>

Alur dan Tujuan Pembelajaran (ATP) PPKN kelas IX Kurikulum Merdeka

Alur dan Tujuan Pembelajaran (ATP) PPKN kelas IX Kurikulum Merdeka

Alur pembelajaran PPKn Kelas IX disusun dengan mempertimbangkan Capaian Pembelajaran serta praktik baik pembelajaran PPKn yang telah berlangsung selama ini. Secara umum alur tersebut mengikuti beberapa tahapan untuk dapat menjawab semua tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Pertama terkait dinamika penerapan Pancasila. Kedua terkait peraturan perundang­undangan nasional. Ketiga terkait peranan Indonesia dalam tatanan global. Keempat terkait harmoni dan solidaritas global. Kelima terkait tenggang rasa, toleransi, dan kolaborasi. Terakhir terkait komitmen kebangsaan dalam kebinekaan global.      

Sesuai dengan namanya, PPKn merupakan mata pelajaran yang terkait lang­ sung. dengan. upaya. membentuk pribadi pelajar yang.sesuai dengan Profil. Pelajar Pancasila. Yakni untuk melahirkan pelajar yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia; berkebinekaan global; mandiri; ber gotong royong; bernalar kritis; dan kreatif. Dari enam karakter utama tersebut, dua di antaranya menjadi fokus pengembangan dari pembelajaran PPKn, yaitu karakter berkebinekaan global dan bergotong royong. Meski demikian. profil. pelajaran. Pancasila. merupakan. satu. kesatuan. yang. melekat. dan sangat penting diperhatikan dalam implementasi pembelajaran PPKn.   

Berbeda dengan banyak mata pelajaran lain yang memang lebih bersifat kognitif atau pengetahuan, PPKn merupakan pembelajaran yang lebih berorientasi ke ranah afektif atau sikap. Tuntutan orientasi afektif ini menguatkan prinsip pertama yang harus ditegakkan pada pembelajaran PPKn, yakni menjadi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.  Dengan orientasi tersebut, yang harus menjadi perhatian pertama bagi guru bukanlah semata pada konten pembelajarannya, melainkan juga pada kesiapan belajar peserta didik. Struktur dan kelengkapan konten bersifat relatif sepanjang substansi konten tersebut benar, namun relasi yang baik guru­peserta didik dalam proses pembelajaran menjadi suatu keharusan. Hal ini sering kurang disadari oleh guru PPKn hingga masih banyak guru yang memperlakukan pembelajaran PPKn sebagai pembelajaran kognitif dan bukan afektif. Upaya guru untuk membangun relasi dengan peserta didik dengan basis teladan, kasih sayang dan pembimbingan menjadi bagian penting dalam pembelajaran.    

Karakteristik pembelajaran PPKn tersebut berlaku umum untuk jenjang SMP, tanpa terkecuali untuk Kelas IX. Perbedaannya dengan pembelajaran untuk kelas­kelas di atasnya terletak pada materi/konten yang tentu berbeda serta kedalaman pembahasannya untuk materi yang hampir serupa. Pada pembelajaran Kelas IX materi dan konten pembahasannya tentu lebih kompleks, mengingat kelas ini merupakan kelas terakhir dalam sekolah menengah pertama. Selain itu, yang perlu diperhatikan oleh para guru adalah kontekstualisasi dengan kondisi keseharian peserta didik. Hal ini menjadi penting agar peserta didik merasa setiap pembelajaran yang diikuti relevan dengan keseharian mereka.    

Dengan karakteristik seperti itu, pembelajaran PPKn diharapkan dapat berkontribusi nyata untuk membangun karakter berkebinekaan global dan bergotong royong, serta empat karakter lainnya pada peserta didik Kelas IX. Untuk pembelajaran bidang lainnya yang lebih berorientasi kognitif, hasil pembelajaran tersebut haruslah dapat dinilai secara terukur. Pada pembelajaran PPKn yang lebih berorientasi afektif ini, hasil pembelajarannya tidak selalu dapat dinilai secara terukur, namun lebih sering dapat dinilai secara teramati dalam wujud sikap dan perilaku sehari­hari.    

Pembelajaran PPKn ini perlu menggunakan strategi yang relevan untuk karakteristik mata pelajaran PPKn sekaligus sesuai dengan tumbuh kembang peserta didik SMP, khususnya Kelas IX. Untuk itu perlu dicermati lebih dahulu Profil. Pelajar. Pancasila,. terutama. yang. menyangkut. karakter. berkebinekaan. global serta bergotong royong, serta Capaian Pem belajaran yang telah ditetapkan. Di antara strategi yang diperlukan untuk pembelajaran PPKn ini adalah pemilihan pendekatan pendidikan yang tepat, model serta metode pendidikan yang relevan, serta media pembelajaran yang kontekstual.

Untuk mendapatkan Alur dan Tujuan Pembelajaran (ATP) PPKN kelas IX Kurikulum Merdeka Revisi 2022 dalam bentuk pdf silahkan download filenya DISINI.

Belum ada Komentar untuk "Alur dan Tujuan Pembelajaran (ATP) PPKN kelas IX Kurikulum Merdeka"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel