>

Analisis Keterkaitan antara SKL, KI-KD, dan Silabus Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X SMA/MA Revisi 2017

Analisis Keterkaitan antara SKL, KI-KD, dan Silabus Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X SMA/MA Revisi 2017
SKL Sosiologi 10 SMA/MA
Standar Kompetensi Lulusan (SKL) adalah kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Kompetensi Inti (KI) merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki seorang peserta didik pada setiap tingkat kelas atau program yang menjadi landasan pengembangan Kompetensi Dasar.

Kompetensi Inti mencakup: sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang berfungsi sebagai pengintegrasi muatan pembelajaran, mata pelajaran atau program dalam mencapai Standar Kompetensi Lulusan. Kompetensi Dasar (KD) adalah kemampuan untuk mencapai Kompetensi Inti yang harus diperoleh peserta didik melalui pembelajaran. Dalam setiap rumusan KD terdapat unsur kemampuan berpikir yang dinyatakan dalam kata kerja operasional dan materi.

Contoh KD dari KI-3 dan KD dari KI-4 Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X:
KD 3.1. Memahami pengetahuan dasar Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan yang berfungsi mengkaji gejala sosial di masyarakat.
KD 4.1. Menalar suatu gejala sosial di lingkungan sekitar dengan menggunakan pengetahuan sosiologis.

Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan muara utama pencapaian semua mata pelajaran pada satuan pendidikan/ jenjang pendidikan tertentu
  • Kompetensi Inti (KI) merupakan pijakan pertama pencapaian yang dituju semua mata pelajaran pada tingkat kompetensi tertentu
  • Kompetensi Dasar (KD) merupakan tingkat kemampuan suatu pokok bahasan pada mata pelajaran yang mengacu pada Kompetensi inti.
  • Penguatan pendidikan karakter melalui kemampuan berliterasi diintegrasikan dalam proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi tersebut.
Pencapaian kompetensi lulusan, kompetensi inti, dan kompetensi dasar melalui proses pembelajaran dan penilaian diilustrasikan dalam skema gambar berikut.
silabusk13.blogspot.com
Keterkaitan antara SKL, KI-KD, pembelajaran dan penilaian

  1. Standar Kompetensi Lulusan merupakan pijakan sekaligus target yang harus dihasilkan dari proses pembelajaran.
  2. Kompetensi inti (KI-3 dan KI-4) memberikan arah tingkat kompetensi pengetahuan dan keterampilan minimal yang harus dicapai peserta didik.
  3. Kompetensi dasar dari KI-3 adalah dasar pengembangan materi pembelajaran, sedangkan kompetensi dasar dari KI-4 mengarahkan keterampilan dan pengalaman belajar yang perlu dilakukan peserta didik. Dari sinilah guru dapat mengembangkan proses belajar dan cara penilaian yang diperlukan melalui pembelajaran langsung.
  4. Dari proses belajar dan pengalaman belajar, peserta didik akan memperoleh pembelajaran tidak langsung berupa pengembangan sikap sosial dan spiritual yang relevan dengan berpedoman pada kompetensi dasar dari KI-2 dan KI-1.
  5. Rangkaian dari KI-KD sampai dengan penilaian tertuang dalam silabus dan RPP.
Pengembangan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) dan Materi Pembelajaran

Pengembangan indikator pencapaian kompetensi dan materi pembelajaran merupakan 2 (dua) kemampuan yang harus dikuasai seorang guru sebelum mengembangkan RPP dan melaksanakan pembelajaran. Pemahaman guru terhadap keterkaitan SKL, KI, dan KD dapat membantu guru dalam mengembangkan IPK yang dijadikan dasar dalam menentukan pembelajaran dengan mengintegrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK),melalui kegiatan literasi dan pengembangan keterampilan abad 21.

Karakteristik mata pelajaran Sosiologi, memuat di dalamnya materi-materi yang bertujuan menumbuhkan kesadaran individual dan sosial peserta didik sebagai orang dewasa dan warga negara, juga menumbuhkan kepekaan dan kepedulian mereka terhadap masalah-masalah sosial, keberlanjutan pembangunan, kelestarian lingkungan alam, serta meningkatkan kapasitas mereka dalam melakukan pemberdayaan sosial.

Untuk melakukan analisis kompetensi dan mengembangkan IPK disarankan agar Anda memperhatikan karakteristik mata pelajaran Sosiologi dan mempelajari karakteristik peserta didik untuk mengembangkan nilai-nilai pembentukan karakter, mengembangkan keterampilan abad 21 terkait dengan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah (Critical Thinking and Problem Solving Skills), keterampilan berkreasi (Creativities Skills), keterampilan berkolaborasi (Collboration Skills), dan keterampilan berkomunikasi (Communication Skills) sesuai dengan karakteristik Kompetensi Dasar.
Untuk lebih jelasnya mengenai Analisis Keterkaitan antara SKL, KI-KD, dan Silabus Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X SMA/MA Revisi 2017 silahkan download filenya di bawah ini atau bisa juga dengan mengunjungi halaman ini.
 

Baca juga artikel terkait lainnya seperti :

Belum ada Komentar untuk "Analisis Keterkaitan antara SKL, KI-KD, dan Silabus Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X SMA/MA Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel