>

Modul BIMTEK Implementasi Kurikulum 2013 Revisi Sejarah Indonesia SMA



Guru Zaman Now - Selamat bertemu kembali pada Modul Pelatihan Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kurikulum 2013. Modul ini terdiri atas 4 (empat) seri modul yang disusun sesuai dengan kebutuhan guru dalam menguasai konsep dan melaksanakan Kurikulum 2013. Masing-masing modul terdiri atas uraian singkat materi, fokus modul, penugasan, dan refleksi.
Modul-modul tersebut adalah:

Modul Pelatihan implementasi kurikulum 2013 revisi mata pelajaran sejarah indonesia ini terdiri atas 4 (empat) unit modul yang masing-masing membahas materi yang saling berkaitan satu sama lain, terdiri atas:

1. Unit 1: Analisis Dokumen: SKL, KI-KD, dan Silabus
Bagian ini membahas tentang analisis keterkaitan SKL, KI-KD, dan Silabus kaitannya dengan penentuan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) dan materi pokok sebagai bahan pembelajaran dan penilaian dalam rangka pencapaian Kompetensi Dasar (KD)serta dapat mengembangkan nilai-nilai karakter terkait dengan olah hati, olah pikir, olah rasa dan karsa, serta olah raga yang dapat meningkatkan keterampilan Abad 21 terkait dengan keterampialn berpikir kritis dan pemecahan masalah (Critical Thinking and Problem Solving Skills), keterampilan berkolaborasi (Collaboration Skills), keterampilan berkreasi (Creativities Skills), dan keterampilan berkomunikasi (Commnication Skills). Unit 1 ini merupakan uraian awal untuk membahas unit-unit berikutnya.
Download juga Format dan Rubrik Penilaian Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan Kurikulum 2013
2.Unit 2: Analisis Materi Pembelajaran
Membahas tentang langkah-langkah penjabaran materi pembelajaran berdasarkan hasil analisis dalam Unit 1, sehingga guru dapat menganalisis merancang materi pembelajaran sesuai dengan materi pokok (dalam KD). Selain itu dalam bagian ini dibahas tentang bagaimana guru dapat mengembangkan materi yang berkaitan dengan muatan lokal sebagai salah satu upaya pelestarian budaya dan potensi daerah masing-masing, materi yang dapat diaktualisasikan dalam kegiatan kepramukaan, serta materi materi yang dapat mendorong peserta didik untuk memiliki keterampilan tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills) sehingga peserta didik dapat kemandirian dan memiliki integritas. Dalam unit ini juga dibahas tentang analisis materi dalam buku teks, sehingga Anda guru dapat memilih atau memilah materi-materi mana yang merupakan materi esensial, materi untuk pengayaan, atau materi yang berkaitan dengan muatan lokal atau HOTS (jika ada). Hasil analisis materi disusun menjadi bahan ajar sebagai lampiran RPP.

3. Unit 3: Analisis Penerapan Model Pembelajaran
Membahas tentang karakteristik dan prinsip pembelajaran Kurikulum 2013 serta penerapannya dalam kegiatan pembelajaranyang dapat meningkatkan penguasaan terhadap literasi dan meningkatkan keterampilan Abad 21 dalam kehidupan, baik di dalam maupun di luar kelas/sekolah. Selain itu dibahas juga tentang pemilihan model yang cocok dengan karakteristik KD atau materi pembelajaran disesuaikan dengan karakteristik atau kondisi kelas, serta contoh kegiatan pembelajarannya.
Download juga Buku Kerja Guru 1, 2, 3, dan 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017
4. Unit 4: Analisis Penilaian Hasil Belajar
Bagian ini membahas tentang proses penilaian mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan analisis hasil belajar peserta didik. Analisis hasil belajar peserta didik pada bagian ini bertujuan untuk memperbaiki kompetensi peserta didik dalam suatu pembelajarandan memperbaiki perilaku (sikap) peserta didik sebagai hasil dari proses pembelajaran, sehingga guru dapat menyusun program remedial atau pengayaan serta perbaikan proses pembelajaran berikutnya.
Pada setiap unit juga diberikan contoh yang memungkinkan Anda dapat menganalisis dan menerapakan hasil analisis tersebut dalam menyusun rencana dan pelaksanaan pembelajaran.
Untuk lebih memahami materi dalam modul ini, pada akhir setiap unit Anda dianjurkan untuk mengerjakan tugas dan memberikan tanggapan atau refleksi tentang pemahaman dan pengalaman yang diperoleh dalam setiap kegiatan.
Download juga Download juga Modul BIMTEK Implementasi Kurikulum 2013 revisi Mata Pelajaran Sosiologi 
Untuk lebih jelasnya lagi mengenai Modul Pelatihan implementasi kurikulum 2013 revisi mata pelajaran sejarah indonesia silahkan download filenya di bawah ini.
Download Modul BIMTEK Implementasi Kurikulum 2013 Revisi  Sejarah Indonesia SMA
Download Modul BIMTEK Implementasi Kurikulum 2013 Revisi  Sejarah Peminatan SMA

Download juga Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 Revsi - Seni Budaya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel