusia yang digunakan untuk memodifikasi alam agar memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia, sehingga membuat kehidupan lebih baik dan lebih aman. Teknologi-teknologi membuat manusia dapat melakukan perjalanan secara cepat, berkomunikasi langsung dengan orang di tempat yang berjauhan, mendapati makanan yang sehat, serta alat-alat keselamatan.

Enjiniring (engineering) adalah pengetahuan dan keterampilan untuk memperoleh dan mengaplikasikan pengetahuan ilmiah, ekonomi, sosial, serta praktis untuk mendesain dan mengkonstruksi mesin, peralatan, sistem, material, dan proses yang bermanfaat bagi manusia secara ekonomis dan ramah lingkungan. 
Baca juga Jadwal Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2019/2020
Matematika adalah ilmu tentang pola-pola dan hubungan-hubungan, dan menyediakan bahasa bagi teknologi, sains, dan enjiniring. 

Pendidikan STEM tidak bermakna hanya penguatan praksis pendidikan dalam bidang-bidang STEM secara terpisah, melainkan mengembangkan pendekatan pendidikan yang mengintegrasikan sains, teknonogi, enjiniring, dan matematika, dengan memfokuskan proses pendidikan pada pemecahan masalah nyata dalam kehidupan sehari-hari maupun kehidupan profesi (National STEM Education Center, 2014).

Salah satu upaya strategis agar Peserta didik memiliki kompetensi keterampilan yang diperlukan di abad ke-21 4C’s (NEA, 2012) adalah berpikir kritis dan memecahkan masalah (critical thinking and problem solving), kreativitas dan inovasi (creativity and innovation), komunikasi (communication), dan kolaborasi (collaboration) dan literasi Teknologi yaitu dengan menerapkan pembelajaran berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, dan Madematics).
Baca juga POS UN Tahun Pelajaran 2019/2020
Lalu bagaimana cara membuat RPP yang memuat pembelajaran berbasis STEM !
RPP yang memuat pembelajaran berbasis STEM disesuaikan dengan penyusunan RPP sesuai Regulasi yang ada (tidak dibuat terpisah), sebagai contoh RPP pada mata pelajaran Kimia untuk KD 3.9 IPK 3.9.7 dan 4.9 pada IPK 4.9.4 dan 4.9.5 yang dilaksanakan selama 6 x pertemuan ( kegiatan pembelajaran yang mengimplementasikan pembelajaran STEM ada pada pertemuan ke-6).

Untuk lebih jelasnya lagi mengenai RPP yang memuat pembelajaran berbasis STEM (science, technology, engineering, dan mathematics) silahkan download contoh RPP nya di bawah ini.

👉 Download Contoh RPP Berbasis STEM Mata Pelajaran Kimia Kelas XII SMA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel