>

Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Fisika Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017

https://silabusk13.blogspot.com
Standar Kompetensi Lulusan (SKL)  Fisika Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017
Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Fisika SMA K13 Revisi 2017 - Standar Kompetensi Lulusan adalah kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Kompetensi Inti merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki seorang peserta didik pada setiap tingkat kelas atau program yang menjadi landasan pengembangan Kompetensi Dasar (KD). Kompetensi Inti mencakup: sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang berfungsi sebagai pengintegrasi muatan pembelajaran, mata pelajaran atau program dalam mencapai Standar Kompetensi Lulusan.

Kompetensi Dasar adalah kemampuan untuk mencapai Kompetensi Inti yang harus diperoleh peserta didik melalui pembelajaran. Dalam setiap rumusan KD terdapat unsur kemampuan berpikir yang dinyatakan dalam kata kerja operasional dan materi.

Contoh:
KD 3.3 Menerapkan prinsip penjumlahan vektor sebidang (misalnya perpindahan).
KD 4.3 Merancang percobaan untuk menentukan resultan vektor sebidang (misalnya perpindahan) beserta presentasi hasil dan makna fisisnya.

Pada KD 3.3 terdapat kata kerja menerapkan dan pada KD 4.3 terdapat kata kerja merancang dan menentukan. Adapun materi pada KD 3.3 adalah penjumlahan vektor dan materi pada 4.3 adalah resultan vektor.
Download juga Analisis SKL, KI-KD, Pembelajaran, dan Silabus Matematika Peminatan Kelas 10 SMA K13 Revisi 2017
  • Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan muara utama pencapaiansemua mata pelajaran pada satuan pendidikan/ jenjang pendidikan tertentu
  • Kompetensi Inti merupakan pijakan pertama pencapaian yang dituju semua mata pelajaran pada tingkat kompetensi tertentu
  • Kompetensi Dasar (KD); merupakan tingkat kemampuan suatu pokok bahasan pada mata pelajaran yang mengacu pada Kompetensi inti.
  • Penguatan pendidikan karakter melalui kemampuan berliterasi diintegrasikan dalam proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi tersebut.

a. Standar Kompetensi Lulusan merupakan pijakan sekaligus target yang harus dihasilkan dari proses pembelajaran.
b. Kompetensi inti (KI-3 dan KI-4) memberikan arah tingkat kompetensi pengetahuan dan keterampilan minimal yang harus dicapai peserta didik.
c. Kompetensi dasar dari KI-3 adalah dasar pengembangan materi pembelajaran, sedangkan kompetensi dasar dari KI-4 mengarahkan keterampilan dan pengalaman belajar yang perlu dilakukan peserta didik. Dari sinilah pendidik dapat mengembangkan proses belajar dan cara penilaian yang diperlukan melalui pembelajaran langsung.
d. Dari proses belajar dan pengalaman belajar, peserta didik akan memperoleh pembelajaran tidak langsung berupa pengembangan sikap sosial dan spiritual yang relevan dengan berpedoman pada kompetensi dasar dari KI-2 dan KI-1.
e. Rangkaian dari KI-KD sampai dengan penilaian tertuang dalam silabus dan RPP.

Pengembangan indikator dan materi pembelajaran merupakan dua kemampuan yang harus dikuasai seorang guru sebelum mengembangkan RPP dan melaksanakan pembelajaran. Melalui pemahaman analisis keterkaitan kompetensi (SKL-KI-KD), dapat membantu guru Fisika dalam merumuskan IPK yang dijadikan dasar dalam menentukan pembelajaran dengan mengintegrasikan penguatan pendidikan karakter melalui kegiatan literasi dan pengembangan keterampilan Abad 21.
Download juga Analisis SKL, KI-KD, Pembelajaran, dan Silabus Ekonomi Kelas 10 SMA K13 Revisi 2017
Fisika merupakan bagian dari Ilmu Alam yang merupakan usaha sistematisdalam rangka membangun dan mengorganisasikan pengetahuan dalam bentukpenjelasan-penjelasan yang dapat diuji dan mampu memprediksi gejala alam.Fisika memiliki karakteristik antara lain: (1) proses memperoleh informasimelalui metode empiris; (2) informasi yang diperoleh melalui penyelidikansecara logis dan sistematis; dan (3) melalui kombinasi proses berpikir kritisuntuk menghasilkan informasi yang dapat dipercaya dan valid. PembelajaranFisika sebagai proses/metode ilmiah meliputi cara berpikir, sikap, dan langkah-langkah kegiatan saintis untuk memperoleh produk-produk ilmu pengetahuanilmiah. Sikap ilmiah yang dikembangkan dalam Fisika antara lain: rasa ingin tahu,keseimbangan antara keterbukaan dan skeptis, jujur, disiplin, tanggungjawab,tekun, hati-hati, teliti, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif.

Untuk melakukan analisis kompetensi dan mengembangkan IPK disarankan agar Anda memperhatikan karakteristik mata pelajaran Fisika tersebut di atas, dan mempelajari karakteristik peserta didik untuk mengembangkan nilai nilai pembentukan karakter mengembangkan keterampilan Abad 21 terkait dengan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah (Critical Thinking and Problem Solving Skills), keterampilan berkolaborasi (Collaboration Skills), keterampilan berkreasi (Creativities Skills), dan keterampilan berkomunikasi (Communication Skills) sesuai dengan karakteristik Kompetensi Dasar.
Download juga Analisis SKL, KI-KD, Pembelajaran, dan Silabus Biologi Kelas 10 SMA K13 Revisi 2017
Untuk lebih jelasnya lagi mengenai Standar Kompetensi Lulusan (SKL), KI-KD, dan Silabus Fisika Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017 dalam bentuk pdf silahkan download filenya di bawah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel