>

Alur dan Tujuan Pembelajaran (ATP) Prakarya Aspek Budi Daya Kelas XI Fase F Kurmer

Alur dan Tujuan Pembelajaran (ATP) Prakarya Budi Daya Kelas XI Fase F Kurmer

Di dalam pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan: Budi Daya di Fase F kelas XI SMA, peserta didik diharapkan dapat mengembangkan semua bentuk kegiatan budi daya dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan Prakarya dan Kewirausahaan: Budi Daya Fase F ini, untuk mengeksplorasi kearifan lokal masing-masing daerah, agar peserta didik memiliki kebanggaan akan kekayaan potensi yang dimiliki Indonesia.

Berdasarkan tujuan pembelajaran tersebut selanjutnya diturunkan atau dikembangkan menjadi Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). ATP ini merupakan tujuan pembelajaran yang disusun secara sistematis sesuai dengan urutan pembelajaran. Alur Tujuan Pembelajaran mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan: Budi Daya kelas XI dijabarkan sebagai berikut: 

Alur dan Tujuan Pembelajaran (ATP) Prakarya Budi Daya Kelas XI Fase F Kurmer

  1. Mengeskplorasi produk dan sistem produksi budi daya (peternakan, perikanan, dan pertanian) berdasarkan analisa ekonomi dan teknologi.
  2. Membuat rancangan proposal usaha sistem produksi budi daya (peternakan, perikanan, dan pertanian) melalui analisis kajian ilmiah berdasarkan analisa ekonomi dan teknologi.
  3. Merencanakan sistem produksi budi daya (peternakan, perikanan, dan pertanian) dengan mempersiapkan material, machine, methode, manpower, dan environment.
  4. Mempraktikkan kegiatan pengemasan produk (pertanian, perikanan, dan peternakan) berdasarkan analisa ekonomi dan teknologi.
  5. Mempraktikkan kegiatan budi daya (pertanian, perikanan, dan peternakan) berdasarkan analisa ekonomi dan teknologi.
  6. Melakukan analisa keberhasilan atau kegagalan sistem produksi budi daya (peternakan, perikanan, dan pertanian).
  7. Membuat rencana tindakan perbaikan terhadap sistem produksi budi daya (peternakan, perikanan, dan pertanian).

Terdapat dua unit pembelajaran yang harus dituntaskan peserta didik pada Fase F yaitu Unit 1 pembahasan materi Sistem Produksi Budi Daya (Peternakan, Perikanan, dan Pertanian) Berdasarkan Analisa Ekonomi, yang dalam kegiatan pembelajarannya di contohkan untuk kegiatan budi daya, yaitu:

a. sistem produksi budi daya ternak unggas (ayam kampung dengan metode umbar),
b. sistem budi daya ikan konsumsi (ikan lele di kolam konvensional), dan
c. sistem budi daya tanaman sayur (sayur kangkung di polybag).

Selanjutnya, untuk Unit 2 yang harus dituntaskan peserta didik pada Fase F yaitu Sistem Produksi Budi Daya (Peternakan, Perikanan, dan Pertanian) Berdasarkan Analisa Teknologi yang dalam kegiatan pembelajarannya di contohkan untuk kegiatan budi daya, yaitu:

a. sistem budi daya ternak unggas dengan teknologi rekayasa kandang dan
b. sistem budi daya ikan konsumsi dengan teknologi budi daya dalam ember (Budikdamber).

Kegiatan budi daya yang dilakukan oleh peserta didik dapat disesuaikan dengan potensi dari sistem budi daya dan kearifan lokal di daerah masing-masing. Kegiatan budi daya yang dilakukan bisa dipilih salah satu, yaitu peternakan, perikanan, pertanian, atau dilakukan ketiga-tiganya. Namun, disarankan untuk dilakukan ketiganya jika sumberdaya dan fasilitas di daerah masing-masing mendukung untuk kegiatan budi daya tersebut.

Alur capaian tersebut, bersifat fleksibel. Guru dapat menggunakan alur tersebut atau menggunakan alur capaian yang berbeda. Guru juga bisa mengawali pembelajaran dengan memberikan hal mudah sebagai dasar untuk memahami hal-hal yang sulit, atau sebaliknya. Dalam kurikulum merdeka ini, Guru diberi kebebasan untuk berkreativitas, dan merancang alur capaian pembelajaran yang disesuaikan dengan keadaan peserta didik di masing-masing sekolah.

Untuk mendapatkan Alur dan Tujuan Pembelajaran (ATP) Prakarya Budi Daya Kelas XI Fase F Kurikulum Merdeka silahkan unduh filenya di bawah ini.

Jika para rekan guru berminat untuk memiliki Perangkat Ajar / Modul Ajar lengkap Prakarya aspek Budi Daya kelas XI Fase F silahkan pesan DISINI atau bisa menghubungi Telp/Wa: 081350504500

Belum ada Komentar untuk "Alur dan Tujuan Pembelajaran (ATP) Prakarya Aspek Budi Daya Kelas XI Fase F Kurmer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel