>

Silabus Sejarah Indonesia Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017

http://silabusk13.blogspot.com/
Silabus Sejarah Indonesia Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus Sejarah Indonesia Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan agar penyajiannya lebih efisien,tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya. Penyusunan silabus ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; mudah diajarkan oleh guru (teachable); mudah dipelajari oleh siswa (learnable); terukur pencapainnya (measurable); dan bermakna untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan siswa.

Silabus Sejarah Indonesia Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017 Seperti kurikulum mata pelajaran lainnya, merupakan bagian dari Kurikulum 2013, yang ruang lingkup pengelolaannya dimulai dari merumuskan Kompetensi Dasar (KD). KD yang dirumuskan adalah KD 3 dan KD 4, untuk mengejawantahkan KI-3 dan KI-4. Kompetensi sikap yang tercantum dalam rumusan KI-1 dan KI- 2 tidak secara eksplisit diturunkan ke dalam Kompetensi Dasar karena kompetensi sikap dikembangkan secara tidak langsung dan diintegrasikan ke dalam proses pembelajarannya. Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.

Silabus Sejarah Indonesia Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini merupakan acuan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran bersifat fleksibel, kontekstual, dan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran, serta mengakomodasi keunggulan-keunggulan lokal. Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus mencakup kompetensi dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran. Uraian pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang berbasis aktivitas. Pembelajaran tersebut merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru dapat mengembangkan berbagai model yang sesuai dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran. Dalam melaksanakan silabus ini guru diharapkan kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran, yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan kemampuan siswa.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.

Untuk mendapatkan file silabus Sejarah Indonesia Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017 silahkan unduh file nya di pada halaman yang sudah kami sediakan di bawah ini


Demikian yang dapat kami berikan semoga Silabus Sejarah Indonesia Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini dapat bermanfaat.

Baca juga:
Silabus Sejarah Indonesia Kelas 11 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus Sejarah Indonesia Kelas 12 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus Bahasa Jerman Kelas 10 SMA Kurikulum 2013
Silabus Geografi Kelas X, XI dan XII SMA Kurikulum 2013 revisi 2017
Silabus Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA Revisi 2017

Belum ada Komentar untuk "Silabus Sejarah Indonesia Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel