>

Modul Pelatihan Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn) Kurikulum 2013 Revisi

https://silabusk13.blogspot.com/
Modul Pelatihan Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn) Kurikulum 2013 Revisi

Pertama, kami ucapkan selamat bertemu pada Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran Pendidikan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kurikulum 2013. Modul ini terdiri atas 4 (empat) seri, modul yang disusun sedemikian rupa ini sesuai dengan kebutuhan guru dalam melaksanakan Kurikulum 2013 sesuai dengan konsep dan pelaksanaannya. Masing-masing modul terdiri atas uraian singkat materi, fokus modul, penugasan, dan refleksi.
Modul-modul tersebut adalah;

1. Modul 1: Analisis Kompetensi, Materi, Pembelajaran, dan Penilaian
2. Modul 2: Perancangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
3. Modul 3: Praktik Pembelajaran dan Penilaian
4. Modul 4: Praktik Pengolahan dan Pelaporan Penilaian Hasil Belajar
Peta modul tersebut dapat digambarkan sebagai berikut.

Download juga Modul BIMTEK Implementasi Kurikulum 2013 Revisi Sejarah Indonesia SMA
Untuk lebih memahami modul ini, Anda sangat dianjurkan untuk membaca Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang berkaitan dengan Kurikulum 2013, serta lampiran-lampirannya antara lain KI, KD, Silabus, dan Pedoman Mata Pelajaran.
Selain itu Anda dianjurkan juga untuk memahami buku teks Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn), Panduan Penguatan Pendidikan Karakter dan naskah-naskah yang diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan SMA, antara lain sebagai berikut.
1. Panduan Penyusunan RPP
2. Panduan Analisis Kompetensi
3. Model-Model Pembelajaran
4. Panduan Muatan Lokal
5. Panduan Penilaian
6. Implementasi Kecakapan Abad 21 dalam Pembelajaran Kurikulum 2013

Modul pelatihan ini bertujuan untuk:
  1. Mengembangkan keterampilan guru dalam menyiapkan perangkat pembelajaran yang menguatkan karakter peserta didik, kemampuan berliterasi, serta pengembangan keterampilan Abad 21 sesuai dengan Kurikulum 2013.
  2. Mengembangkan kemampuan guru dalam memfasilitasi pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang menguatkan karakter peserta didik, kemampuan literasi, HOTS, serta pengembangan keterampilan Abad 21 sesuai dengan Kurikulum 2013.
  3. Meningkatkan kecakapan guru dalam mengembangkan program/aktivitas
  4. pembelajaran dengan mensinergikan tiga pusat pendidikan dan tiga jalur pendidikan (menggali dan memanfaatkan sumber-sumber belajar yang ada di sekitarnya) untuk pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Baca juga Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 Seni Budaya 
Hasil yang diharapkan dari pelatihan ini adalah:
  1. Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang memiliki keterampilan dalam menyiapkan perangkat pembelajaran yang menguatkan karakter peserta didik, kemampuan berliterasi, serta pengembangan keterampilan Abad 21 sesuai dengan Kurikulum 2013.
  2. Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang mampu memfasiltasi pembelajaran dan penilaian yang menguatkan karakter peserta didik, kemampuan berliterasi, HOTS, serta pengembangan keterampilan Abad 21 sesuai dengan Kurikulum 2013.
  3. Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang memiliki kecakapan dalam mengembangkan program/aktivitas pembelajaran yang mensinergikan tiga pusat pendidikan dan tiga jalur pendidikan (menggali dan memanfaatkan sumber-sumber belajar yang ada di sekitarnya) untuk pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Baca juga Modul Pelatihan Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Sosiologi
Untuk lebih jelasnya lagi mengenai Modul Pelatihan Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn) Kurikulum 2013 Revisi silahkan download filenya di bawah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel